window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda Scoopy Jadi Andalan Kontes, Bertabur Part Serba Mewah!

Fariz · 10 Jun, 2023 09:00

Honda Scoopy Jadi Andalan Kontes, Bertabur Part Serba Mewah! 01

Modifikasi Honda Scoopy milik Rian Anggriawan
  • Bodi kuning lemon dikombinasi carbon fiber di beberapa part.
  • Kaki-kaki serba hitam, terlihat standar namun mewah.

Punya desain retro modern yang khas membuat Honda Scoopy (Spesifikasi | Berita) kental akan nuansa elegan dan klasik, sebagian besar penggunanya lebih senang memodifikasinya yang terkadang bisa untuk ikut kontes modifikasi.

Tapi beda dengan Rian Anggriawan yang justru memodifikasi Honda Scoopy miliknya secara total dan detail, bahkan modifikasi Scoopy ini sudah masuk ke konsep kedua.

Pada konsep keduanya ini ubahan yang paling terlihat ada pada warna bodinya, kini menggunakan warna kuning yang cukup mencolok dan dikombinasi dengan carbon fiber di beberapa komponen.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

“Pemilihan warna kuning lemon ini terinspirasi dari motor teman di US Speed Shop. Warna kuning pas kontes juga bikin motor jadi terlihat banget. Habis itu warna kuningnya dikasih efek xirallic hijau dan ungu.”

Honda Scoopy Jadi Andalan Kontes, Bertabur Part Serba Mewah! 01

Rian ingin tampilan Scoopynya mencolok saat kontes

Baca juga: Honda Gandeng Jasa Raharja Kembangkan Edukasi Berkendara Efektif

“Beberapa part dilapis carbon fiber model ketupat, kemarin bikin pas momen mau lebaran, ahaha… Cover setang kalau warna kuning polos agak aneh, makanya dibuat 2 warna nih,” ujar Rian yang tokonya ada di bilangan Ciracas, Jaktim.

Agar tampilan tidak terlalu polos, bodinya diberi sentuhan decal minimalis yang terinspirasi dari modifikasi Scoopy Thailand, kemudian dikombinasi dengan emblem Scoopy berwarna hitam yang diboyong dari Taiwan.

Honda Scoopy Jadi Andalan Kontes, Bertabur Part Serba Mewah! 02

Kaki-kaki didominasi warna hitam

Pernak-Pernik Branded

Di sisi kemudi bertebar barang  branded dari berbagai negara eropa yang bisa dilihat dari penggunaan quick throttle atau gas spontan Domino, master rem Brembo RCS15, sepaket handle rem Accossato, sakelar kanan Ducati, dan sakelar kiri Leonelli.

Dibalik kemewahan di area setang ini ternyata ada hasil tangan lokal, tepatnya pada setelan remote adjuster dan bandul setang yang dibuat custom menggunakan bahan titanium.

Honda Scoopy Jadi Andalan Kontes, Bertabur Part Serba Mewah! 03

Pakai sakelar kiri Leonelli asal Spanyol dan sakelar kanan milik Ducati

Baca juga: Honda Supra GTR 150 2023 Tampil Serba Hitam, Berbanderol Rp 27 Juta!

Sektor perlampuan kena upgrade menggunakan LED projector dari AES WST, kemudian keempat mika sein serta mika rem kena smoke sehingga membuatnya terlihat lebih misterius dan kontras dengan bodi lemonnya.

Kaki-Kaki Honda Scoopy Hitam Mewah Untuk Kontes

Area bodi yang terang dikombinasi dengan modifikasi pada sektor kaki-kaki yang didominasi warna gelap sehingga cukup membuat area bawah dan atas menjadi kontras.

Honda Scoopy Jadi Andalan Kontes, Bertabur Part Serba Mewah! 04

LED projector yang lebih terang dan modern

Terlihat seperti pada penggunaan suspensi depan LCM, pelek King Speed hitam polished, kaliper Brembo M4, cakram Kamui 260 mm, dan cover CVT yang ditemani rentetan baut titanium.

“Jadi konsepnya buat barang dagangan dengan contoh terpasang, karena kadang konsumen mau lihat pas part itu nempel di motor kaya apa bentuknya. Sekalian mau tampil Vietlook deh.”

Honda Scoopy Jadi Andalan Kontes, Bertabur Part Serba Mewah! 05

Knalpot Leo Vince 4Road bersanding dengan leher titanium

Baca juga: Plus-Minus Honda CB150R Streetfire Old Bekas, Harga Gak Sampai Rp 10 Juta!

“Suspensi depan LCM masih jarang di Scoopy dan cakram Kamui ini mungkin baru gua yang pasang di Scoopy, aslinya buat Vario 160 makanya ada bolong-bolong buat sensor ABS."

"Cakram ditambah spacer biar lebih keluar, soalnya segitiga aslinya lebar banget karena basicnya kan pakai pelek ring 12 inci ban tebal,” rincinya.

Kembali untuk mengejar kesan gelap, suspensi yang awalnya menggunakan Öhlins kini diganti menggunakan YSS dengan kelir hitam silver dan posisi tabung di bawah.

Honda Scoopy Jadi Andalan Kontes, Bertabur Part Serba Mewah! 06

Cakram Kamui 260 mm diapit kaliper Brembo M4, padat!

Namun seri yang digunakan ini merupakan top line alias seri tertinggi dari YSS dengan tipe G-Racing, punya setelan lengkap seperti spring preload, lo-speed compression dan rebound serta hi-speed compression dan rebound.

“Kalau di mesin cuma main area CVT aja. Terus knalpot pakai Leo Vince 4Road yang memang buat Scoopy, makanya punya dimensi silencer pendek pas sama bodinya."

"Leher pakai titanium yang aslinya buat Vario, jadi mesti custom dikit biar pas di Scoopy. Next paling mau pasang stabilizer setang aja, buat nambah-nambahin penilaian juri pas kontes,” tutup Rian yang Honda Scoopy miliknya berhasil juara 2 kontes modifikasi kelas Proper Pelat B pada acara Matic Universal Vol.3.

Scoopy bukan sembarang Scoopy nih!

Ala-Ala Shop: 0856 9702 9529

Honda Scoopy Jadi Andalan Kontes, Bertabur Part Serba Mewah! 07

Standar samping dan tengah titanium dengan emblem Ala-Ala Shop
Spesifikasi Modifikasi Honda Scoopy
Master rem Brembo RCS15
Handle rem belakang Accossato
Slang rem HEL
Fitting slang rem HYB
Quick release slang rem HYB
Kaliper Brembo M4
Cakram Kamui 260 mm
Suspensi depan LCM
Suspensi belakang YSS G-Racing 330 mm
Pelek King Speed forged rims
Ban depan FDR MP27 90/80-14
Ban belakang Mizzle MR01 90/80-14
Saklar kanan Ducati
Saklar kiri Leonelli
Gas spontan Domino
Handgrip Kawasaki Ninja 250 Japan
Headlamp Projector AES WST by RIC Lighting
Kunci kontak Keyless Honda PCX 160
Kulit jok Kombinasi SBtech & MBtech
Knalpot Leo Vince 4Road
Leher knalpot Ptitanium
Baut Titanium blue purple
Bandul setang Titanium custom
Remote adjuster Titanium custom
Spinner kipas Aftermarket
Paha rem Titanium
Standar samping RMF Titanium
Standar tengah RFM Titanium

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });