window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda Vario 160 2022 Dipakai Harian Konsumsi BBM Tembus Segini, Irit?

Harry · 21 Apr, 2022 14:30

Honda Vario 160 2022 Dipakai Harian Konsumsi BBM Tembus Segini, Irit? 01

Honda Vario 160 2022 terhitung irit.
  • Tembus 48 km/liter pakai BBM oktan 92.
  • Pengetesan di dalam kota dan dipakai harian.
  • Bobot rider 75 kg.

Di era 2000-an, saat kebanyakan motor masih mengandalkan sistem karburator untuk mencampur bahan bakar dengan udara, sepeda motor jenis matic terkenal sebagai konsumen bahan bakar yang cukup berat, dengan angka rata-rata hanya sekitar 30 kilometer per liter.

Namun, perlu dipahami bahwa situasi ini bisa dimaklumi mengingat karakteristik motor matic yang bergerak seiring dengan peningkatan putaran mesin.

Wajar saja jika konsumsi bahan bakar meningkat, terutama ketika pengemudi memutuskan untuk mengendarai motor secara agresif—membuka dan menutup gas secara mendadak dan cepat.

Pada masa itu, tingginya putaran mesin pada motor matic bisa dianggap sebagai pemicu konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sebuah pengingat bahwa gaya berkendara yang santai dan penggunaan gas yang lebih bijak dapat memainkan peran penting dalam efisiensi bahan bakar, bahkan di zaman ketika teknologi belum se-advanced seperti sekarang.

Tapi seiring waktu, teknologi berubah. Motor matic yang dulunya boros, kini menjadi hemat. Bahkan dengan kapasitas mesin yang besar, konsumsi bahan bakarnya masih bisa irit.

Kami membuktikannya pada Honda Vario 160 2022 tipe ABS. Motor yang dikenalkan bulan Februari 2022 lalu ini mampu mencatatkan hasil yang cukup impresif menurut kami.

Baca juga : Kepincut Honda Vario 160 2022? Fakta Menarik Ini Wajib Kalian Ketahui

Tembus 40an KM/liter

Padahal kami mengendarainya secara normal, dan kerap menguji kecepatan dan akselerasi saat jalanan kosong. Jalur yang dilintasi pun perkotaan yang cenderung stop & go.

Honda Vario 160 2022 Dipakai Harian Konsumsi BBM Tembus Segini, Irit? 01

Bobot ringan dengan tenaga besar bikin irit.

Dalam uji konsumsi bahan bakar Honda Vario 160 2022, bobot rider yang mencapai 75 kg dan penggunaan bahan bakar dengan oktan 92 menjadi faktor utama.

Hasilnya, motor ini berhasil mencatatkan konsumsi bahan bakar sebesar 48,4 km/liter, sebagaimana tertera pada informasi panel meter.

Selanjutnya, kami melakukan penghitungan konsumsi full to full, yang menghasilkan angka 47,4 km/liter. Selama pengujian, motor ini digunakan secara harian untuk mobilitas sehari-hari, baik dalam kondisi tunggang sendiri maupun berboncengan, dengan total jarak tempuh mencapai sekitar 221 km.

Data ini memberikan gambaran konkret mengenai efisiensi bahan bakar Honda Vario 160 2022 dalam penggunaan sehari-hari.

Metode Pengukuran Konsumsi BBM (km/liter)
Panel Meter 48,4
Full to Full 47,4

 

Honda Vario 160 2022 Dipakai Harian Konsumsi BBM Tembus Segini, Irit? 02

Lincah bermanuver karena bobot ringan.

Tentunya berkaca dari lokasi pengetesan yang di dalam kota, maka sudah pasti jika menggunakan motor ini untuk touring dan melintasi jalanan yang relatif sepi, maka raihan konsumsi bahan bakar bisa lebih irit lagi. Angka 50 km/liter bukan hal mustahil dilewati.

Baca juga : Awas, Voltase Aki Honda Vario 160 2022 Cuma 11 Volt Motor Bakal Ogah Hidup!

Spesifikasi Mesin Honda Vario 160 2022

Salah satu yang membuat efisiensi bahan bakar adalah karakter mesin yang responsif sejak putaran rendah. Sehingga pengendara tak perlu memutar tuas gas dengan besar untuk membuat motor melesat.

Kemudian teknologi mesin eSP+ yang digunakan, membuat internal part mesin minim gesekan. Misalnya piston oil jet dan tensioner dengan mekanisme hidrolis.

Honda Vario 160 2022 Dipakai Harian Konsumsi BBM Tembus Segini, Irit? 03

Mesin eSP+ halus dan minim gesekan.

Honda Vario 160 2022 menggendong mesin eSP+, dengan spesifikasi 4-tak,, SOHC 4 katup pendingin cairan. output mencapai 15,4 PS di 8.500 rpm serta torsi sebesar 13,8 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm.

Baca juga : Jangan Asal Tukar, Nih Detail Beda Mesin Honda Vario 160 2022 dan Honda PCX 160 2022

Sejatinya lebih kecil dari kemampuan mesin Honda PCX 160 2022, tapi karena bobotnya yang hanya 115-117 kg saja, maka power to weight ratio yang dihasilkan jauh lebih baik. Kombinasi mesin ini dengan bobot ringan membuat Honda Vario 160 bisa irit tapi juga kencang.

Spesifikasi Honda Vario 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.929 x 679 x 1.088 mm
Sumbu Roda 1.277 mm
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Jarak Terendah 140 mm
Berat Kosong 115 kg (CBS) 117 KG (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Transmisi Otomatis, CVT
Rasio Kompresi 12 : 1
Tenaga Maksimal 15,4 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,8 Nm @ 7.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone-eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 100/80-14
Ban Belakang 120/80-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol (CBS) Cakram (ABS)

Harga Motor Bekas Honda Vario 160

Berdasarkan data tersebut, kisaran harga motor bekas Honda Vario 160 berkisar antara Rp 22.500.000 hingga Rp 24.650.000.

Beberapa penawaran menarik termasuk Vario 160 2023 Low Km yang dihargai sekitar Rp 23.500.000, Vario 160 2023 DP 1,2 pajak dengan harga Rp 22.800.000, dan Honda Vario 160 ABS tahun 2022 dengan DP kredit 1.3 juta seharga Rp 24.650.000.

Harga-harga ini bervariasi tergantung pada tahun produksi, kondisi motor, dan berbagai penawaran yang diberikan oleh penjual.

Berikut tabel harga bekas Honda Vario 160 keluran Tahun 2022 dan dijual di sekitar Jakarta saja.

Honda Vario 160

Harga

Tahun

Honda vario 160 abs tahun 2022 dp kredit 1.3juta

Rp 24.650.000

2022

HONDA VARIO 160 NON ABS 2022

Rp 22.500.000

2022

HONDA VARIO 160 CBS ISS 2022 PAJAK HIDUP

Rp 22.500.000

2022

RINGAN_ DP 1,5jt Honda VARIO 160 '2022,

Rp 23.000.000

2022

DP 1,5 jt Kredit Honda Vario 160 2022.,

Rp 23.000.000

2022

2022 Vario 160 ABS

Rp 23.800.000

2022

DP 1,5jt Honda Vario 160 '2022 Kredit Murah'

Rp 23.000.000

2022

DP 1,5jt Kredit MURAH Honda Vario 160 2022,.

Rp 23.000.000

2022

DP 1,5jt Kredit` Honda VARIO 160 2022 {RINGAN}

Rp 23.000.000

2022

DP 1JUTA RUPIAH @HONDA VARIO 160

Rp 23.500.000

2022

VARIO 160 ABS 2022 DP 1 JUTA

Rp 24.500.000

2022

Kesimpulan

Berdasarkan spesifikasi mesin Honda Vario 160 2022, dapat disimpulkan bahwa efisiensi bahan bakar menjadi salah satu keunggulan motor ini.

Karakter mesin yang responsif sejak putaran rendah mengurangi kebutuhan pengendara untuk memutar tuas gas dengan besar agar motor dapat melaju dengan cepat.

Teknologi mesin eSP+ yang digunakan juga berperan penting dalam meningkatkan efisiensi, dengan mengurangi gesekan internal part mesin melalui fitur seperti piston oil jet dan tensioner dengan mekanisme hidrolis.

Mesin eSP+ Honda Vario 160 2022 memiliki spesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup, dan pendingin cairan.

Mesin ini mampu menghasilkan output sebesar 15,4 PS di 8.500 rpm dan torsi sebesar 13,8 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm.

Meskipun daya mesin ini lebih kecil dibandingkan dengan Honda PCX 160 2022, bobot yang ringan, yaitu hanya 115-117 kg, menciptakan power-to-weight ratio yang sangat baik.

Kombinasi antara mesin yang responsif, teknologi eSP+, dan bobot ringan membuat Honda Vario 160 tidak hanya irit bahan bakar, tetapi juga memiliki performa yang kencang.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });