window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mahal dan Minim Diskon, Apa yang Membuat Honda Scoopy Istimewa?

Ary · 21 Jul, 2021 17:00

Meski tergolong skutik entry level, Honda Scoopy dipatok paling tinggi dari skutik 110 cc Honda lain. Saat ini saja, harga Honda Scoopy 2021 sudah tembus Rp20 juta. Kendati pun mahal, nyatanya sangat minim sekali diskon yang diberikan terhadap skutik Honda satu ini. 

Untuk diketahui, saat ini Honda Scoopy dijual mulai dari Rp20,325 juta untuk varian Fashion dan Sporty. Sementara banderol lebih mahal yakni Rp21,125 juta terlihat pada tipe Prestige dan Stylish. Potongan harga terhadapnya bukan tidak ada. Namun, sangat jarang dan kecil nominalnya. 

Baca juga :Cek Harga Honda Scoopy Bekas per Maret 2021, Tahun Berapa yang Ideal Dibeli?

Honda Scoopy 2021

Honda Scoopy 2021 menjadi skutik 110 cc Honda paling mahal. 

Baca juga: Intip Skema Kredit Honda Scoopy Juli 2021, Cicilan Mulai Rp800 Ribuan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Penawaran dari Honda Cengkareng misalnya. Program diskon pembelian Honda Scoopy di jaringan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) ini, cuma Rp200 ribu. Itu pun apabila Anda membelinya secara tunai. Penetapan ini cukup berbeda dengan produk lain seperti Honda Beat atau Honda Genio. Lantas, apa yang membuat Honda Scoopy diperlakukan secara istimewa? 

Digandrungi Masyarakat

Seperti kita ketahui, tulang punggung penjualan skutik 110 cc Honda sejatinya ada pada Honda Beat. Namun, Honda Scoopy pun nyatanya sangat digandrungi oleh masyarakat. Sebagai contoh di wilayah penjualan PT WMS. Selama periode Januari-Oktober 2020 lalu, setidaknya ada 23.000 unit Honda Scoopy terjual melalui jaringan penjualan mereka.

Desain Honda Scoopy 2021

Desain Honda Scoopy 2021 ikonik.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan All New Honda Scoopy

Desain Ikonik dan Menarik

Sejak meluncur pertama kali, skutik Honda satu i ni sudah menawarkan desain yang ikonik sekaligus menarik. Honda Scoopy tampil dengan desain retro-modern. Ciri khasnya terletak pada headlamp oval berisikan lampu model projector LED. 

Pada generasi terbarunya ini pun, panyajiannya dibuat lebih modern dengan usungan daytime running light (DRL) yang melingkari penerangan utama tersebut. Kemudian, wajah Honda Scoopy 2021 dibuat sporty dengan bentuk sein serta kisi klakson demikian. 

Nuansa membulat dari fasad pun mengalir hingga ke buritan. Bahkan, penyajian desain Honda Scoopy 2021 kian menggemaskan lantaran menggunakan sepasang ban berukuran 12 inci. 

Fitur Honda Scoopy 2021

Power outlet dan ISS menjadi perlengkapan standar dari Honda Scoopy 2021.

Baca juga: Tak Selamanya Motor Matik Boros, Buktinya Honda Scoopy 2021 Bisa 59 Km/liter Loh

Fitur Honda Scoopy 2021 Lengkap

Selain penerangan depan LED, fitur yang disematkan pada Honda Scoopy 2021 terbilang lengkap. Bukan cuma CBS (Combi Brake System), fitur Idling Stop System (ISS) hadir sebagai perlengkapan standar skutik ini. 

Bahkan pada varian teratasnya, sudah tersaji sistem penguncian keyless, lengkap dengan remote berfitur alarm dan answer back system. Berbeda dengan Honda Beat atau Honda Genio, power outlet pada Honda Scoopy sudah menggunakan USB port. Mudah karena Anda tak perlu repot menyediakan lagi konektor tambahan. 

Mesin Honda Scoopy 2021 Bertenaga dan Irit

Sebagaimana Honda Beat 2021, Honda Scoopy 2021 juga mengadopsi mesin baru yang pertama kali dipakai oleh Honda Genio 2021. Mesin SOHC 110 cc yang digendongnya memiliki keluaran daya 9 PS di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada putaran 5.500 rpm. 

Baca juga: Cek Harga Honda Scoopy Bekas per Maret 2021, Tahun Berapa yang Ideal Dibeli?

Mesin Honda Scoopy 2021

Honda Scoopy 2021 punya konsumsi BBM cukup irit. 

Baca juga: Cek Harga Honda Scoopy Bekas per Maret 2021, Tahun Berapa yang Ideal Dibeli?

Tak kepalang besar, namun cukup sebagai teman para komuter. Toh, pencapaian performa Honda Scoopy 2021 tak berselisih banyak dari rival dengan harga selevelnya yaitu Yamaha Freego 2021. Sedikit penggambaran saja. Yamaha Freego dengan mesin 125 cc, mampu catatkan output masing-masing 9,5 PS @8.000 rpm dan 9,5 Nm @5.500 rpm. 

Satu keutamaan yang ditawarkan Honda Scoopy ialah soal efisiensi bahan bakar. Catatan darinya tergolong irit di mana, konsumsi BBM-nya mencapai 59 km/liter. Tentu pencapaian itu bisa dilakukan ketika fitur ISS dalam kondisi aktif. 

Bagasi Paling Luas

Kendati punya dimensi kompak, Honda Scoopy nyatanya punya akomodasi cukup baik dalam hal penyimpanan barang. Bagasi di bawah joknya memiliki kapasitas 15,4 liter. bandingkan dengan Honda Beat atau Honda Genio di mana masing-masing punya daya tampung 12 liter dan 14 liter. Alhasil, Honda Scoopy 2021 merupakan skutik 110 cc Honda dengan bagasi paling luas. Dengan harga di atas Rp20 juta tadi, layakkah Honda Scoopy 2021 menghuni garasi rumah Anda?  

Spesifikasi Honda Scoopy 2021
DIMENSI
P x L x T 1.864 x 683 x 1.075 mm
Sumbu Roda  1.251 mm
Tinggi Tempat Duduk 746 mm
Jarak Terendah 145 mm
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Berat Isi 95 kg & 94 kg (tipe smart key)
MESIN
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara
Kapasitas Mesin 110 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Rasio Kompresi 10 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Tenaga Maksimum 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm @ 5.500 rpm
RANGKA & KAKI-KAKI
Tipe Rangka Underbone-eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman Combi brake system
Ban Depan 100/90-12
Ban Belakang 110/90-12

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });