window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pilih Sepatu Offroad Buat Trabasan Jangan Asal, Salah-Salah Bisa Cedera Fatal!

Ilham · 28 Jun, 2022 14:30

Pilih Sepatu Offroad Buat Trabasan Jangan Asal, Salah-Salah Bisa Cedera Fatal! 01

  • Penggunaan sepatu offroad patut memperhatikan safety.
  • Kondisi trek juga berpengaruh ke pemilihan sepatu.

Hobi berkendara offroad atau trabasan menjadi pilihan menarik untuk mengisi waktu luang. Hal ini juga disokong dengan banyaknya pabrikan yang menghadirkan motor di segmen tersebut.

Berkendara di alam terbuka dengan beragam kondisi dan tantangan, tentu membutuhkan beberapa perlengkapan penting untuk melindungi tubuh. Termasuk penggunaan sepatu yang benar dan aman.

"Hal ini untuk mencegah cedera pada kaki pengendara akibat terjatuh atau tertimpa kendaraan," kata Johannes Lucky, Manajer Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Lucky memberikan beberapa saran dan tips untuk memilih sepatu offroad, yang sesuai dengan ketentuan, sekaligus aman digunakan. Seperti apa?

Baca Juga: 14 Pengguna Yamaha WR 155 R Touring Menuju Samota, Meriahkan Kejuaraan Dunia MXGP

Kenali Kondisi Trek yang Bakal Dilalui

Meski judulnya trabasan, tapi Anda juga perlu mengenali kondisi treknya lebih dulu, misalnya dominan tanah atau berbatu. Hal ini berpengaruh ke pemilihan sepatunya.

Pilih Sepatu Offroad Buat Trabasan Jangan Asal, Salah-Salah Bisa Cedera Fatal! 01

Sepatu khusus offroad

Sepatu untuk trek tanah dan batu berbeda. Saat kondisi trek dominan tanah, usahakan memakai sepatu dengan sol yang tebal dan bergerigi. Sedangkan pada trek berbatu, gunakan sepatu dengan sol yang memiliki lekukan mirip dengan sepatu gunung.

”Jika medan yang dilalui kombinasi bertanah dan berbatu, maka sol sepatu dengan tipe kombinasi bergerigi dan memiliki lekukan adalah pilihan terbaik. Pemilihan sol yang benar, sepatu dapat mencengkram dengan baik di medan yang dilalui,” jelasnya.

Pilih Sepatu dengan Pelindung

Dari sisi penunjang keselamatan, sepatu yang baik dapat melindungi bagian tulang kering atau tulang betis secara optimal. Hindari memilih sepatu offroad yang terlalu tipis.

Pilih Sepatu Offroad Buat Trabasan Jangan Asal, Salah-Salah Bisa Cedera Fatal! 02

Sepatu offroad punya beragam tipe

Karena kaki pengendara berpotensi cedera parah saat terjepit motor atau terkena benda asing seperti batang pohon, batu dan lain-lain.

Selain itu, jangan gunakan sepatu yang terlalu lentur, seperti boots. Karena bisa menyebabkan masalah pada persendian bila pengendara tergelincir atau terjatuh saat berkendara.

Pilihlah sepatu yang tahan air. Karena dalam melalui trek offroad, bisa saja melewati rawa atau lumpur. Namun tetap perhatikan hawa atau sirkulasi dari sepatu tersebut tetap berfungsi baik.

Perhatikan Bagian Pengunci

Rata-rata, pengunci sepatu offroad bertipe ”Strap” dengan ”Buckle” yang kuat, mirip kunci pada helm harian. Hal ini dapat menghindari potensi sepatu terbuka atau terlepas saat melewati medan yang sulit.

Pilih Sepatu Offroad Buat Trabasan Jangan Asal, Salah-Salah Bisa Cedera Fatal! 03

Perhatikan bagian kuncinya

Selain itu, cara mengencangkan dan melepasnya pun praktis, sehingga tak membuang waktu untuk memakainya. Hindari penggunaan sepatu offroad yang menggunakan tali sebagai pengikatnya. Karena repot dan berpotensi lepas jika tali tak kencang.

Sesuaikan Ukuran Kaki

Sama seperti sepatu riding, pilih juga sepatu offroad yang berukuran sesuai dengan kaki. Untuk memastikan kaki tetap nyaman saat menggunakan dalam waktu yang lama.

Pilih Sepatu Offroad Buat Trabasan Jangan Asal, Salah-Salah Bisa Cedera Fatal! 04

Gunakan sepatu dengan ukuran pas

”Jika memilih ukuran yang terlalu besar, sepatu akan mudah terlepas saat melewati medan yang sulit. Sebaliknya saat memilih sepatu dengan ukuran lebih kecil, maka akan membuat kaki tidak nyaman dan menggangu konsentrasi saat berkendara,” pungkasnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });