window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Semangat Nasionalisme, Livery Tim Balap Pertamina Mandalika SAG Racing Team Jadi Tren di Indonesia

Sancez · 12 Jun, 2021 12:00

Ajang balap MotoGP khususnya di kelas Moto2 tahun 2021 ini memang terasa berbeda dengan hadirnya Pertamina Mandalika SAG Racing Team. Menariknya saat ini grafis motor tim balap asal Indonesia yang menggandeng mitra dari Spanyol, SAG Racing tersebut, banyak digunakan oleh penggemar modifikasi motor tanah air.

Semangat Nasionalisme, Livery Tim Balap Pertamina Mandalika SAG Racing Team Jadi Tren di Indonesia 01

Yamaha YZF-R15 dengan livery Mandalika SAG Racing Team.

Semangat nasionalisme juga menjadi alasan kenapa livery ini banyak disukai. Trend ini tersebar di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Cukup dengan mengetik Pertamina Mandalika SAG Racing Team dan tanda pagar di kolom pencarian, maka akan bermunculan banyak motor dengan tampilan livery ala Pertamina Mandalika SAG Racing Team.

Baca juga : Yamaha XSR 155 2021 Layaknya Kanvas, Mudah Dimodifikasi Dengan Aksesoris Resmi

Berbagai tipe motor seperti sport fairing 'lokal' terlihat cocok dengan livery Pertamina Mandalika SAG Racing Team. Seperti terlihat pada motor-motor Kawasaki Ninja ZX-25R atau Honda CBR250RR, hingga Yamaha R15 makin sporty dan beda memakai grafis bodi yang sejatinya hadir pada motor Kalex dengan mesin Triumph tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Intip Ragam Modifikasi Kawasaki W175 di Indonesia, Disukai Banyak Orang Penting Termasuk Jokowi

Bukan hanya itu, motor-motor tipe lain yang ingin bergaya racing pun tak haram untuk menggunakan grafis livery Pertamina Mandalika SAG Racing Team. Bahkan cukup dengan mengganti grafis ini saja, tampilan sporty bebek hyperunderbone seperti Honda Sonic 150R, Yamaha MX King 150 hingga Suzuki Satria F150 langsung terdongkrak. Tak perlu modifikasi berlebihan untuk dilirik di jalanan.

Semangat Nasionalisme, Livery Tim Balap Pertamina Mandalika SAG Racing Team Jadi Tren di Indonesia 01

Honda CBR250RR dengan livery Mandalika SAG Racing Team.

Ada dua metode berbeda dalam pengaplikasian grafis livery pada motor. Yaitu stiker decal dan pengecatan airbrush. Di mana metode stiker decal masih dapat dikembalikan ke warna standar karena hanya melapisnya dengan stiker. Sedangkan airbrush bersifat permanen karena menimpa cat standar dengan grafis tersebut.

Metode Decal

Salah satu penggarap metode stiker decal ini adalah Rey Decal yang berlokasi di Ruko Grand Galaxy City, Jalan Boulevard Raya Barat Blok RGG 5, Galaxy Bekasi Selatan. Gerai ini melayani jasa pembuatan decal livery Pertamina Mandalika SAG Racing Team. Decal tersebut akan didesain sesuai dengan tipe motornya dan menutupi seluruh bodi dengan tampilan glossy.

Baca juga : Suzuki Katana Desain Tua Nafas Muda, Gahar Dicangkok Mesin Eks WSBK

Bahan yang dipakai bermerek MaxDecal Gloss yang memiliki ketebalan 200 micron dan PPF. Sehingga lapisan tersebut aman dari goresan atau baret saat parkir. Dalam pengerjaannya, Rey Decal memberi garansi jika stiker terkelupas atau pudar.

Semangat Nasionalisme, Livery Tim Balap Pertamina Mandalika SAG Racing Team Jadi Tren di Indonesia 02

Motor bebek pun bisa pakai livery ini.

Livery Pertamina Mandalika SAG Racing Team pada motor-motor bebek dan skuter matik dihargai mulai Rp 850 ribu. Sedangkan motor fairing sekelas Honda CBR250RR atau Yamaha R15 dikenakan ongkos mulai Rp 1,2 juta. Semua harga tersebut sudah termasuk desain dan pemasangannya.

Metode Airbrush

Selanjutnya ada metode airbrush, atau pengecatan seluruh bodi. Seperti disebut sebelumnya, metode ini bukan hanya melapisi bodi, namun juga mengganti warna aslinya. Sehingga sulit untuk mengembalikan ke warna bodi semula.

Baca juga : Andalkan Teknologi 3D, Royal Enfield Himalayan Ini Dipermak Bergaya Dakar Rally dan Porsche

Namun lewat airbrush, grafis Pertamina Mandalika SAG Racing Team lebih bisa dikreasikan. Semisal dengan finishing doff atau matte. Bahkan dilabur dicat dasar berwarna metalik hingga bunglon, tetap bisa dilakukan. Kelebihan lainnya, cat airbrush lebih awet dari sisi warna.

Untuk airbrush, ongkosnya juga sedikit lebih mahal dibanding decal. Seperti di gerai ARM Motor yang berlokasi di Jl. Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat No.21, RT.10/RW.6, Jatinegara. Biaya yang ditawarkan untuk pengerjaan airbrush dimulai Rp 2-5 jutaan, tergantung dengan jenis motor dan jenis grafis yang diinginkan.

Jadi apakah Anda berminat ikutan tren modifikasi ini?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });