window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Simak Review Lengkap All New Honda Beat

Verenicha · 22 Okt, 2020 16:45

All New Honda BeAT series menawarkan balutan desain bodi baru yang kompak serta penyematan beragam teknologi dan inovasi terbaru pada sisi fitur, rangka, dan mesin. Skutik entry level Honda ini menggunakan mesin 110 cc SOHC generasi terbaru dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI berteknologi eSP (enhanced Smart Power). Teknologi mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga 8,9 PS / 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9.3 Nm / 5.500 rpm.

All New Honda BeAT 2020 Series menggunakan rangka baru berteknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Berdasarkan uji internal, frame lebih tahan dari defleksi (pembengkokan) saat dikendarai. Ia hadir dengan dua jenis starter yakni kick starters dan juga elektrik starter.

Simak Review Lengkap All New Honda Beat 01

Panel meter All New Honda BeAT menggunakan fitur Combined Digital Panel Meter yang menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar serta fitur indikator ECO. Sementara All New Honda BeAT Street menggunakan digital panel meter berbentuk persegi panjang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Pros dan Cons

Desain bodinya lebih sporty dibanding versi lama. Namun tetap ramping dan dinamis. Tampangnya mengingatkan kita dengan Vario Series. Sekujur tubuhnya banyak lekukan tajam. Dibanding skutik sekelas, ia lebih sporty.

Rancang bangunnya 1.877 x 669 x 1.074 mm (P x L x T). Lebih besar sedikit dari yang lawas (1,856 x 666 x 1,068 mm). Berkat penerapan teknologi rangka eSAF, ruang kaki jadi lebih lapang. Ground clearance naik 1 mm, tapi jarak joknya dari tanah masih sama dengan model sebelumnya, 740 mm.

Kelebihan

1. Mesin generasi baru

Walau dimensinya lebih kecil dibanding motor Honda lainnya, ia memiliki akselerasi yang cepat. Sekarang ukuran diameter piston dan panjang langkah pakai 47 mm x 63,1 mm yang diklaim lebih responsif. Kompresinya juga meningkat menjadi 10:1. Mesin overstroke ini sengaja dibuat untuk mengurangi konsumsi bahan bakar serta meningkatkan performa.

Hasilnya, ia mampu menghasilkan tenaga 8,89 hp pada 7.500 rpm dan torsi sebesar 9 Nm di putaran 6.500 rpm. Teknologi mesinnya masih menggunakan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power).

2. Irit

Pabrikan mengklaim All New Honda Beat lebih irit dan ramah lingkungan karena sudah lulus uji Euro 3. Berkat penggunaan fitur ISS, satu liter bahan bakar mampu membawanya hingga 60,6 km. Kapasitas bensinya sekarang menjadi 4,2 liter, jadi ia mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian full bahan bakar.

3. Lincah dan gesit

Karena memilki bodi yang kecil dan ramping, ia dikenal sebagai kendaraan yang lincah dan gesit. Apalagi model terbaru sudah menggunakan sasis yang disebut enhandced Smart Arcitecture Frame (eSAF). Teknologi rangka ini diklaim lebih ringan 8 persen dibanding model pipa besi. Jadi pengendara makin mudah bermanuver kala berada di tengah kemacetan.

4. Bodi makin sporty

Mengusung model yang compact, stylish, fun dan sporty. Terlebih generasi baru, tampilannya makin sporty dengan konsep bodi yang banyak lekukan tegas nan tajam. Yak saah jika ia sangat diminati oleh semua kalangan, muda maupun tua, pria ataupun wanita.

Simak Review Lengkap All New Honda Beat 01

5. Fitur makin canggih

Lampu utamanya kini sudah berteknologi LED. Meski masih kombinasi digital dan analog, panel meternya punya tampilan lebih mewah. Tak lupa juga indikator ECO pada instrumen clusternya. Sebagai panduan berkendara yang efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Sekarang kunci kontaknya disematkan fitur secure key shutter dan sudah terintegrasi dengan pembuka jok. Tak lupa juga dengan power charger 12 W (12V 1A), berguna kala pengendara kehabisan daya baterai gawai. Sayangnya, fitur ini hanya terdapat untuk Beat tipe CBS-ISS dan Deluxe.

Combi Brake System (CBS), Side Stand Switch, serta Parking Brake Lock menjadi fitur standar yang wajib ada di semua lini skutik Honda, termasuk Honda Beat generasi terbaru. Tentunya yang menjadi unggulan ada Idling Stop System (ISS). Fitur yang dapat mati-nyalakan mesin ketika berhenti lebih dari 3 detik. Dikombinasikan dengan teknologi ACG Starter yang bikin suara mesin menjadi lebih halus ketika di starter. Fitur ini tidak ada di varian terbawah.

6. Macam Varian

Total ada 3 tipe yang ditawarkan dengan 9 pilihan warna. Tipe CBS ada 4 warna, versi CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan kelir, sementara varian Deluxe (CBS-ISS) punya 2 warna mewah. Keduanya memiliki emblem 3D di tiap sisi bodi. Bagi yang ingin versi lain, pabrikan menyediakan All New Honda BeAT Street.

Simak Review Lengkap All New Honda Beat 02

7. Harga terjangkau

Beat merupakan salah satu motor skutik Honda yang paling terjangkau. Saat ini ia dijual Rp 16,4 juta untuk varian terendah, Rp 17,1 juta buat tipe CBS-ISS (termasuk All New Honda Beat Street) dan Rp 17,2 juta untuk varian tertinggi. Masing-masing harga sudah berstatus OTR Jakarta.

Kekurangan

1. Dimensi terlalu kecil

Bagi sebagian kalangan Honda Beat dimensinya terlalu kecil. Dirinya lebih cocok dipakai oleh kaum perempuan dengan berat badan normal, sehingga terlihat lebih luwes jika digunakan. Namun tidak ada salahnya jika laki-laki juga menggunakan Beat.

2. Ruang pijak sempit

Selaras dengan bodinya yang mungil, maka ruang pijak juga tidak terlalu besar. Kaki pengendara tidak leluasa untuk bergerak, jadi mudah lelah ketika dibawa perjalanan jarak jauh.

3. Bagasi tidak besar

Kapasitas bagasi Honda Beat generasi terbaru memang meningkat, namun belum cukup memadai. Ruang penyimpanan di bawah joknya sekarang 12 liter. Hanya cukup untuk meletakkan barang berdimensi kecil, macam jas hujan, buku, sarung tangan, kacamata, ataupun botol minum 600ml.

Kesimpulan

Meski harganya cukup terjangkau, ia sudah ditunjang kenyamanan serta fitur yang lengkap. Tak salah jika skutik ini laris manis diburu pecinta otomotif diseluruh Indonesia. Namun di balik itu semua, setiap kendaraan tentu memiliki kelebihan serta kekurangan. Tujuan kami mengulas ini hanya sebagai informasi, pengetahuan bagi kalian tentang motor Beat terutama yang masih bimbang untuk meminangnya.

Perbandingan (Specs)

Bicara soal skutik entry level, nama Honda BeaT menjadi model paling diminati masyarakat Indonesia. Di segmen kelas bawah, ia bersaing dengan Nex II. Skutik dari Suzuki lebih unggul dalam hal harga, karena paling murah di antara kompetitor sesama merk Jepang. Tapi jika diadu dari segi fitur, Beat lebih lengkap dibanding lawannya.

Soal performa, keduanya tak terlalu signifikan. Mesin beat berkapasitas 110 cc berdaya 8,9 PS / 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9.3 Nm / 5.500 rpm. Sementara Nex II memakai mesin 113 cc dengan tenaga 9,1 PS / 8.000 rpm dan torsi 8,5 Nm / 6.000 rpm.

Simak Review Lengkap All New Honda Beat 03

Meski berstatus skutik termurah dari Honda, Beat 2020 sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Pengereman memakai sistem Combi Brake System (CBS). Untuk varian tertingginya, ditawarkan dengan fitur berupa idling stop system (ISS) yang siap menyala-matikan mesin saat motor berhenti. Suzuki Nex II tidak punya fitur itu, bahkan menyerupai pun tidak.

Kemudian parking brake lock yang menjadi peranti standar di semua varian Beat. Ada pula side stand switch. Speedometernya dilengkapi dengan penujuk kilometer dan indikator BBM digital. Tapi informasi seputar kecepatan masih disajikan secara analog. Skutik Honda juga dilengkapi dengan eco indicator. Jika lampu eco menyala, itu menandakan pengemudi sedang berkendara irit. Sedangkan, Suzuki Nex II masih mengandalkan spidometer analog. Indikator kecepatan dan BBM-nya pun masih menggunakan jarum petunjuk.

Beragam fitur disematkan pada keduanya. Pada tipe tertinggi, kedua motor dibekali soket pengisi daya gawai. Bedanya, milik Nex lebih mudah digunakan. Lantaran bertipe USB charger. Praktis bisa langsung terhubung ke perangkat gadget. Tak perlu konektor lagi.

Simak Review Lengkap All New Honda Beat 04

Skutik Honda punya bagasi luas berkapasitas 12 liter. Bisa menampung barang bawaan berukuran kecil, semacam sepatu jaket dan sarung tangan. Tapi tidak bisa untuk helm.

Harga

All New Honda BeAT hadir dalam dua tipe yakni CBS dan CBS-ISS dengan total 9 varian warna sesuai dengan tren anak muda saat ini. Untuk tipe CBS terdapat 4 pilihan warna yakni Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black yang dipasarkan dengan harga Rp 16.450.000 (OTR Jakarta).

Untuk tipe CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan warna Garage Black, Electro Blue, dan Fusion Magenta Black yang dipasarkan dengan harga Rp 17.150.000 (OTR Jakarta). Selain itu, model ini juga menawarkan tipe Deluxe series (CBS-ISS) dengan 2 pilihan warna lainnya yakni Deluxe Black dan Deluxe Silver yang dipadukan dengan 3D Emblem untuk memberikan kesan mewah dan dipasarkan dengan harga Rp 17.250.000 (OTR Jakarta).

Sementara All New Honda BeAT Street hadir dengan tipe CBS dalam 3 pilihan warna yakni Street Black, Street Silver, dan Street Black Silver. Model ini dipasarkan dengan harga Rp 17.150.000 (OTR Jakarta).

Beat series menawarkan harga yang cukup terjangkau. Perbedaan dari varian terendah ke tipe tertinggi juga tidak sampai Rp 1.000.000. Tak ada salahnya jika Anda mengambil Beat versi Deluxe, karena memiliki fitur yang lebih komplet dibanding skutik di kelas yang sama.

Kesimpulan

Harga All New Honda BeAT memang sedikit lebih mahal dobadning kompetitor. Namun hal itu terbayar dengan konsep desain yang diusung dan fitur yang disematkan pada dirinya. Pilihan warna serta varian juga membuatnya punya nilai lebih ketimbang para pesaingnya. Tapi semua itu kembali lagi pada diri Anda, tinggal sesuaikan budget dan selera.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });