window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tak Berubah, Cek Lagi Spesifikasi Mesin Honda Vario 125 2023

Harry · 27 Sep, 2022 10:30

Tak Berubah, Cek Lagi Spesifikasi Mesin Honda Vario 125 2023 01

Honda Vario 125 2023.
  • Masih pertahankan mesin eSP.
  • Tawarkan efisiensi bahan bakar tinggi.

PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Honda Vario 125 2023 kemarin (26/9/2022) di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Ini adalah salah satu motor matic andalan pabrikan sayap mengepak tersebut.

Salah satu buktinya adalah target penjualan yang mencapai 500.000 unit per tahunnya. Tak heran memang, karena motor ini juga menjadi model bagi mereka yang mau naik kelas dari matic entry level macam Honda BeAT.

Tapi alih-alih menghadirkan pembaruan yang total, nyatanya motor ini hanya mendapatkan upgrade fitur dan tampilan. Sektor mesin? Tak ada yang disentuh, jadi gak ada nih mesin eSP+ 125 cc untuk model ini ya!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tentunya ada alasan kenapa Honda masih mempertahankan mesin ini, karena berdasarkan hasil survei yang dilakukan AHM, mesin ini paling pas untuk kebutuhan sehari-hari.

"Model ini dikembangkan berdasarkan kepentingan konsumen, 125 cc untuk harian atau perkotaan, sehingga dengan mesin yang sekarang dirasa masih cukup," kata Sompong Sureechairattanakul, Large Project Leader Honda Vario 125, Honda R&D SouthEast Asia Co., Ltd.

Tak Berubah, Cek Lagi Spesifikasi Mesin Honda Vario 125 2023 01

Honda Vario 125 banyak disukai konsumen.

Bertenaga dan Irit

Nilai jual dari mesin eSP yang saat ini terpasang ada pada kemampuannya. Daya 11,1 PS diputaran 8.500 rpm serta torsi sebesar 10,8 Nm di 5.000 rpm sudah lebih dari cukup untuk harian.

Spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan, dengan kapasitas mesin 124,8 cc dari penggunaan piston 52,4 mm dan langkah piston 57,9 mm. Rasio kompresinya 11:1 dengan transmisi otomatis CVT.

Tak Berubah, Cek Lagi Spesifikasi Mesin Honda Vario 125 2023 02

Mesin lama masih dipertahankan.

Selain performanya yang pas, efisiensi bahan bakarnya juga patut diacungi jempol. AHM mengklaim bisa 51,7 km/liter dengan metode pengukuran WMTC, Euro 3 dan ISS diaktifkan.

Harga Honda Vario 125 2023

Kini Honda Vario 125 2023 ditawarkan dengan tiga tipe yakni CBS (Combi Brake System) dengan opsi warna Sporty Black dan Sporty Red, yang ditawarkan Rp 22,350 juta. 

Tak Berubah, Cek Lagi Spesifikasi Mesin Honda Vario 125 2023 03

Honda Vario 125 CBS-ISS SP jadi yang termahal.

Kemudian tipe CBS-ISS (Idling Stop System) dengan opsi Advance Matte Black dengan emblem 3D seharga Rp 24 juta. Serta teratas ada tipe CBS-ISS SP dengan opsi warna Advance Matte White dan Advance Matte Blue berbanderol Rp 24,250 juta, on the road Jakarta.

Honda Vario 125 2023
DIMENSI
PxLxT 1.918 x 679 x 1.066 mm
Tinggi Jok 769 mm
Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak Terendah 131 mm
Kapasitas Tangki 5,5 liter
Berat 112 kg
MESIN
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan
Kapasitas  124,8 cc
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 11:1
Tenaga Maksimal 11,1 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 10,8 Nm @ 5.000 rpm
RANGKA & KAKI-KAKI
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Ban Depan 90/80-14
Ban Belakang 100/80-14

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });