window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ternyata Banyak Jeroan Honda Vario 125 2023 yang Berubah, Dari Lampu Utama hingga ECM!

Fariz · 30 Sep, 2022 10:30

Ternyata Banyak Jeroan Honda Vario 125 2023 yang Berubah, Dari Lampu Utama hingga ECM! 01

Detail ubahan Honda Vario 125 2023.
  • Lampu utama berbeda pada bagian drivernya.
  • Perubahan elektrikal membuat kabel bodinya berbeda.

Yang perlu diingat pada update Honda Vario 125 2023 adalah adanya kata New, bukan All New yang artinya memang perubahan pada motor ini tidak menyeluruh. Paling terlihat tentu saja desain yang masih dipertahankan, walaupun tetap ada beberapa ubahan.

Bisa dilihat dari bentuk batok lampu yang punya lekuk M shape, kemudian adanya air vent atau air scoop di bodi depan sisi samping yang cukup memberi kesan sporty. Sedangkan bodi belakang punya lekukan yang lebih tegas dibanding generasi sebelumnya.

Satu hal yang membuatnya terlihat tidak terlalu banyak ubahan yaitu karena masih menggunakan desain reflektor lampu utama dan lampu belakang yang sama. Kasusnya sama seperti saat peluncuran Honda ADV 160.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Terlebih mesin yang digunakan juga masih 125 cc eSP, SOHC 2 katup, berpendingin cairan. Belum menggunakan mesin eSP+ 4 katup yang menjadi rumor hangat di beberapa waktu lalu. Meski begitu, ternyata ada beberapa ubahan lain yang ada pada Honda Vario 125 2023 ini. Apa saja?

Baca juga: Kuasai Segmen Matic Medium 125 Cc, Siapa Saja Lawan Honda Vario 125 2023?

Wheel Set

Di area kaki-kaki terlihat kalau kini Honda Vario 125 menggunakan sepasang pelek dan ban yang sebelumnya digunakan oleh Honda Vario 150. Yang paling berbeda tentu saja dari bentuk palang peleknya.

Ternyata Banyak Jeroan Honda Vario 125 2023 yang Berubah, Dari Lampu Utama hingga ECM! 01

Pakai wheelset lebih lebar milik Vario 150

Baca juga: Sosok Honda CBR250RR 2023 Versi JDM, Tampil Serba Putih Tapi Bodi Tak Berubah

Model palang peleknya miring dengan coak di sisi tengah, ini memberikan kesan pelek yang sporty juga ringan. Selain desain pelek yang berbeda, lebar peleknya juga beda dibanding generasi sebelumnya.

Pelek ini memiliki lebar pelek depan 1,85 inci berbalut ban 90/80-14 dan yang belakang lebar 2,50 inci dengan ban 100/80-14. Dengan begitu tampilan kaki-kaki jadi lebih gambot dari sebelumnya

Smart key system

Untuk mendapatkan kesan modern dan menambah rasa aman pengendaranya, Honda Vario 125 sudah disematkan dengan Honda Smart Key System. Namun yang menggunakan fitur ini hanya di varian CBS-ISS dan CBS-ISS SP saja, sedangkan varian CBS masih pakai anak kunci konvensional.

Ternyata Banyak Jeroan Honda Vario 125 2023 yang Berubah, Dari Lampu Utama hingga ECM! 02

Honda Smart Key System hanya tersedia di tipe CBS-ISS dan CBS-ISS SP

Baca juga: Berminat Tebus Honda Vario 125 2023? Cek Dulu Pilihan Warna dan Tipenya

Di remotnya terdapat fungsi answer back system yang memudahkan pengendara dalam mencari kendaraan di parkiran. Ada juga fitur anti-theft alarm yang akan menyalakan beeper dan hazard secara cepat ketika terdeteksi getaran pada motor.

Idling Stop System

Idling Stop System atau ISS jadi salah satu fitur unggulan pada produk-produk Honda, terutama pada mesin yang sudah tidak menggunakan dinamo starter dan digantikan dengan ACG starter.

Ternyata Banyak Jeroan Honda Vario 125 2023 yang Berubah, Dari Lampu Utama hingga ECM! 03

Tombol ISS ada di sakelar kanan

Baca juga: Impresi Awal Honda Vario 125 2023, Ubahannya Nanggung?

Tugasnya untuk mematikan mesin sesaat setelah motor dipacu, dan dapat dihidupkan dengan mudah hanya dengan memutar selongsong gas. Tujuan dari adanya fitur ini tentu untuk menambah efisiensi bahan bakar.

Dengan begitu saat motor berhenti di kemacetan atau saat menunggu lampu merah, tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia. Sayangnya ISS belum hadir di varian CBS.

Lampu Utama

Jika dilihat secara sekilas, mungkin lampu-lampu yang digunakan pada Honda Vario 125 2023 tidak ada perbedaan. Semuanya sudah full LED dengan desain meruncing. Tapi ternyata ada perbedaan di sisi dalam lampu utama motor ini.

Ternyata Banyak Jeroan Honda Vario 125 2023 yang Berubah, Dari Lampu Utama hingga ECM! 04

Letak driver lampu utama kini menyatu di reflektor

Baca juga: Honda Forza 250 2022, Matic 250 yang Seharusnya Lebih Laris dari Yamaha Xmax 250!

“Ada perbedaan pada driver lampu utama. Honda Vario 125 sebelumnya punya driver lampu di ECM, nah sekarang driver lampu utama sudah jadi satu di reflektor. Dengan begitu jalur lebih singkat,” sebut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

ECM dan Kabel Bodi Berbeda

Akibat dari berpindahnya posisi driver lampu utama, ini membuat ECM Honda Vario 125 terbaru ini berbeda dengan generasi sebelumnya. Perbedaan juga ada pada engine mapping untuk menyesuaikan bobot yang sedikit naik.

Baca juga: Varian Honda CBR250RR 2023 Makin Komplet, Di Mana Perbedaannya?

Perbedaan di atas juga berdampak pada perubahan kabel bodi sebagai penyambung arus dari berbagai komponen. “Kabel bodi tentunya berbeda, apalagi sekarang kan dilengkapi power charge di console depan,” tutupnya.

Tuh, banyak yang barukan?!

Honda Vario 125 2023
DIMENSI
PxLxT 1.918 x 679 x 1.066 mm
Tinggi Jok 769 mm
Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak Terendah 131 mm
Kapasitas Tangki 5,5 liter
Berat 112 kg
MESIN
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan
Kapasitas  124,8 cc
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 11:1
Tenaga Maksimal 11,1 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 10,8 Nm @ 5.000 rpm
RANGKA & KAKI-KAKI
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Ban Depan 90/80-14
Ban Belakang 100/80-14

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });