6 Mobil Ekonomis yang Sangat Praktis Untuk Membawa Sepeda

Alex · 18 Agu, 2020 19:00

6 Mobil Ekonomis yang Sangat Praktis Untuk Membawa Sepeda 01

Sejumlah kota besar di Indonesia tengah diwarnai demam bersepeda. Contohnya di Jakarta dan sekitarnya, banyak masyarat yang mendadak hobi bersepeda.

Kendaraan atau alat olahraga ramah lingkungan dan murah meriah ini tentu jadi pilihan pas untuk mengisi waktu di masa pandemi seperti sekarang ini. Untuk bersepeda ke berbagai tempat yang seru tentu mengangkutnya dengan mobil pribadi jadi kombinasi pas untuk menikmati hobi satu ini.

Namun bagi para pemilik sepeda jenis mountaint bike dan road bike atau sejenisnya tentu lebih repot untuk membawanya dengan mobil. Jika bisa dibawa pakai mobil, setidaknya Anda harus membongkar sepeda tersebut.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Lain halnya jika Anda memiliki mobil yang punya kabin yang luas dengan fleksibilitas yang baik. Tentunya Anda tidak perlu repot untuk bongkar atau sekedar melepas ban sepeda demi membawanya pakai mobil. Tinggal masukkan saja ke kabin.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini kami sajikan sejumlah mobil dengan kemampuan daya angkut dan fleksibilitas terbaik untuk mengangkut sepeda tanpa membongkarnya. Selain punya bagasi dan kabin yang luas, mobil-mobil berikut ini juga ekonomis, karena kami batasi harga tertingginya tak sampai Rp 300.000.000 saja.

Apa saja mobil-mobil tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

6 Mobil Ekonomis yang Sangat Praktis Untuk Membawa Sepeda 01

1. Mitsubishi Xpander

Bagasi Xpander mobil yang saat bangku baris ketiganya tegak saja sudah memberi ruang yang cukup lega, akan menyajikan ruang sangat besar ketiga baris ketiga dilipat. Untuk mengangkut sepeda, Anda perlu melipat bangku baris kedua mobil Xpander.

Melipatnya pun sangat praktis karena mobil expander sudah menganut one touch tumble. Sebenarnya saat semua sudah terlipat tidak bisa disebut murni rata lantas, karena akan hadir permukaan dengan kondisi agak menanjak dari bibir bagasi mobil Xpander sampai depan. Untuk itu Anda harus memposisikan sepeda dengan posisi tidur di dalam kabin mobil Xpander.

Harga Mitsubishi Xpander sendiri saat ini di kisaran Rp 215,8 jutaan hingga yang termahal adalah Rp 272,1 jutaan. Ini merupakan harga mobil Xpander 2020 yang tidak beda jauh dengan charga eXpander 2019. Kemudian, konsumen juga bisa mencari harga promo Xpander di internet.

6 Mobil Ekonomis yang Sangat Praktis Untuk Membawa Sepeda 02

2. Suzuki Ertiga

Bermodal fitur pelipatan bangku rata lantai, menjadikan Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru praktis untuk membawa sepeda. Jika bangku baris ketiga dan kedua Ertiga dilipat maka total kapasitas angkutnya disebut sampai 803 liter.

Tentu dengan kapasitas tersebut Anda tak perlu membongkar sepeda untuk masuk ke bagasi Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru. Namun seperti Xpander, bagian bangku baris kedua Ertiga terbaru yang terlipat menjadikan permukaan lantai agak menanjak maka sebaiknya posisikan sepeda dalam keadaan tidur.

Harga mobil Suzuki Ertiga terbaru juga cukup ekonomis. Harga mobil Suzuki terbaru, yakni Suzuki Ertiga varian terendah hanya Rp 205 juta dan yang termahal di angka Rp 249 jutaan saja. Untuk gambar mobil Suzuki Ertiga bisa dilihat di bawah ini.

6 Mobil Ekonomis yang Sangat Praktis Untuk Membawa Sepeda 03

3. Toyota Sienta

Bicara soal daya angkut dan fleksibilitas kabin, mobil Sienta bisa memberikan yang terbaik. Sebab mobil New Sienta interior menyediakan kabin luas dengan pelipatan bangku baris kedua dan ketiga sangat praktis. Pelipatan mobil Sienta bisa rata lantai dan menjadikan kabin sangat lega untuk 'menelan' dua sepeda sekaligus dalam posisi berdiri!

Karena pintu mobil Sienta menganut sliding door maka akses kabin mobil New Sienta pun juga sangat baik. Mulut bagasi mobil New Sienta yang sangat lebar pun juga akan memudahkan untuk bongkar muat sepeda kesayangan Anda.

Model ini menjadi satu-satunya non-LMPV yang menganut pintu geser dan berbagai fitur keren lainnya. Harga tertinggi New Sienta sendiri mencapai Rp 313,5 jutaan. Namun masih cukup banyak varian mobil Sienta yang harganya di bawah Rp 300 juta. Harga mobil Sienta termurah sendiri adalah Rp 247,7 jutaan. Untuk harga Toyota Sienta bekas bervarian tergantung dari kondisi mobil tersebut.

6 Mobil Ekonomis yang Sangat Praktis Untuk Membawa Sepeda 04

4. Honda Jazz

Berkat bangku baris kedua New Honda Jazz yang menganut pelipatan rata lantai, Honda berani membuat materi promosi yang menampilkan daya angkut sepeda tanpa dibongkar dan berposisi berdiri.

All New Jazz sendiri merupakan satu-satunya mobil dengan dua baris bangku di daftar ini. Sekali lagi, pelipatan bangku yang dinamai Honda sebagai Ultra Seat ini menjadi daya tarik tersendiri. New Honda Jazz memang lama dikenal sebagai compact hatchback yang punya fleksibilitas kabin sangat baik.

Harga mobil Honda Jazz sendiri saat ini termurah di angka Rp 250,2 jutaan dan yang termahal mencapai Rp 292,5 jutaan. Harga mobil Honda Jazz 2020 ini tidak beda jauh dengan harga All New Honda Jazz 2019.

6 Mobil Ekonomis yang Sangat Praktis Untuk Membawa Sepeda 05

5. Wuling Cortez

Sebagai MPV yang menawarkan kelegaan kabin tentu bukan jadi hal sulit bagi Wuling Indonesia meluncurkan Wuling Cortez untuk mengangkut sepeda. Namun bangku baris ketiga MPV Wuling Cortez tidak menganut pelipatan rata lantai.

Saat bangku baris ketiga Cortez teripat ke depan, ruang bagasi yang tersaji sudah cukup lega untuk mengangkut sepeda. Anda bisa memposisikan sepeda secara menyerong untuk mengakalinya tetap terangkut dengan baik di dalam mobil Cortez.

Salah satu keunggulan Cortez adalah bagian mulut bagasi yang cukup lebar. Sangat memudahkan Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan sepeda.

Harga Wuling Cortez sendiri sangat ekonomis. Bahkan bisa dibilang bersaing dengan LMPV. 

Harga Wuling Cortez berkisar dari Rp 209 juta hingga Rp 290 juta. Mobil Wuling Cortez memiliki saudara, mobil Wuling Almaz dan Wuling Confero. Harga Wuling Almaz berkisar dari Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan.

Ada juga Wuling Confero memiliki total 4 tipe. Harga Wuling Confero terbaru berkisar dari Rp 151 juta hingga Rp 198 jutaan. Harga Wuling Confero 2020 ini tidak beda jauh dengan harga Wuling Confero 2019.

6 Mobil Ekonomis yang Sangat Praktis Untuk Membawa Sepeda 06

6. DFSK Glory 560

Menjadi satu-satunya SUV, atau lebih tepatnya Low SUV dalam daftar ini menjadikan Glory 560 layak dimiliki bagi penghobi sepeda. Modal utama Glory 560 untuk mengangkut sepeda adalah bangku baris kedua dan ketiganya yang bisa terlipat rata lantai.

Namun mirip pada Xpander dan Ertiga, kontur lantai yang menanjak membuat pengangkutan sepeda cukup membuat putar otak. Apalagi atap mobil yang terbatas sepertinya harus memaksa Anda untuk memposisikan sepeda dalam kondisi tidur.

Secara harga, justru Glory 560 jadi yang termurah di daftar ini. Harga terendahnya hanya Rp 196,5 juta dan yang tertingginya hanya Rp 246,5 juta.

Kesimpulan

Keenam mobil di atas memang sangat pas untuk mengangkut sepeda. Tapi bagi Anda yang sangat butuh daya angkut paling tinggi karena jumlah sepeda yang harus dibawa lebih dari satu, maka Sienta jawabannya.

Namun jika unsur harga yang murah adalah faktor utamanya, maka Glory 560 tentu jawabannya. Bahkan Anda mendapat keuntungan dengan daya jelajah segala medan yang dimilikinya karena mobil tersebut adalah sebuah SUV.

Sedangkan bagi Anda yang mengincar performa plus manuverability yang baik sambil mengangkut sepeda, maka New Honda Jazz adalah pilihannya.

Walau mampu mengangkut sepeda, namun perhatikan peletakannya. Jangan sampai sepeda di kabin mengganggu kegiatan mengemudi Anda selama perjalanan.

Inilah pengenalan singkat dengan 6 mobil diatas yang terdiri dari mobil Xpander, New Honda Jazz, Toyota Sienta, Wuling Cortez, Suzuki Ertiga, Glory 560. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru