Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli

Honda Civic Hatchback saat diperkenalkan pada 2017 silam telah jadi bagian dari keluarga model Honda Civic yang legendaris di Indonesia. Sejarahnya model Civic sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976 dan saat ini terdiri dari sedan Honda Civic, Honda Civic Hatchback, dan Honda Civic Type R.

Di tahun 2020 Honda Civic Hatchback di Indonesia mendapatkan penyegaran dan penambahan emblem RS.  Diklaim pihak pabrikan, mobil ini jadi tahapan berikutnya para pemilik Honda Jazz yang ingin naik kelas.

Ada sejumlah perubahan. Mulai dari jumlah varian yang berkurang. Kini hanya ada varian RS, sebelumnya Honda Civic Hatchback ada varian S dan E.  Desain berubah sangat sedikit, ini hanya versi facelift atau penyegaran saja. Jadi masih pakai basis Honda Civic generasi ke 10.

Lalu apa saja yang patut dipertimbangkan sebelum membeli Honda Civic Hatchback ini? Berikut Otohome merangkumnya dalam artikel kelebihan dan kekurangan Honda Civic Hatchback 2020.

Kelebihan Honda Civic Hatchback

Eksterior Agresif dan Sporti

Ubahanya tergolong sangat sedikit sekali. Paling keliatan di bagian bumper depannya. Kalau sebelumnya bagian depan bawah kiri dan kanan dibuat seperti lis sarang lebah (honey comb), kini panel fog lamp dibuat lebih solid dan ada tambahan sirip yang menekuk ke atas. Jadi tidak terlihat seperti lobang air intake yang palsu.

Sisanya masih sama dengan Civic Hatchback sebelumnya. Masih terlihat agresif ala solid wing face Honda yang kekinian, sedangkan detail lampunya full LED. Dari lampu besar hingga lampu kabut sudah pakai LED.

Bagian pelek hanya berubah two tone dari hitam dan silver jadi hitam dan abu-abu gelap. Yang berubah lagi adalah lis kaca yang tadinya krom sekarang jadi black gloss. Dan pilar B nya yang tadinya doff biasa, sekarang black gloss.

Bagian belakang hampir sama dengan bagian depan. Dimana lobang model sarang lebah hanya ditambah sirip di tengahnya.  Dan ubahan yang paling bagus adalah jika dulu knalpot tersebunyi di versi terbaru knalpot lebih keliatan. Jadi kasih kesan yang lebih sporti.

Lebih Bertenaga

Mesin kecil dengan tambahan turbo, sehingga outputnya besar. Dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, turbo, DOHC, VTEC. Tenaga ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 170 hp dengan torsi maksimal mencapai 220 Nm.  Output mesin Honda Civic Hatchback lebih besar dari Toyota Corolla Altis dan Mazda3.

Alhasil performa akselerasi yang luar biasa. Untuk mencapai kecepatan 100km/jam, Honda Civic Hatchback hanya butuh 7,5 detik. Dengan dimensi dan ukuran mesin yang kompak, ditambah turbo wajar saja jika Civic Hatchback lebih bertenaga.

Irit Bahan Bakar

Kendati memiliki tenaga dan akselerasi yang menakjubkan, ada satu kelebihan yang unik dari Honda Civic Hatchback. Kelebihan unik itu adalah kemampuan mobil ini untuk bisa tetap irit saat dikendarai. Memang merek Honda sudah terkenal dengan teknologi dalam menghematan bahan bakar yang luar biasa.

Berdasarkan hasil pengujian  keiritan bensin Honda Civic 2020, di atas pesaingnya. Dengan mesin turbo 1,5 L dan CVT, pemilik Honda Civic Hatchback bisa memperoleh jarak 13.5 Km untuk 1 liter BBM. Tingkat efsiensi itu diraih dalam posisi berkendara di dalam kota. Sementara di jalan bebas hambatan (tol), Honda Civic Hatchback bisa capai 20.1 Km/liter.

Kekurangan Honda Civic Hatchback

 

Tergolong Miskin Fitur

Fitur keamanan Honda sensing tidak dimasukan di Civic Hatchback. Masih kalah banyak dengan fitur keamanan Mazda3 . Tidak ada sensor parkir dimana fitur ini jadi standar di mobil dengan harga Rp500 jutaan.

Perihal sistem hiburan di Honda Civic Hatchback. Kendati mobil dirakit di Thailand, Head unit ternyata bukan bawaan dari Honda di luar Indonesia. Layar 7 inci dan tidak ada tombol physical. Fitur juga masih sangat standar untuk mobil di rentang harga sekitar Rp500 jutaan.

Interior Terlalu Kaku

Dashboard Honda Civic Hatchback masih mirip dengan model lainnya dari Honda, sebut saja Honda Brio Satya, dan Mobilio sehingga mengurangi nilai eksklusivitasnya.  Fitur interior juga tidak banyak berubah. Yang baru ada spion di tengah dengan Auto Dimming Rear View Mirror, jadi kalau kena silau dari belakang akan gelap sendiri.

Kemudian karena memang menyasar pengendara yang ingin bergaya sporti, desain interior Honda Civic Hatchback,khususnya pada bagian jok hanya tampil sederhana. Pilihan kulit warna hitam untuk jok ditambah akses jahitan berwarna merah di sekitarnya, dirasakan cukup kaku.

Tidak Tersedia Transmisi Manual

Bagi para pencinta kecepatan, sepertinya Honda Civic Hatchback ini masih dirasa mengganjal. Bagaimana tidak, dengan tambahan turbo jika ditambahkan transmisi manual maka sensasi berkendara akan semakin terasa.

Memang transmisi CVT Civic Hatchback ada mode manual 7 speed  yang dioperasikan di paddle shift, tapi tetap beda rasanya dengan transmisi manual. Jika tersedia mungkin Honda Civic Hatchback bisa jadi Hot Hatch yang menggoda pencari adrenalin.

Kesimpulan Mengenai Honda Civic Hatchback

Dibandingkan dengan kompetitornya yakni Mazda3, memang Honda Civic Hatchback menyasar segmen penyuka mobil bergaya sporti. Kendati demikian, dengan selisih harga yang tidak terpaut jauh dengan Mazda3, sayangnya fitur yang disajikan Honda Civic Hatchback masih dirasa sangat kurang.

Memang sejatinya tidak semua fitur yang terbenam dalam suatu mobil selalu terpakai, tapi paling tidak nilai lebih suatu hatchback bisa ditawarkan kepada konsumen. Namun, nama besar dan loyalis mobil Honda mungkin tidak terlalu peduli, mengingat reputasi positif Honda Civic yang terbentuk sejak puluhan tahun silam.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Panduan Membeli
Toyota Land Cruiser VX 200 vs VX 100, Mana yang Lebih Pantas Dibeli? Sebagai SUV legendaris Toyota di Indonesia, Land Cruiser hadir dengan generasi kesembilan yang tangguh dan bertenaga. Harga Toyota Land Cruiser VX 200 mulai dari Rp2,1 miliar, memang lebih mahal dibanding generasi terdahulu, VX 100. Tapi keduanya masih layak untuk dipertimbangkan.Toyota Land Cruiser VX 200KelebihanLand Cruiser VX 200 terus mendapatkan pembaruan fitur untuk mempermudah pengendaraan. Selain sistem infotainment yang mendapatkan head unit layar sentuh, sistem penggerak empat roda le

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik