Adu Mobil Honda Setengah Miliaran Rupiah, Pilih Honda Civic 2021 atau Honda CR-V 2021?

Yongki Sanjaya · 6 Jan 2021 14:14

Honda Civic hingga sampai saat ini masih memiliki pesona tersendiri bagi konsumen Indonesia. Nama besar Civic dengan baik berlanjut hingga pada generasi 10 yang kini dijual Honda Indonesia. Honda Civic 2021 ini seolah bisa kembali membangkitkan nama besarnya setelah sempat surut di generasi kesembilan. 

Honda Civic Turbo hatchback terlihat punya desain sporty dengan banyak lekuk agresif. Hal tersebut dapat dilihat dari bagian depan, samping, dan belakangnya yang punya banyak lekukan tajam. Bagi orang awam, lekuk tajam dan tegas ini terlihat cukup menjadikannya mobil yang punya nuansa sporty.

Di bagian depan, kap mesin New Honda Civic Turbo juga punya lekukan. Bagi beberapa orang memang desain kap mesin ini dinilai keren banget. Aksen Solid Wing khas Honda menjadi identitas di sisi muka Civic 2021.

Desain yang keren dan sporty, mesin bertenaga yang menggunakan turbo hingga fitur keselamatannya yang mampu diklaim sangat baik jadi pertimbangan sisi positif untuk kamu sebelum memilih mobil ini.

Honda selalu dikenal mampu menghadirkan rasa berkendara yang maksimal. Mesin yang bertenaga besar memudahkan Civic untuk berlari kencang, terlebih jika dibawa ke jalan bebas hambatan. Sensasi berkendara sporty inilah yang kemudian menjadi inspirasi pada sosok Civic Type R. 

Untuk kelas Rp 500 jutaan, Honda memiliki CR-V sebagai alternatif yang tak kalah nyaman dengan postur gagah. Lantas, kamu mau pilih yang mana? 

Honda Civic, Sedan Legendaris yang Mulai Terlupakan di 2021

Memang, pamor Civic sekarang tak setenar dekade 80-90an. Pada era tersebut, Civic hatchback maupun sedan cukup tenar dan punya banyak penggemar. Namun untuk generasi kesepuluh ini berhasil kembali memikat kalangan muda karena desainnya yang sporty. 

All New Honda Civic 1.5L VTEC Turbo dijual seharga Rp533.000.000. Sementara untuk Civic Hatchback dijual seharga Rp 499.000.000.

Sensasi berkendara Honda Civic 2021 masih sama dibandingkan edisi sebelum facelift yang meluncur 2016. Kenyamanannya dengan handling yang cukup baik membuat Civic terasa lebih menyenangkan. Hal ini juga berkat dukungan fitur Dual Pinion Electric Steering Power (EPS) pada kemudinya.

Interior Mewah Honda Civic 2021, Sajikan Kenyamanan Sedan Jepang

Ruang kabin Civic terkesan ‘kalem’ dan masih mempertahankan desain dari era pra-facelift yang masih menawan. Perpaduan material soft touch dan kulit menyajikan ruang interior yang elegan.

Desain futuristik terlihat pada bagian kabin dan dashboard yang penuh fitur. Walaupun tampilannya masih sama dengan edisi sebelum facelift. Yang berubah yaitu corak jok kulit mobil, glove box yang memiliki lampu, serta pengaturan kursi elektrik.

Kenyamanan berkendara pun menyenangkan, dimana posisi duduk yang ergonomis. Mencari posisi berkendara yang nyaman akan semakin mudah karena menggunakan sistem elektrik dengan berbagai pengaturan.

Menantikan Sosok Honda CR-V 2021 yang Akan Meluncur

Honda CR-V 2021 tinggal menunggu waktu untuk meluncur di Indonesia. Versi facelift ini mendapat minor update berupa beberapa aksen baru di eksteriornya, antara lain bumper depan yang didesain ulang, grille hitam baru dengan aksen chrome, velg 18 inci baru dan penambahan roof rail.

Saat ini, Honda CR-V tersedia dalam tiga tipe dengan harga sebagai berikut:

  • Honda CR-V 2.0 i-VTEC Rp 470.000.000
  • Honda CR-V 1.5 Turbo Rp 504.500.000
  • Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige Rp 545.500.000

Untuk fitur kenyamanan, Honda CR-V menawarkan update infotainment system 7 inci yang kompatibel dengan Apple Car Play serta Android Auto, AC digital otomatis, wireless mobile charger, sistem navigasi, kemudian kursi elektrik delapan arah untuk pengemudi dan empat arah buat penumpang. 

Fitur Canggih dan Futuristik, Andalan di Honda CR-V 2021 

Honda menambahkan banyak fitur baru seperti Honda Sensing dan wireless charging untuk ponsel yang membuatnya makin berkelas. Fitur hiburan juga semakin keren karena kini memakai Advanced Display Audio head unit 7 inch with Android Auto and Apple CarPlay.

Terdapat fungsi hands-free untuk buka pintu belakang. Jadi, kita hanya perlu menyepak kaki Anda di bawah bumper belakang untuk membukanya. Bila saat peluncurannya nanti harganya tidak naik dari versi sekarang, maka fitur baru ini akan semakin menyempurnakan Honda CR-V 2021. 

Spesifikasi Mesin Honda CR-V 2021 Masih Sama

Bicara soal spesifikasi, kita bisa mengetahuinya dari unit Honda CR-V yang sudah terlebih dahulu hadir di Malaysia. Bedanya, di negara tetangga ini tersedia opsi 4WD. Untuk Honda CR-V 2021 versi Indonesia tampaknya kembali mendapat opsi 4X2 Front Wheel Drive seperti versi sekarang.

Honda CR-V varian terbawah di Malaysia yaitu 2.0 2WD, yang didukung oleh mesin bensin empat silinder 2.0 liter SOHC i-VTEC. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 154 PS (152 hp) pada 6.500 rpm dan torsi 189 Nm pada 4.300 rpm. Kemudian untuk dua varian lainnya dibekali mesin yang sama, yaitu 1.5 liter DOHC VTEC Turbo empat silinder. 

Mesin tersebut bertenaga 193 PS (190 hp) pada 5.600 rpm dan 243 Nm dari 2.000 hingga 5.000 rpm. Adapun tipe menengahnya yaitu memakai CVT dan penggerak roda depan untuk versi 2WD, Sedangkan tipe teratas adalah dibekali penggerak all wheel drive.

Kesimpulan

Kini, sedan hanya dimiliki segelintir masyarakat di perkotaan. Orang dengan mobilitas tinggi dan sering ke luar kota akan sedikit kerepotan membawa sedan karena ukurannya yang ceper. Daya jelajah mobil sedan cenderung terbatas di jalanan perkotaan dan jalan tol.

Kehadiran Honda CR-V 2021 ini dinilai sebagai alternatif atau bahkan jawaban terhadap kebutuhan mobil yang nyaman dengan fitur layaknya sedan tapi ground clearance tinggi.  

Komentar

Mobil Terbaru