Harga Sama, Kenapa Toyota Fortuner Lebih Dipilih Daripada Honda Civic?

Brodin · 17 Okt 2020 04:15

New Toyota Fortuner baru saja meluncur. SUV ini mendapat update desain dan fitur. Kehadiran Toyota Fortuner terbaru menjadi jawaban mengapa SUV lebih jadi favorit di masyarakat. 

Padahal dengan harga yang setara, ada sosok sedan legendaris Honda Civic. Keduanya dijual dengan rentang harga Rp 500 jutaan. 

Bila cuma memperhitungkan kapasitas penumpang, maka Civic masih oke bila digunakan menjadi mobilnya keluarga kecil. Sebab kapasitas Civic sebanyak lima penumpang. 

Namun, Fortuner lebih laris karena sejak awal Toyota Fortuner dirancang sebagai kendaraan SUV dengan kapasitas 7 penumpang yang mampu melintasi segala medan. Fortuner juga menjadi kendaraan yang nyaman untuk digunakan dalam mobilitas sehari-hari.

Kini dengan berbagai improvement, DNA New Fortuner tampil lebih kuat dan semakin nyaman dan desain eksterior memberikan kesan yang lebih tangguh dan prestisius. Jadi, predikat mobil mewah tak cuma milik sedan sekarang. 

Desain Mewah New Toyota Fortuner

New Fortuner memperoleh sentuhan dari segi desain untuk memperlihatkan sisi ketangguhan dan kemewahan SUV gagah ini. Grille dan garnish pada lampu LED dibuat lebih besar dengan desain baru yang lebih segar sehingga tampak kian dominan dan berkelas. 

Penyegaran rupa terlihat pada New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp. Sentuhan diberikan pada semua model, bedanya pada TRD Sportivo garnish chrome berkelir dark.

Interior Premium di New Toyota Fortuner

Sentuhan kemewahan begitu terasa ketika masuk ke dalam kabin New Fortuner. Kecuali tipe G yang memakai bahan fabric warna dark grey, model lain menggunakan bahan kulit hitam sehingga terkesan premium. 

Sentuhan mewah ditampilkan pada New 4.2 Inch Meter Cluster Design. Sentuhan modern pada area kokpit ini meningkatkan antusiasme pengemudi saat berada di balik kemudi.

Tidak hanya mewah, New Fortuner dilengkapi pula dengan fitur yang memanjakan penumpang. Menjadi yang pertama di segmen High SUV, terdapat fitur wireless charger yang memberikan kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel.

Fitur lainnya yaitu Front Seat Power Adjuster, untuk mengubah posisi duduk bangku depan secara otomatis. Kursi elektrik ini adalah simbol identitas mobil mahal.

SUV Jadi Mobil Premium Serba Bisa

Pada era 90-an, simbol mobil mewah adalah sedan dan populer sebagai mobil masyarakat kota. Untuk SUV atau jip, biasanya dikenal sebagai mobil pekerja dan habitatnya lebih banyak di pelosok.

Sekarang, tren pun berganti karena SUV pun bisa jadi simbol kemapanan. Fitur kenyamanan kabin ala sedan bisa dijejali ke dalam SUV. Bahkan, SUV mempertahankan keunggulannya yang tangguh di medan off road.

New Fortuner juga menyematkan safety feature terbaik di kelasnya, baik untuk model 4x2 maupun 4x4 yang sangat mumpuni di medan off-road. Aplikasi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ, dan G membuatnya begitu mudah dan nyaman dikendalikan di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat manuver di medan berat.

Jadi, mengemudikan SUV bongsor tidak lagi berat saat kita memutar setirnya. Dengan begini, sensasi handling SUV kian presisi seperti sedan.

Honda Civic, Sedan Legendaris yang Kian Terlupakan

Honda Civic hingga sampai saat ini masih memiliki pesona tersendiri bagi konsumen Indonesia. Nama besar Civic dengan baik diwariskan pada generasi 10 yang kini dijual Honda Indonesia.

Desain yang keren dan sporty, mesin bertenaga yang menggunakan turbo hingga fitur keselamatannya yang mampu memberi janji keselamatan sangat baik jadi pertimbangan sisi positif untuk Anda memilih mobil ini.

Memang, pamor Civic sekarang tak seterkenal saat dekade 80-90an. Pada era tersebut, Civic hatchback maupun sedan cukup tenar dan punya banyak penggemar.

Honda selalu dikenal mampu menghadirkan rasa berkendara yang maksimal. Mesin yang bertenaga besar memudahkan Civic untuk berlari kencang, terlebih jika dibawa ke jalan bebas hambatan.

Rasa berkendara Honda Civic masih sama dibandingkan edisi sebelum facelift. Kenyamanannya dengan handling yang cukup baik membuat Civic terasa lebih menyenangkan berkat fitur Dual Pinion Electric Steering Power (EPS) pada kemudinya.

Kini, sedan hanya dimiliki segelintir masyarakat di perkotaan. Orang dengan mobilitas tinggi dan sering ke luar kota akan sedikit kerepotan membawa sedan karena ukurannya yang ceper. Daya jelajah mobil sedan cenderung terbatas di jalanan perkotaan dan jalan tol.

Interior Mewah Honda Civic, Sajikan Kenyamanan Sedan Jepang

Ruang kabin Civic terkesan ‘kalem’ dan masih mempertahankan desainnya pra-facelift yang masih menawan. Perpaduan material soft touch dan kulit menyajikan ruang interior yang elegan.

Desain futuristik terlihat pada bagian kabin dan dashboard yang penuh fitur. Walaupun tampilannya masih sama dengan edisi sebelum facelift. Yang berubah yaitu corak jok kulit mobil, glove box yang memiliki lampu, serta pengaturan kursi elektrik.

Kenyamanan berkendara pun menyenangkan, dimana posisi duduk yang ergonomis. Mencari posisi berkendara yang nyaman akan semakin mudah karena menggunakan sistem elektrik dengan berbagai pengaturan.

Kesimpulan

Kedua mobil tadi bermain di rentang harga yang sama yaitu Rp 500 jutaan. Tentu bukan uang yang sedikit untuk membeli sebuah mobil. Akan banyak pertimbangan yang dilakukan untuk memilih salah satu diantara Civic atau Fortuner. 

Bila kalian memiliki mobilitas tinggi ke luar kota, tentu membutuhkan mobil yang serba bisa dan kabin yang nyaman kaya fitur. Ini hanya ditemukan pada sosok Fortuner.

Terlebih, Fortuner juga memiliki opsi 4X4 yang mendukung kemampuan off road di medan yang sulit. Hal ini jelas tidak ditemukan pada sosok sedan.

Lain cerita bila mobilitas kalian hanya sebatas di dalam kota saja dengan kondisi jalan yang cukup baik. Sebuah sedan mewah seperti Civic bisa menjawab itu semua. 

Komentar

Mobil Terbaru