window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hitung Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.0 dan 1.2, Mana yang Lebih Irit?

Enda · 5 Jun, 2023 11:30

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra

Sebagai mobil keluarga terjangkau, Daihatsu Sigra menempati segmen MPV entry -level. Tidak seperti Toyota Calya, Sigra ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni 1.0 dan 1.2. Sigra disukai masyarakat karena konsumsi BBM mobil ini terkenal irit. 

Pada varian D dan M, mobil ini dibekali mesin berkapasitas 998 cc dengan kode 1KR-VE, 12-valve 3-Silinder Segaris, DOHC, VVT-i. Menurut data, mesinnya sanggup memeras tenaga sebesar 67 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 89,25 Nm pada 4.400 rpm, yang dipadukan transmisi manual 5-percepatan.

Pada tipe X dan R, Sigra disematkan mesin 3NR-VE, 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i dengan kapasitas 1.197 cc. Untuk tenaga yang dihasilkan sebesar 88 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 107 Nm pada 4.200 rpm.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lihat koleksi mobil Daihatsu Sigra yang ada di CARSOME. Mobilnya dijamin bebas banjir dan kerusakan akibat kecelakaan, ga hanya itu mobil juga sudah dilengkapi garansi selama 1 tahun dan jaminan 5 hari uang kembali jika tidak puas.

Hitung Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.0 dan 1.2, Mana yang Lebih Irit? 01

Selain manual 5-percepatan, mesin ini juga dipadukan dengan transmisi otomatis 4-percepatan torque converter.

Punya dua mesin berbeda, berapa konsumsi BBM Sigra 1.0 dan 1.2?

Daihatsu Sigra 1.0 Dapat Tempuh Jarak 20 Km/liter

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra 1.0

Sebagai MPV entry-level, Daihatsu Sigra masuk dalam dalam golongan kendaraan LCGC yang wajib memenuhi regulasi penggunaan bahan bakar minimal 20 km/liter.

Berdasarakan pengujian aktualnya di lapangan, Sigra 1.0 dengan gaya berkendara kombinasi sanggup menempuh jarak 17 km/liter. Namun ketika dibawa berpergian ke luar kota dengan kecepatan konstan, untuk penggunaan BBM nya mencapai 20 km/liter.

Baca juga: Mobil Kelurga Termurah, Segini Pajak Daihatsu Sigra

Varian 1.2 Manual Sedikit Lebih Boros

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra 1.2

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Daihatsu Sigra 1.2 hadir dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Bicara varian manual, untuk pemakaian dalam kota mobil ini mencatatkan angka pengunaan bensin mencapai 14 km/liter. Tentunya angka pemakaian BBM akan berbeda ketika mobil dibawa berpergian ke luar kota.

Terbilang cukup impresif meski tak sebaik varian 1.0, untuk Sigra 1.2 manual dapat menempuh jarak hingga 19 km/liter.

Beli mobil bekas yang bikin hati tenang? Pasti CARSOME

Hitung Konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.0 dan 1.2, Mana yang Lebih Irit? 04

Setelah mengetahui angka konsumsi Sigra 1.2 varian manual, kini saatnya mengetahui berapa pemakaian BBM pada varian maticnya. Untuk penggunaan dalam kota, angka konsumsi BBM yang diterima mobil ini mencapai 14 km/liter.

Bagaimana untuk penggunaan luar kotanya? Berdasarkan pengujian yang pernah dilakukan, saat dipacu dalam kecepatan konstan, angka BBM yang diraihnya mobil ini mencapai 21 km/liter.

Baca juga: Harga Rp10 Jutaan Lebih Murah, New Sigra Tipe R MT Bisa Menang Banyak Dari Calya G MT?

Fitur Daihatsu Sigra Cukup Menggoda

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra

Interior Daihatsu Sigra R

Daihatsu Sigra 1.0 hadir dalam dua tipe, yakni D dan M. Sedangkan untuk mesin 1.2 mendapatkab dua varian, X dan R. Mulai dari varian M, mobil ini dibekali fitur ECO indikator, jam digital, layar MID, serta tachometer. Selain itu terdapat arm rest di baris pertamanya.

Tak hanya itu, mulai dari tipe M juga mobil ini berhasil mendapatkan air circulator yang diketahui dapat mendistribusikan udara sejuk dari depan terhadap penumpang di baris kedua dan ketiga.  

Mengenai sistem hiburannya, tipe D dan M mendapatkan head unit single din, sedangkan varian X menggunakan 2din dan R 2din layar sentuh.

Untuk keselamatan berkendara, tipe D hanya mengandalkan seat belt. Sedangkan mulai dari M sudah dilengkapi dengan rear parking sensor, immobilzer, serta alarm system. Bahkan mobil ini juga berhasil tersematkan airbags kemudian peringatan penggunaan sabuk pengaman untuk tipe X dan R.

Guna menghindari selipnya roda ketika melakukan pengereman secara mendadak, tipe X dan R Sigra dengan transmisi otomatis berhasil mendapatkan fitur ABS dan EBD.

Baca juga: Andalan Taksi Online, Ketahui 7 Kekurangan Daihatsu Sigra yang Sering Dialami Pemiliknya

Jika Anda tertarik untuk membeli Daihatsu Sigra ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil