window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Berat Lawan Raize-Rocky, Renault Kiger Lebih Pede Hadapi Nissan Magnite dan KIA Sonet?

Enda · 30 Agu, 2021 15:30

Berat Lawan Raize-Rocky, Renault Kiger Lebih Pede Hadapi Nissan Magnite dan KIA Sonet? 01

Adu Renault Kiger, Kia Sonet dan Nissan Magnite

Setelah dinanti-nanti, akhirnya Renault Kiger secara resmi mengaspal di Tanah Air pada Jumat, (27/8) lalu. Sebagai SUV kompak yang bermain di segmen B-SUV, Kiger akan dihadapkan langsung dengan Nissan Magnite dan KIA Sonet setelah dianggap berat melawan duet Astra, yakni Raize-Rocky.

Saat ini Renault Kiger dipatok dengan harga Rp275,9 juta OTR Jakarta hingga akhir September 2021. Setelahnya, Kiger akan dibandrol Rp278 juta OTR Jakarta. Sementara Nissan Magnite, menurut situs resminya mobil ini ditawarkan Rp244,8 juta untuk tipe teratasnya. Dan pesaing terdekat lainnya, KIA Sonet 5-seater Premier diniagakan Rp289 juta yang merupakan trim termewahnya.

Penasaran ingin melihat lebih dekat ketiganya? Berikut perbandingan antara Renault Kiger, Nissan Magnite dan KIA Sonet.

Baca juga: Resmi Melantai, Harga Renault Kiger Lebih Mahal dari Toyota Raize GR CVT TSS dengan PPnBM!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Adu Penampilan Renault Kiger, Nissan Magnite dan KIA Sonet

Renault Kiger Terlihat Bengis

Berat Lawan Raize-Rocky, Renault Kiger Lebih Pede Hadapi Nissan Magnite dan KIA Sonet? 01

Tampilan Renault Kiger

Melihat wajahnya, khususnya pada bagian bonnet Renaut Kiger memiliki kap mesin yang terlihat berotot berkat lekukan garis yang dimilikinya. Bentuk grillnya terlihat 'bersayap' dengan elemen berlapis krom berpenampilan honeycomb.

Bumper besar serta lampu depan berteknologi LED model matriks yang disematkan pada mobil ini, dibagi menjadi tiga bilah yang ditumpuk secara horizontal. Di bagian atasnya, terdapat lampu DRL dengan desain pipih yang terlihat sporty.

Melihat bagian sampingnya, Renault Kiger terlihat seperti Kwid yang sedikit dibesarkan. Mobil ini  disematkan Roof Rail pada bagian atapnya, dan mendapatkan velg berukuran 16 inci dibalut dengan profil ban 195/65 R16.

Bergeser ke belakang, stop lamp berteknologi LED memiliki bentuk seperti huruf ‘C’ (C-Shaped lamp) yang seolah mengingatkan kita pada Renault Captur, meski bentuknya tidak setajam itu. Selain itu juga terdapat twin rear spoiler yang sexy dan shark fin antenna dengan tampilan futuristik menambah kuat gaya Kiger yang sangat head turning dan mewah.

Kia Sonet Terkesan Atraktif

Berat Lawan Raize-Rocky, Renault Kiger Lebih Pede Hadapi Nissan Magnite dan KIA Sonet? 02

Tampilan Kia Sonet

Bicara Kia Sonet, mobil ini tidak kalah atraktif dan menantang. SUV kebanggan Kia ini mendapatkan fascia ikonik khas Kia. Diaplikasikan menggunakan grille dengan desain Tiger Nose, Kia Sonet terlihat lebih gahar dan agresif.

Terlebih pada wajahnya yang sangar ini berhasil tersematkan lampu utama yang atraktif dengan tampilan tajam. Lampu utama Kia Sonet ini juga berhasil tersematkan teknologi LED dan Daytime Running Light (DRL) dengan model heart pulse.

Pada bagian bawahnya sama seperti SUV saat ini yang disematkan under guard namun dilabur dengan warna perak. Lekuk bagian kap mesinnya ini juga tidak kalah terlihat berotot.

Ketika beranjak ke sisi bagian samping, tampilan Kia Sonet seperti SUV kompak masa kini pada umumnya. Pada velgnya ini menggunakan bahan dasar alloy model kipas dengan pewarnaan dual tone yang mana memiliki ukuran 16 inci dibalut ban berprofil 215/60.

Melihat bagian buritannya, Kia Sonet mendapatkan tampilan yang tampak kekar. Dimana pada stop lampnya menggunakan LED yang seolah menyatu di kedua sisi berkat adanya garnis yang memanjang. Under guard pada bagian belakang juga dibuat membulat dan berotot serta adanya dua buah lubang muffler di kedua sisi yang diketahui hanya sebagai variasi saja.

Baca juga: Renault Kiger 2021 Sudah Bisa Dipesan, Lebih Bagus dari Toyota Raize Daihatsu Rocky ?

Nissan Magnite Punya Tampilan yang Dinamis

Berat Lawan Raize-Rocky, Renault Kiger Lebih Pede Hadapi Nissan Magnite dan KIA Sonet? 03

Tampilan Nissan Magnite

Secara tampilan luar, Nissan Magnite mendapatkan tampilan yang terlihat dinamis.

Seperti yang bisa dilihat, pada fascia Nissan Magnite terdapat lampu utama LED Bi projector dengan bentuk pipih yang menyudut. Tak tertinggal lampu LED daytime running dan foglamp untuk meningkatkan visibilitas pengemudi berkendara di malam hari.

Grill-nya juga terlihat besar sepertinya kepunyaan Datsun GO, dengan kisi-kisi honeycomb. Untuk memperlihatkan tampilan yang dinamis, bumper serta under guard juga dibuat menyesuaikan bentuk wajah yang menambah kesan atraktif.

Bergeser ke bagian samping, Nissan Magnite ini terlihat seperti SUV pada umumnya. Hanya saja terlihat lebih ‘nyingkrang’ berkat penggunaan lingkar roda berukuran 16 inci. Lampu belakangnya juga berhasil disematkan teknologi LED serta bumper belakangnya dibuat berotot untuk mempertegas kesan SUV masa kini.

Desainnya ini menurut kami lebih kalem, dibanding dua pesaing terdekatnya. Meski demikian, mobil ini tetap terlihat gagah sebagai kendaraan kompak yang membawa karakter SUV masa kini.

Dimensi Renault Kiger, Kia Sonet dan Nissan Magnite
Keterangan Renault Kiger Kia Sonet Nissan Magnite
Panjang 3.991 mm 4.120 mm 3.994 mm
Lebar 1.750 mm 1.790 mm 1.758 mm
Tinggi 1.600 mm 1.615 mm 1.572 mm

Fitur Unggulan Renault Kiger, Nissan Magnite dan KIA Sonet. Mana yang Paling Menarik?

Renault Kiger

Berat Lawan Raize-Rocky, Renault Kiger Lebih Pede Hadapi Nissan Magnite dan KIA Sonet? 04

Dashboard Renault Kiger

Di bagian dalamnya, Renault Kiger mendapatkan dashboard berkelir abu-abu dengan highlight plastik hitam di konsol tengah dan pada tombol pengaturan power windownya. Masih dengan warna yang sama, kisi-kisi AC-nya juga mendapatkan bentuk heksagonal.

Bagian yang menjadi pusat perhatian adalah sistem infotaimentnya. Pada Renault Kiger disematkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan Apple CarPlay, Android Auto, yang stand out sebagai puncaknya, didapati dengan kehadiran Sound System ARKAMYS 3D Auditorium terbaik di kelasnya dengan 4 Speaker ditambah 4 Tweeter yang menghasilkan audio dengan kualitas tinggi yang membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Selain itu Kiger dilengkapi dengan Smart Access Card untuk kemudahan akses dan keamanan kendaraan. Untuk menunjang informasi berkendara, mobil ini mendapatkan layar 7-inch TFT Smart instrument cluster, dan 3 sensor parking belakang menjamin pengalaman mengemudi yang peaceful, aman dan cerdas.

Sebagai SUV masa kini, Kiger mendapatkan keyless entry, push-button start, automatic climate control dan ambient lighting. Mobil ini juga dilengkapi dengan PM2.5 air fliter di sistem penyejuk kabinnya (AC), sehingga memiliki kemampuan untuk menyaring partikel sekecil 2.5 mikron.

Sebagai informasi, Renault Kiger memiliki mode berkendara multi-Sense yaitu Normal-mode, Eco-mode, dan Sport-mode. Disisi lain untuk keselamatannya, kalian bisa menemukan fitur berupa 4 airbags, ABS dengan EBD, Eleectronic Stability Control, dan Vehicle Dynamic Control, Hill Start Assist, Traction Control, dan rear camera melekat pada mobil ini.

Kia Sonet

Berat Lawan Raize-Rocky, Renault Kiger Lebih Pede Hadapi Nissan Magnite dan KIA Sonet? 05

Interior Kia Sonet

Melihat tampilan dalam Kia Sonet, SUV kompak ini juga memiliki bentuk yang sporty. Dimana bagian interiornya didominasi warna hitam yang dikombinasi dengan jahitan benang berwarna merah.

Bicara fitur, SUV asal Negeri Gingseng ini terbilang cukup lengkap. Mobil ini telah mendapatkan 6 Airbags, VSC yang mencakup ABD, EBD, Hill Assist Control dan rear camera dengan dynamic guide.

Kia Sonet memiliki ukuran yang ideal untuk di perkotaan. Untuk kenyamanan menjalajah berbagai jalan, tersedia fitur Drive Mode dan pilihan Traction yang dimilikinya.

Sebagai varian tertinggi, Premier, mendapatkan fitur Ventilated Seats, Bose Audio System, Smart Key with remote starter, 8” multimedia touchscreen with wireless Car Play and Android Auto, Mood Lamp connected to music, Wireless Charging with cooling function, Sunroof with tilt and slide, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Cruise Control.

Nissan Magnite

Berat Lawan Raize-Rocky, Renault Kiger Lebih Pede Hadapi Nissan Magnite dan KIA Sonet? 06

Interior Nissan Magnite

Menilik bagian interiornya, Nissan Magnite terlihat sporty sekaligus dinamis. Pada sistem infotainment, SUV kompak ini mendapatkan layar sentuh 8 inci dengan Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto. Selain itu ada layar TFT 7 inci untuk instrument cluster, yang juga dapat memberikan informasi Tire Pressure Monitoring System (TPMS), teknologi pengenalan suara, kamera mundur dan tombol start/stop.

Tidak ingin ketinggalan, Nissan Magnite juga memiliki kamera 360 derajat dapat memantau objek disekitaran mobil. Mengenai fitur keselamatan lainnya, Nissan Magnite dilengkapi Hill Start Assist, Cruise Control, Dual Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Traction Control System (TCS), Hydraulic Brake Assist (HBA), Electronic Stability Control (ESC), Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Anti Roll Bar.

Di Antara Ketiganya Hanya Kia Sonet yang Belum Mendapatkan Turbo

Berat Lawan Raize-Rocky, Renault Kiger Lebih Pede Hadapi Nissan Magnite dan KIA Sonet? 07

Mesin turbo 3-silinder segaris Nissan Magnite

Bicara jantung pacu, dari ketiganya ini bisa dibilang cukup menarik. Pasalnya, Renault Kiger dan Nissan Magnite berhasil mendapatkan mesin 3-silinder 1.0L dengan dorongan turbo. Sedangankan Kia Sonet memperoleh mesin 1.5L NA (Naturally Aspirated). Meski tidak memperoleh dorongan turbo, jantung pacu pada mobil ini mampu melecutkan putaran tenaga yang lebih buas.

Berikut perbandingkan spesifikasi mesin dari ketiganya.

Adu Spesifikasi Mesin Ketiganya
Keterangan Renault Kiger Kia Sonet Nissan Magnite
Tipe 1.0L Turbo Gamma II Smartstream Engine (NA) HRAO 1.0L Turbo
Jumlah silinder 3-silinder segaris 4-silinder segaris 3-silinder segaris
Kapasitas 999 cc 1.497 cc 999 cc
Tenaga 100 PS @5.000 rpm 114 PS @6.300 rpm 100 PS @5.000 rpm
Torsi 160 Nm @2.800-3.600 rpm 144 Nm @4.500 rpm 160 Nm @2.800-3.600 Rpm
Transmisi X-TRONIC CVT IVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8 virtual gear X-TRONIC CVT

Kesimpulan

Keberadaan Renault Kiger kini memberikan warna baru pada kancah otomotif Tanah Air khususnya untuk model SUV kompak yang bermain di segmen B-SUV. Sebagai pendatang baru, mobil ini akan lebih pede melawan Nissan Magnite dan Kia Sonet dibandingkan harus melawan duet Raize-Rocky.

Secara konklusi, tampilan mobil baru garapan pabrikan Perancis ini tak kalah atraktif dan bengis. Begitu juga fitur yang dimiliki mobil ini dianggap mampu berasing dan unggul.

Karena hanya ditawarkan satu varian saja, Renault Kiger ini lebih murah dari varian teratas Kia Sonet. Sementara jika dibandingkan dengan trim termahal Nissan Magnite, Renault Kiger dibandrol lebih mahal Rp30 jutaan.

Harga Renault Kiger 2021
Varian Harga
1.0L Turbo CVT Rp278.000.000
Harga Kia Sonet 2021
Varian Harga
Standar MT Rp193.000.000
Active MT Rp204.500.000
Smart MT Rp238.500.000
Smart iVT Rp251.500.000
Dynamic iVT Rp265.000.000
Premiere iVT Rp289.000.000
Harga Nissan Magnite 2021
Varian Harga
Upper 1.0L Turbo MT Rp214.800.000

Premium 1.0L Turbo MT

Rp232.300.000
Premium 1.0L Turbo CVT Rp244.800.000

Jika kita melihat perbandingan harga dan fitur yang ditawarkan dari ketiganya, kalian lebih tertarik pilih yang mana?

Baca juga: Renault Kiger vs Toyota Raize vs Daihatsu Rocky, Harga Lebih Mahal Hampir Rp40 Juta Fiturnya Kalah Telak

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Renault Kiger RXL Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil