Cari Hatchback Murah, Pilih Daihatsu Sirion atau Suzuki Baleno 2021?

Yongki Sanjaya · 15 Okt, 2021 09:00

Cari Hatchback Murah, Pilih Daihatsu Sirion atau Suzuki Baleno 2021? 01

Segmen mobil hatchback termasuk segmen yang cukup laris, dimana cukup banyak merek yang bermain di segmen ini. Meskipun harganya mahal, Honda sukses melanjutkan tongkat estafet hatchback terlaris dari Jazz ke City Hatchback. Namun bicara hatchback termurah, mana yang lebih oke antara Daihatsu Sirion dengan Suzuki Baleno 2021?

Secara harga memang Sirion jadi hatchback paling murah karena dijual Rp201,75 juta untuk tipe manual dan Rp216,5 juta untuk versi matic. Meskipun terjangkau, banyak yang menganggap kalau Sirion ini tak cukup proper bermain di kelas hatchback. Kenyamanan berkendara jadi sorotan dari sosok Sirion yang dinilai lebih ke arah 'LCGC' versi mahal.

Untuk model termurah berikutnya ada Suzuki Baleno yang dijual mulai dari Rp238,5 juta sampai dengan Rp251 juta. Selisih harganya cukup jauh daripada Sirion, hingga Rp34,5 juta pada tipe tertinggi.

Daihatsu Sirion maupun Suzuki Baleno memiliki spesifikasi yang sesuai dengan jalanan perkotaan. Mobil ini juga cukup stylish dan juga modern untuk menunjang gaya hidup pengguna berusia muda. 

Adu Dimensi, Daihatsu Sirion Kalah Bongsor Dari Suzuki Baleno

Cari Hatchback Murah, Pilih Daihatsu Sirion atau Suzuki Baleno 2021? 01

Ukuran mobil ini secara eksplisit dapat menggambarkan bagaimana leganya kabin suatu mobil. Bicara soal dimensi, Suzuki Baleno lebih unggul ketimbang Daihatsu Sirion. 

Baleno memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm, tinggi 1.510 mm dan wheelbase 2.520 mm. Sementara itu, Daihatsu Sirion memiliki dimensi panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.525 mm dan wheelbase 2.500 mm.

Ground clearance Suzuki Baleno pun lebih tinggi ketimbang Daihatsu Sirion, yaitu sebesar 170 mm berbanding 150 mm.

Lantas, apakah Sirion ini value for money dengan harganya yang paling murah? Bagaimana dengan Baleno yang digadang-gadang menjadi alternatif City Hatchback? Mari kita bandingkan keduanya!

Suzuki Baleno, Hatchback dengan Fitur yang Cukup Royal

Cari Hatchback Murah, Pilih Daihatsu Sirion atau Suzuki Baleno 2021? 02

Suzuki Baleno facelift hadir dengan fitur baru di eksterior seperti LED Projector Headlamp, Sporty Black Polished Alloy Wheel, Sporty New Bumper Design with New Grill & Foglamp Design, serta New Interior Color and Pattern. 

Sistem audio menggunakan tipe 2DIN yang dapat digunakan untuk pemutar CD / DVD, USB, Bluetooth, Radio FM/AM.  Baleno juga menyediakan opsi MID yang lebih lengkap, pengatur lampu, pengatur intermittent wiper, dan fitur heater yang mana tak dimiliki oleh City Hatchback. 

Suzuki Baleno juga memiliki beberapa fitur kekinian seperti push start/stop button and keyless entry, tilt & telescopic steering, auto climate A/C with heater, hingga leather steering wheel with switch audio control. 

Interior Suzuki Baleno, Serba Pas dan Proporsional

Cari Hatchback Murah, Pilih Daihatsu Sirion atau Suzuki Baleno 2021? 03

Suzuki merancang Baleno sebagai hatchback dengan kesan ramping di luar namun cukup lega di dalam kabin. Para pengguna tentunya akan lebih merasa cukup nyaman ketika berkendara menggunakan mobil ini di lalu lintas perkotaan. 

Posisi duduk di jok baris belakang juga cukup lega meskipun ruang kepala terbatas. Ini karena desainnya yang agak pipih supaya sisi aerodinamisnya lebih oke. 

Faktor lainnya yaitu rancangan jok baris belakang dibuat lebih tinggi dibandingkan yang didepannya. Dengan begini, tingkat visibilitas penumpang belakang juga cukup baik.  

Daihatsu Sirion, Hatchback dengan Paket Ekonomis

Cari Hatchback Murah, Pilih Daihatsu Sirion atau Suzuki Baleno 2021? 04

Kalau dana yang kalian miliki terbatas tapi butuh mobil baru, maka Sirion ini bisa jadi paket ekonomis. Daihatsu Sirion termasuk model yang bertahan cukup lama di Indonesia. Walau banyak pendatang baru, Sirion tetap bertahan karena menawarkan harga yang cukup murah. 

Fitur dukungan hiburan di Sirion tidak istimewa karena mirip seperti pada Honda Brio RS. Perbedaan hanyalah pada dimensi layar head unit dimana Sirion lebih gede sedikit. Fitur hiburannya dilengkapi dengan head unit 7 inci dengan dukungan Mirror Link, radio AM/FM, CD Player, dan sistem navigasi, dan lain sebagainya. 

Memang, istilah ada harga ada rupa juga berlaku dalam memilih mobil. Sirion yang paling murah di segmen hatchback rupanya dikritik karena kalah nyaman dibandingkan produk kompetitor. Posisi berkendara hanya ada tilt steering, tidak ada telescopic yang membuat jarak setir lebih ideal. 

Cari Hatchback Murah, Pilih Daihatsu Sirion atau Suzuki Baleno 2021? 05

Hal lain yang membuat Sirion kalah pamor ialah karena suspensi masih keras sehingga kurang nyaman jika digunakan pada jalan gravel khas pedesaan yang bergelombang. Selain itu, isu soal kekedapan kabin yang buruk membuat Sirion dinilai tidak menyenangkan digunakan saat berkendara.  

Di negara asalnya, Malaysia, Daihatsu Sirion memiliki fitur keselamatan canggih bernama pre-collision braking. Fitur keselamatan aktif ini akan memberikan pengereman otomatis saat ada potensi bahaya tabrakan depan. Sayangnya PT Astra Daihatsu Indonesia tak menyertakan fitur itu pada New Sirion facelift. 

Kalah Fitur, Daihatsu Sirion Menang Mesin

Cari Hatchback Murah, Pilih Daihatsu Sirion atau Suzuki Baleno 2021? 06

Daihatsu Sirion dipersenjatai dengan mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-I 4 silinder berkapasitas 1.329 cc. Mesin itu menghasilkan tenaga sebesar 94 hp dengan torsi 120 Nm.

Sementara Suzuki Baleno di atas kertas memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Mobil hatchback andalan Suzuki itu dilengkapi dengan mesin bertipe K14B berkapasitas 1.373 cc namun tenaga yang dihasilkan hanya 91 hp dengan torsi lebih besar yakni sebesar 130 Nm. 

Kesimpulan

Sirion berusaha memposisikan diri sebagai yang termurah di segmen hatchback walau sejatinya fitur yang dimiliki cenderung mirip dengan city car dengan harga lebih murah. Kalau mencari paket ekonomis, maka Sirion cocok dipinang asalkan siap dengan beragam kekurangan yang ada.

Dengan harga selisih hampir Rp35 juta, Baleno hadir lebih oke dari sisi fitur dan kenyamanan berkendara di kabin yang cukup senyap. Inilah alasan mengapa Baleno layak jadi alternatif City Hatchback meski tetap ada kekurangan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Sirion STD MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru