window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harganya Jauh Lebih Murah Bikin Fitur Suzuki Baleno 2022 Kalah dari Honda City Hatchback?

Prasetyo · 2 Agu, 2022 12:04

Harganya Jauh Lebih Murah Bikin Fitur Suzuki Baleno 2022 Kalah dari Honda City Hatchback? 01

  • Harga Suzuki Baleno 2022 termahal, masih lebih murah dibanding Honda City RS with Honda Sensing.
  • Selisih harganya Rp87 jutaan meskipun sama-sama memakai mesin bensin 1.5L transmisi otomatis.
  • Honda City Hatchback RS unggul karena ada Honda Sensing.

Suzuki Baleno 2022 siap masuk Indonesia. Ajang GIIAS yang digelar bulan ini diduga kuat jadi momentum hatchback berlogo "S" itu tampil perdana ke publik. Walau saat artikel ini dipublikasikan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum resmi mengumumkan mengenai produk anyarnya itu, namun sejumlah bocoran tentang Suzuki Baleno 2022 telah berhasil kami gali.

Termasuk mengenai fitur-fitur yang ada di mobil baru Suzuki ini yang bakal menjadi keunggulan Suzuki Baleno 2022. Mengutip pernyataan satu sumber yang terpercaya,  setidaknya ada 12 fitur baru yang akan hadir di Baleno 2022 versi Indonesia.

Harganya Jauh Lebih Murah Bikin Fitur Suzuki Baleno 2022 Kalah dari Honda City Hatchback? 02

Baleno 2022 lebih dulu debut di India

Langkah berani Suzuki untuk menghadirkan Baleno 2022 dengan banyak improvement tentu patut diapresiasi. Pasalnya segmen hatchback di Tanah Air juga tak kalah panas dibanding LMPV dan SUV. Apalagi sejak hadirnya Honda City Hatchback RS yang langsung mendominasi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menariknya, dibanding sang penguasa pasar, harga Suzuki Baleno 2022 kabarnya akan dipatok jauh lebih rendah dibanding Honda City Hatchback RS. Yakni dimulai dari Rp262,9 juta tipe transmisi manual dan Rp274,9 juta untuk yang maticnya. Bandingkan dengan harga Honda City Hatchback RS varian tertinggi yang tembus Rp362,6 juta. Artinya ada selisih hingga Rp87,7 juta antara kedua mobil ini.

Lantas apakah karena harganya murah Baleno jadi kalah saing dengan City Hatchback? Sebenarnya tidak juga. Mari kita simak dari segi perbandingan fitur Suzuki Baleno 2022 vs Honda City Hatchback RS.

Baca juga : Suzuki Baleno 2022 Sudah Masuk RI, Bisa Mulai Dipesan?

Lampu Depan Sama-sama LED dengan DRL

Harganya Jauh Lebih Murah Bikin Fitur Suzuki Baleno 2022 Kalah dari Honda City Hatchback? 01

Spion luar juga dengan pelipat otomatis saat pintu dikunci

Kita bahas dari bagian luar dulu ya. Untuk Baleno 2022 bagian lampu utamanya sudah pakai LED lengkap dengan Daytime Running Light (DRL). Kemudian juga sudah ada foglight dimana lampu-lampu ini telah diaplikasikan pula pada City Hatchback. Bedanya, pada Honda terdapat tambahan Auto Headlight yang memungkinkan lampu otomatis menyala pada saat cuaca di luar berubah gelap.

Selain itu, di Baleno juga sudah ada fitur Follow Me Home sama seperti Honda. Kedua spionnya juga bisa terlipat otomatis pada ketika pintu terkunci dari luar. Di Honda fitur ini tidak ada, gantinya pintu akan terkunci otomatis manakala Anda keluar mobil dengan membawa kunci dan beberapa langkah meninggalkan mobil.

Ada 6 Airbags Tapi Belum ADAS

Harganya Jauh Lebih Murah Bikin Fitur Suzuki Baleno 2022 Kalah dari Honda City Hatchback? 02

Kamera dan radar untuk Honda Sensing

Beralih mengulas fitur keselamatan, di Suzuki Baleno 2022 sudah dilengkapi 6 Airbags, ESP (Electronic Stability Program) serta HHC (Hill Hold Control). Fitur seperti ABS, EBD, dan Brake Assist juga tentunya sudah ada.

Untuk hal ini Honda patut diacungi jempol. Pasalnya di varian tertinggi City Hatchback RS sudah dilengkapi fitur ADAS yang dinamakan Honda Sensing. Fitur tersebut terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Departure Warning (LDW), dan Auto High Beam (AHB).

Baca juga : Fitur Suzuki Baleno 2022 Versi Indonesia Bakal Bikin Iri Pemilik Toyota Yaris

Baleno Punya Head Up Display, City Hatchback Ada Remote Engine Start

Harganya Jauh Lebih Murah Bikin Fitur Suzuki Baleno 2022 Kalah dari Honda City Hatchback? 03

Head up display juga kabarnya ada di Baleno 2022 versi Indonesia

Fitur lain yang juga patut dicermati adalah keberadaan Head Up Display di Suzuki Baleno 2022. Kabarnya fitur ini akan hadir untuk Baleno versi Indonesia yang tak ada pada unit City Hatchback. Selain itu Baleno juga telah memiliki headunit dengan kemampuan konektifitas Android Auto serta Apple CarPlay.

Tapi bukan berarti Honda jadi kalah. Sebab di City Hatchback sudah ada Remote Engine Start yang memungkinkan mesin dan AC nyala otomatis dari jarak jauh cukup menekan tombol pada remote kunci. Selain itu headunitnya juga sudah punya smartphone connection yang tersambung dengan 8 speakers.

Kesimpulan

Harganya Jauh Lebih Murah Bikin Fitur Suzuki Baleno 2022 Kalah dari Honda City Hatchback? 04

Remote Engine Start di Honda City Hatchback RS

Dengan harga lebih mahal Rp87 jutaan, Honda City Hatchback RS menawarkan fitur keselamatan lebih lengkap. Ini berkat tersedianya Honda Sensing pada varian tertingginya. Tapi bukan berarti Suzuki Baleno 2022 tidka menarik, karena kekurangannya hanya ketiadaan ADAS.

Baca juga : Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Honda City Hatchback RS Pas Buat yang Baru Punya Si Kecil

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil