window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Feroza vs Suzuki Katana, Mana SUV Jadul yang Paling Proper Buat Harian?

Yongki Sanjaya · 27 Jun, 2023 13:00

Daihatsu Feroza vs Suzuki Katana, Mana SUV Jadul yang Paling Proper Buat Harian? 01

Bicara mobil SUV, tentu yang kita harapkan ialah mobil dengan kemampuan off road yang cukup baik. Model jadul seperti Suzuki Katana ataupun Daihatsu Feroza misalnya, hingga kini masih jadi andalan untuk kendaraan harian termasuk melewati medan off road ringan.

Katana adalah versi lokal dari Suzuki Jimny yang di-downgrade menjadi 4X2. Feroza pun demikian, memakai basis dari keluarga Taft. Baik Feroza maupun Katana juga sama-sama bermesin bensin dengan penggerak 2WD roda belakang. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ground clearance tinggi dan penggerak roda belakang masih mumpuni digunakan melintasi jalan tanah pedesaan. Itulah mengapa kedua model tadi sering dijuluki sebagai jip banci, karena cuma memakai 4x2.

Lantas mana sih model yang paling proporsional untuk harian dari sisi performa maupun kenyamanan berkendara? Berikut ini ulasannya. 

Daihatsu Feroza, Menang Performa dan Fitur Lebih Oke

Daihatsu Feroza vs Suzuki Katana, Mana SUV Jadul yang Paling Proper Buat Harian? 01

Daihatsu Feroza merupakan versi bensin dari Taft

Generasi pertama Feroza lahir tahun 1993 dengan masa periode hingga 1996, dikenal sebagai Feroza Standard. Feroza masih menerapkan model Short Wheelbase (SWB) 3 pintu,  dan bisa menampung 4 sampai 6 penumpang. 

Dalam hal ini Feroza unggul dari aspek performa karena memiliki kapasitas mesin lebih besar dari Katana. Mobil ini memakai mesin bensin SOHC 1600 cc karburator dengan kode HD-C. Tenaga mesinnya mencapai 94 hp pada 5.700 rpm dan torsi maksimal 127 Nm pada 4.800 rpm.

Daihatsu Feroza vs Suzuki Katana, Mana SUV Jadul yang Paling Proper Buat Harian? 02

Mesinnya sama seperti yang dipakai oleh Daihatsu Zebra Espass Supervan dan Daihatsu Taruna generasi pertama yang masih karburator. Jadi, kamu bisa melakukan substitusi beberapa komponen bila melakukan perbaikan.

Generasi Terakhir Daihatsu Feroza Makin Nyaman

Daihatsu Feroza vs Suzuki Katana, Mana SUV Jadul yang Paling Proper Buat Harian? 03

Feroza generasi awal masih minim fitur kenyamanan

Feroza tampil lebih modern daripada Katana karena basis modelnya berbarengan dengan Taft facelift. Bisa dibilang, Feroza generasi pertama ini bahkan seangkatan dengan Suzuki Katana generasi kedua.

Desain grille mengotak memberi pesan kokoh, dengan ground clearance yang berada di angka 225 mm. Ini tak lepas dari ukuran ban yang digunakan adalah 195/70 R15.  

Posturnya yang tinggi membuatnya masih dapat melaju di area banjir, jalanan berlubang dan polisi tidur di komplek perumahan, dengan mudah.

Hanya saja pada Feroza generasi awal keluaran 1993, maka fiturnya hampir mirip dengan Katana. Mobil ini tak ada power steering, power window dan central lock. 

Fitur tersebut bahkan baru dihadirkan pada Feroza berikutnya keluaran tahun 1996. Untungnya Feroza generasi awal sudah mendapat booster rem sehingga pengeremannya lebih meyakinkan daripada Katana.

Pada varian varian Special Edition (SE) yang meluncur 1996, Feroza hadir dengan tambahan berupa warna bodi two tone, over fender, lalu pelek aluminium casting. Pada generasi ini jok belakangnya sudah menghadap depan, dan memiliki fitur power steering dan power window.

Daihatsu Feroza vs Suzuki Katana, Mana SUV Jadul yang Paling Proper Buat Harian? 04

Feroza G2 sudah pakai suspensi independen (Foto: Daihatsu)

Lebih lanjut, pada varian Feroza G2 yang mengaspal antara 1996 hingga 1999 ini lebih oke soal kelengkapan spesifikasinya. Fitur generasi ketiga ini lebih kompleks dengan power window, steering, control door lock, hingga suspensi independen yang terasa lebih empuk.

Feroza juga mengandalkan sistem suspensi double wishbone dengan stabilizer berupa pegas torsi bar. Untuk sistem remnya menggunakan cem cakram dengan booster pada roda bagian depan dan tromol di belakang. Dengan demikian pengereman bisa lebih pakem dan responsif.

Suzuki Katana, Menang Desain Kalah Spesifikasi 

Daihatsu Feroza vs Suzuki Katana, Mana SUV Jadul yang Paling Proper Buat Harian? 05

Suzuki Katana merupakan titisan Jimny versi 4x2

Katana hadir karena kebijakan pemerintah yang memberikan pajak tinggi kepada mobil 4X4. Sehingga mendorong Suzuki Indonesia merilis versi 4X2 supaya harganya hemat. 
Generasi pertama Suzuki Katana diluncurkan pertama kali pada tahun 1984. Suzuki Katana generasi pertama sebenarnya merupakan versi 4x2 dari Jimny generasi kedua. 

Awalnya Katana desainnya sama persis seperti Jimny, dengan atap trepes. Oleh pihak Suzuki Indomobil Sales terdapat perubahan fisik pada Katana facelift 1989, yaitu pada bagian atap berbentuk punuk sehingga headroom kabin lebih lega serta penambahan beberapa fitur seperti desain headlamp kotak, memiliki tachometer, dan didukung transmisi manual 5-percepatan.

Daihatsu Feroza vs Suzuki Katana, Mana SUV Jadul yang Paling Proper Buat Harian? 06

Suzuki Katana generasi kedua atapnya berpunuk dengan headlamp kotak

Suzuki Katana generasi ketiga kemudian hadir pada 1993. Desain atapnya tetap berpunuk seperti generasi kedua dan lebih tinggi, namun pada generasi ketiga ini headlamp kembali berbentuk bulat khas jip. Nuansa klasik juga hadir pada lampu sein berwarna oranye yang dipasangkan di tiap ujung bemper depannya. 

Hal yang jadi poin positif ialah bodinya cukup kuat dan kokoh. Bahkan, jika diketuk-ketuk, material plat besinya memberi respon suara yang sangat baik atau minim dempulan. 

Tipe Terlengkap di Suzuki Katana

Daihatsu Feroza vs Suzuki Katana, Mana SUV Jadul yang Paling Proper Buat Harian? 07

Varian Katana generasi ketiga pun juga dipersempit yang hanya menawarkan tipe DX dan GX. Nah, sejak 1993 ini Katana hampir tidak pernah berganti model lagi sampai akhir produksi di tahun 2006. 

Untuk kamu yang mencari Suzuki Katana, maka fitur terlengkap hanya ada pada tipe GX. Tipe ini sudah memiliki AC, power steering, dan radio tape dari Kenwood. Sementara itu, tipe DX tak memilikinya. 

Ada perbedaan signifikan pada konfigurasi kursi antara Suzuki Katana DX dan GX. Pada tipe DX, jok belakang dirancang berhadap-hadapan, sedangkan pada jok tipe GX dibuat menghadap depan.

Dengan dimensi panjangnya tidak sampai 3,5 meter, tentu membuat interior Katana cukup sempit baik di baris pertama maupun kedua.

Pakai Mesin Kecil, Performa Suzuki Katana Tidak Istimewa 

Daihatsu Feroza vs Suzuki Katana, Mana SUV Jadul yang Paling Proper Buat Harian? 08

Mesin Suzuki Katana (Foto: Suzukimurah)

Suzuki Katana mesinnya masih sederhana, berkapasitas 1.0 liter dengan kode F10A, menghasilkan daya 50 ps dan torsi maksimum 73,5 Nm. mesin 1.000 cc tentu bukan mesin yang jumawa untuk berjibaku di medan off road yang terjal. Tenaganya juga kecil untuk aktivitas berkendara on road di jalan raya walau mobil ini bobotnya hanya 860 kilogram. 

Hal yang kadang luput dari perhatian calon pengguna Katana ialah soal pengereman jip ini yang payah dan pada generasi awalnya dulu belum memakai power steering. 

Dengan kondisi rem standar yang belum memakai booster, maka pengeremannya lumayan keras. Selain itu, pengereman juga tidak pakem sehingga membuat pengemudi harus ekstra waspada karena sedikit mengkhawatirkan. 

Kesimpulan

Membandingkan dua model legendaris tersebut, masing-masing memang memiliki kekurangan yang berbeda. Bila kalian mencari jip yang performa mesinnya lebih oke mungkin Feroza bisa jadi pilihan. Namun bila cari yang lebih irit untuk berkendara santai ke pelosok, maka Katana boleh dicoba. 

Tak perlu modifikasi yang aneh-aneh untuk Feroza, konsep OEM dengan velg kaleng ala taft hiline lawas dan ban off road yang lebih besar satu step sudah cukup membuat mobil kalian jadi tampil macho.

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Jimny MT Single Tone 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil