window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah?

Yongki Sanjaya · 21 Jun, 2021 18:00

FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah? 01

Daihatsu Sirion termasuk model yang bertahan cukup lama di Indonesia. Walau banyak pendatang baru, Sirion tetap bertahan karena menawarkan harga yang cukup murah. Lantas, apakah Daihatsu Sirion 2021 fiturnya cukup istimewa?

Berselang dua tahun setelah peluncuran generasi ketiga, PT Astra Daihatsu Motor melakukan penyegaran pada Sirion di Maret 2020 lalu. Sirion baru hanya mendapat tambahan body kit dan upgrade head unit. Pembaharuan hatchback produksi Malaysia ini mengikuti selera konsumen utamanya dari kalangan anak muda.

Daihatsu Sirion baru tersedia dalam 5 pilihan warna, dengan 2 pilihan warna terbaru, yaitu Electric Blue Metallic dan Granite Gray Metallic. Sirion facelift dijual dengan harga Rp201,75 juta (M/T) dan Rp 216,5 juta on the road Jakarta. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga:

Lebih Murah Dibanding Daihatsu Rocky, Ini Keunggulan Daihatsu Sirion Untuk Kaum Hawa

Nggak Sangka, Fitur Daihatsu Sirion Tipe Ini Ngalahin Toyota Yaris dan Honda Jazz!

Suzuki Ignis atau Daihatsu All New Sirion, Pilihan yang Tepat untuk First Time Buyer?

Melihat sosok Sirion, kita sebenarnya dihadapkan pada suatu kebingungan segmentasi. Pasalnya, Sirion ini sejatinya adalah sebuah hatchback yang sejenis dengan Suzuki Baleno, Toyota Yaris dan Honda City Hatchback. Namun dari sisi harga, Sirion tipe AT dijual Rp216 jutaan dan bedanya tak jauh dari Suzuki Ignis atau Honda Brio RS.

Membandingkan harganya, model sejenis dari merek lain harganya sudah jauh di atas Sirion. Pesaing terdekatnya yaitu Suzuki Baleno hatchback harga termurahnya saja Rp235 juta untuk varian manual. Jadi, apa sih yang membuat Sirion ini layak jadi pilihan di antara hatchback lain?

Semua pertanyaan ini akan kita rangkum dalam FAQ Daihatsu Sirion. Mari disimak.

Bagaimana Akomodasi Kabin di Daihatsu Sirion 2021?

FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah? 01

Secara umum, layout dashboard pada Daihatsu Sirion generasi kedua ini modern dan fungsional. Di balik dimensi mobil yang mungil, Sirion memiliki interior yang ergonomis. Posisi duduknya cukup ideal untuk orang berpostur besar, sayangnya posisi setir hanya dapat diatur naik dan turun saja. 

Ini membuat kita yang berpostur mencapai 170 cm saat duduk di baris belakang juga tak terasa sempit. Sebab Daihatsu Sirion di generasi ketiga sudah lumayan lega, bahkan lutut pun tak sampai menyentuh jok depan.

Kabin lapang ini disebabkan dimensi keseluruhan Sirion generasi ketiga yang lebih panjang 19 cm, lebar bertambah 7 cm, dan posturnya lebih rendah 2 cm. Artinya, kabin pun jadi membesar secara keseluruhan, sehingga memperluas ruang penumpang sekaligus bagasinya. 

Lantas bagaimana dengan fiturnya?

Dengan Harga Murah, Apa Saja Fitur yang Tersedia di Daihatsu Sirion?

FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah? 02

Fitur hiburannya dilengkapi dengan head unit yang lebih besar yaitu 7 inci berikut fitur yang lebih canggih seperti Mirror Link dan masih banyak lagi. 

Kemampuan head unit baru di Daihatsu Sirion bisa memutar beragam source musik kekinian termasuk dari gawai. Anda pun tak perlu khawatir kesepian atau mati gaya saat di jalan dan sendirian.

Fitur dukungan hiburan di Sirion tidak istimewa karena mirip seperti pada Honda Brio RS. Perbedaan hanyalah pada dimensi layar head unit dimana milik Sirion ukurannya lebih gede sedikit. 

FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah? 03

Pada sisi kiri kursi pengemudi New Sirion juga sudah dilengkapi dengan port charging. Ini bisa dimanfaatkan oleh penumpang belakang dalam melakukan pengisian ulang gawai mereka.

Daihatsu juga sudah menyiapkan sebuah kantung yang berguna untuk menyimpan smartphone ketika sedang diisi ulang.

Interior Daihatsu New Sirion sebenarnya tidak mendapat ubahan signifikan. Namun, itu bukanlah hal buruk, karena mempertahankan desainnya ergonomis dengan panel instrumen yang mudah dijangkau. Selain itu, lingkar kemudinya juga dilengkapi tombol pengatur audio dan bluetooth telephony.

FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah? 04

Untuk kemudahan dan kepraktisan berkendara, Sirion telah memiliki engine start/stop button dengan keyless entry, headlamp leveling adjuster, kaca spion retractable hingga pendingin ruangan dengan pengaturan digital.

Daihatsu Sirion juga cukup unggul soal fitur keselamatan karena memiliki empat airbag. Selain di depan, juga ada di samping yang membuat mobil jauh lebih aman ketika terjadi tabrakan.

Bagaimana Spesifikasi dan Handling dari New Daihatsu Sirion 2021?

FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah? 05

Daihatsu Sirion memiliki kapasitas mesin yang paling kecil di antara hatchback lain yakni 1.300 cc. tenaga maksimumnya otomatis juga lebih rendah yakni 95 PS di 6.000 rpm dan torsi hanya 119 Nm pada 4.200 rpm. Namun Daihatsu Sirion lebih lincah untuk mengarungi perkotaan.

Daihatsu New Sirion dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,3 detik. Cukup impresif mengingat tenaga mobil yang tak sampai 100 ps. Handling juga lumayan lincah, dengan radius putar yang cuma 5,1 meter. Ukurannya menjanjikan kapabilitas manuver yang lebih luwes saat berada di jalan sempit.

Apa Saja Update Desain di Daihatsu New Sirion?

FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah? 06

New Sirion memang tidak menawarkan perubahan besar dari model sebelumnya, karena periode facelift model ini dilakukan setelah generasi ketiga, Sirion berusia dua tahun. 

Pada New Sirion, terdapat penambahan aerokit dan side stone guard baru, menjadikan eksterior New Sirion lebih fresh. Pada bumper depan dipasangi spoiler, dan side skirt dua warna pada sisi samping. 

Ubahan kosmetik yang minimalis yang membuatnya semakin modis. Body kit ini jadi daya tarik untuk menggaet hati para kaum muda yang mobile dan dinamis. 

Kesimpulan

FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah? 07

Pertarungan segmen hatchback cukup ketat, tiap model punya segmentasi pasar masing-masing sehingga tidak saling bersinggungan langsung. Walaupun bukan yang paling laris, tapi Daihatsu Sirion adalah pilihan hatchback paling ekonomis yang ada di pasaran. 

Secara segmen, Daihatsu Sirion ini mengincar konsumen yang ingin beralih dari city car ke mobil yang lebih besar namun dengan harga terjangkau. Jadi dimensi mobil lebih besar dan fitur lebih lengkap. 

Untuk dijadikan mobil pertama yang ditujukan bagi anak-anak muda, tentu mobil ini sangat layak dibeli. Terlebih, Sirion tersedia dengan sistem transimisi manual dan automatic.

Berbekal keunggulan serta fitur yang oke, Daihatsu New Sirion bisa menjadi alternatif bagi kamu yang memang ingin mencari hatchback yang murah meriah. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil