window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harganya Menggiurkan, Ketahui Dulu Penyakit Umum yang Sering Menimpa Nissan X-Trail Bekas

Nussa · 26 Mei, 2022 08:02

Harganya Menggiurkan, Ketahui Dulu Penyakit Umum yang Sering Menimpa Nissan X-Trail Bekas 01

  • Penyakit Nissan X-Trail bekas patut diketahui sebelum Anda membelinya.
  • Jika kondis mobil prima, maka Nissan X-Trail masih layak dipertimbangkan jika mencari SUV nyaman.
  • Harga Nissan X-Trail bekas saat ini sudah sangat terjangkau.

Membeli mobil bekas menjadi pilihan banyak orang dalam memiliki kendaraan. Banyak alasan yang menjadi pertimbangan mengapa orang lebih memilih untuk mencari mobil bekas dibandingkan dengan mobil baru. Salah satu faktor utamanya adalah budget atau dana.

Sebab, mobil bekas dijual dengan harga yang beragam, mulai dari murah, hingga yang harganya masih tinggi. Tentunya, kondisi mobil juga menentukan harganya, baik kondisi fisik, mesin, atau kelengkapan surat-suratnya.

Satu mobil bekas yang masih banyak diburu hingga kini adalah Nissan X-Trail. Compact crossover sport utility vehicle (SUV) ini masuk ke dalam C-segment. Di Indonesia, Nissan X-Trail sudah dipasarkan selama tiga generasi sejak tahun 2001. Kehadiran Nissan X-Trail untuk menjawab persaingan Honda CR-V, Suzuki Grand Vitara, dan sekarang bersaing juga dengan Mazda CX-5.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harganya Menggiurkan, Ketahui Dulu Penyakit Umum yang Sering Menimpa Nissan X-Trail Bekas 01

Nissan X-Trail generasi terbaru yang saat ini belum masuk Indonesia

Mengenal Nissan X-Trail dari Generasi ke Generasi

Generasi pertama adalah Nissan X-Trail T30 yang dijual hingga tahun 2008. Pada 2009, Nissan X-Trail T31 yang merupakan generasi kedua resmi diluncurkan. Setelah itu, hadir Nissan X-Trail T32 pada tahun 2014 yang merupakan generasi ketiga.

Pada generasi ketiga, perubahannya cukup signifikan. Generasi pertama dan generasi kedua Nissan X-Trail hanya dapat menampung lima penumpang. Sedangkan pada generasi ketiga Nissan X-Trail, daya tampungnya sudah meningkat menjadi tujuh penumpang.

Baca juga : 5 Hal Penting dari Nissan X-Trail T30, SUV FWD Rp70 Jutaan yang Tangguh dan Nggak Rewelan

Harganya Menggiurkan, Ketahui Dulu Penyakit Umum yang Sering Menimpa Nissan X-Trail Bekas 02

Mesin Nissan X-Trail

Generasi pertama Nissan X-Trail T30 dibekali dua pilihan mesin 2.000 cc dengan kode QR20DE. Mesin tersebut dikombinasikan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan. Mesin diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 138 hp di 6.000 rpm dan torsi maksimalnya mencapai 192 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Pilihan mesin yang kedua berkapasitas 2.500 cc dengan kode QR25DE. Mesin tersebut dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis 4 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut mencapai 180 hp dengan torsi maksimal hingga 245 Nm.

Generasi pertama Nissan X-Trail juga masih berstatus Completely Built Up (CBU) alias diimpor secara utuh dari Jepang. Tapi, itu tidak bertahan lama, karena pada tahun 2003, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya menghadirkan Nissan X-Trail dengan status Completely Knock Down (CKD) alias dirakit di Indonesia.

Harganya Menggiurkan, Ketahui Dulu Penyakit Umum yang Sering Menimpa Nissan X-Trail Bekas 03

Mesin X-tail terkenal bertenaga dan cukup bisa diandalkan

Sedangkan pada generasi kedua, yakni Nissan X-Trail T31, kode mesinnya berubah menjadi MR20DE. SUV ini menggunakan mesin berkapasitas 2.000 cc yang dipadukan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan. Tenaga maksimal yang dihasilkan mesin tersebut mencapai 139 hp pada 5.200 rpm dan torsinya 198 Nm di 4.400 rpm. Sedangkan untuk mesin yang berkapasitas 2.500 cc, masih menggunakan kode yang sama dengan Nissan X-Trail T30, yakni QR25DE.

Pada generasi ketiga, tersedia tiga varian mesin, yakni mesin 2.000 cc dengan kode MR20DD, mesin 2.500 cc dengan kode QR25DE, dan ada juga varian hybrid. Untuk Nissan X-Trail hybrid, menggunakan mesin 2.000 cc berkode MR20DD dan dikawinkan dengan motor listrik RM31 dengan baterai lihtium ion 202 Volt.

Harganya Menggiurkan, Ketahui Dulu Penyakit Umum yang Sering Menimpa Nissan X-Trail Bekas 04

X-Trail yang saat ini masih dijual Nissan Indonesia

Pada tahun 2019, Nissan X-Trail sempat mengalami facelift. Tampilannya jadi lebih gagah dari segi eksterior dan untuk fiturnya pun juga semakin lengkap dan semakin canggih. Nissan menyematkan fitur around view monitor, intelligent cruise control, forward collision warning, dan lainnya.

Sekarang ini, Nissan X-Trail terbaru atau New X-Trail hanya tersedia satu tipe saja, yakni 2.5 VL. Mobil ini dipasarkan dengan harga Rp576 juta (on the road Jakarta). Tersedia lima pilihan warna, yaitu Storm White, Brilliant Silver, Deep Irish Grey, Black Star, dan Monarch Orange.

Baca juga : Harga Mirip, Nissan X-Trail T32 Bekas 2017 Lebih Oke Dari Toyota Raize 1.0 GR Sport?

Penyakit Umum Nissan X-Trail

Harganya Menggiurkan, Ketahui Dulu Penyakit Umum yang Sering Menimpa Nissan X-Trail Bekas 05

Nissan X-Trail tampak tangguh, tapi kaki-kakinya kerap bermasalah

Di pasar mobil bekas, Nissan X-Trail dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk generasi kedua, harga pasarannya masih ada di kisaran Rp100 jutaan. Menurut sebagian pemilik Nissan X-Trail dan juga bengkel spesialis Nissan, salah satu masalah Nissan X-Trail yang kerap muncul adalah bushing pada kaki-kaki yang pendek usianya.

1. Kaki-kaki Lemah

Hal tersebut dikarenakan desain kaki-kaki Nissan X-Trail dinilai lembah. Sebab, kaki-kakinya menggunakan model cross member. Sehingga, beban kerja komponen bushing akan lebih berat. Harga bushing cross member juga tidak murah, bisa mencapai Rp 1,5 jutaan jika hanya ganti karet bushing saja. Tapi, jika diganti satu set, biayanya bisa mencapai Rp 5 jutaan.

Masih di bagian kaki-kaki, masalah Nissan X-Trail lainnya yang cukup umum adalah keausan ban yang tidak merata. Ban bagian dalam dinilai lebih cepat aus. Banyak yang menilai hal tersebut karena karakter sokbrekernya. Jadi, mau diganti sokbrekernya pun akan tetap sama masalahnya.

2. Coil Cepat Aus

Selain masalah kaki-kaki, penyakit umum lainnya ada pada bagian selongsong coil. Komponen ini dinilai cepat aus, sehingga harus sering diganti. Gejala selongsong coil yang sudah mulai aus adalah getaran mesin yang tidak normal dan terasa pincang.

Biasanya, saat mobil menempuh jarak 70 ribu km hingga 80 ribu kilometer, coil sudah mulai mengalami kebocoran, khususnya pada bagian selongsong. Harga komponen ini dapat mencapai Rp150 ribu per buahnya. Tapi, untuk komponen yang orisinil, harus beli satu set, dan harganya mencapai Rp1 jutaan.

Harganya Menggiurkan, Ketahui Dulu Penyakit Umum yang Sering Menimpa Nissan X-Trail Bekas 06

Interior Nissan X-Trail

3. Jok penumpang ada masalah

Masalah berikutnya ada pada engsel jok di baris kedua. Komponen ini juga diyakini gampang lemah, sehingga menimbulkan suara aneh yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang.

Pada generasi ketiga Nissan X-Trail, banyak juga yang mengalami masalah pada motor dari Electric Power Steering (EPS). Beberapa pengguna Nissan X-Trail mengeluh setirnya seperti patah-patah saat berbelok. Hal tersebut diakibatkan motor EPS yang mengalami keausan. Kondisi harus segera diperbaiki, karena menyangkut keamanan dan kenyamanan berkendara.

Tapi tidak semua Nissan X-Trail bekas mengalami ketiga masalah itu. Semua tergantung perawatan si pemilik mobil sebelumnya. Jika pemilik rutin melakukan servis, maka bisa jadi kondisi mobil selalu dalam keadaan prima.

Baca juga : Kelebihan dan Kelemahan Nissan X-Trail T31, SUV Andalan Polisi dan Militer

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Nissan X Trail VL

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil