Honda CR-V Black Edition Tawarkan Eksterior dan Interior serba Hitam, Akan Muncul Juga di Indonesia?

Evan · 24 Agu, 2021 09:35

Honda CR-V Black Edition

Belum lama semenjak kehadiran CR-V facelift 2021, Honda Thailand secara resmi memperkenalkan varian baru dari CR-V yaitu Black Edition. Mengangkat tema hitam, Honda CR-V Black Edition memberikan tampilan yang cukup berebda baik eksterior maupun interiornya.

Sesuai namanya, nyaris tidak ada satu bagian pun di mobil ini yang luput dari ubahan bertema hitam. Tentunya hal tersebut  menjadikannya lebih spesial dari varian standar.

Khusus untuk varian ini ditawarkan dengan lima penumpang dan tidak ada opsi tujuh penumpang. Begitu juga dengan pilihan warna, hanya ada Crystal Black Pearl.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca Juga:Mobil Baru Itu Bernama Honda N7X Concept, SUV 7 Seater yang Lebih Besar dari BR-V

Eksterior Perpaduan Black Chrome dan Gloss Black

Honda CR-V Black Edition Tawarkan Eksterior dan Interior serba Hitam, Akan Muncul Juga di Indonesia? 01

Fascia depan paling banyak ubahan

Eksterior mobil ini terdapat banyak sekali ubahan kecil namun detail. Permainan warna antara dark chrome dan gloss black di sekeliling mobil membuatnya tampak lebih macho dan agresif.

Grill baru dengan warna dark chrome menghiasi fascia depan. Di bawahnya bumper depan dilabur gloss black menjadi pembeda bersama lower garnish berwarna dark chrome. Untuk memecah warna monoton pada mobil, Honda Thailand memberikan sedikit chrome tipis di bagian bawah dekat bumper. 

Velg Standar Juga Diganti

Honda CR-V Black Edition Tawarkan Eksterior dan Interior serba Hitam, Akan Muncul Juga di Indonesia? 02

Bagian samping juga serba hitam

Pada bagian samping, tema hitam tetap berlanjut dengan penggunaan spion berwarna black gloss. Hond ajuga menyertakan velg berdesain baru  dengan ukuran 17 inci. Motifnya cukup unik, palang lima berwarna hitam dengan garis-garis tipis yang terlihat seperti sayap.

Bagian roof rail juga diberi warna hitam, terlihat menyatu dengan mobil secara keseluruhan. Sama seperti di depan, Honda memberikan sedikit sentuhan krom tipis pada lis disekitar pintu dan cladding mobil.

Baca Juga:Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V 2021, Harga Naik Cuma Demi Honda Sensing?

Di Belakang Ada Emblem Black Edition

Honda CR-V Black Edition Tawarkan Eksterior dan Interior serba Hitam, Akan Muncul Juga di Indonesia? 03

Bagian belakang, paling sedikit ubahan

Di bagian buritan sayangnya tidak banyak perubahan seperti terlihat di depan maupun samping mobil. Pada varian Honda CR-V Black Edition ini hanya terlihat ada penggunaan emblem "Black Edition" di pintu bagasi dan add on bodykit berwarna gloss black yang menjadi ciri khas tersendiri.

Selain beberapa ubahan diatas, sisanya masih sama dengan versi standar. Seperti lampu rem dan sein led, running turn signal (khusus pasar Thailand) dan single muffler. Disini terlihat Honda tidak ingin terlalu banyak ubahan, mengingat bagian belakang mobil ini lebih mudah diterima daripada bagian depan.

Mesin Satu Pilihan Saja

Honda CR-V Black Edition Tawarkan Eksterior dan Interior serba Hitam, Akan Muncul Juga di Indonesia? 04

Mesin tidak ada perubahan

Urusan dapur pacu, varian Black Edition ini hanya ditawarkan dengan mesin 2.400 cc 4 silinder bertenaga 173 PS di 6.200 rpm dan torsi maksimum 224 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini menggunakan transmisi otomatis 9 percepatan shift by wire khas Honda modern. Transmisi ini kemudian menyalurkan tenaga ke dua roda depan (FWD). 

Agaknya membingungkan mengapa Honda tidak memasukkan opsi mesin lain, karena ada juga mesin diesel 1.600 cc 4 silinder turbo dengan 160 PS di 4000 rpm dan torsi yang cukup besar yaitu 350 Nm pada 2000 rpm. Sayangnya kedua mesin ini tidak ditawarkan di Indonesia, namun sangat ditunggu kehadirannya terutama mesin diesel 1.6 karena cocok dengan mayoritas pembeli SUV disini.

Interior Juga Serba Hitam

Honda CR-V Black Edition Tawarkan Eksterior dan Interior serba Hitam, Akan Muncul Juga di Indonesia? 05

Interior dapat banyak ubahan

Interior mobil ini tidak kalah mewah dengan penggunaan bahan kulit dan plafon hitam. Khusus pada bagian kursi, terdapat emboss Black Edition di headrest sebagai pembeda dengan varian standar. Corak woodpanel pada dashboard dan konsol juga dihilangkan, diganti black wood grain untuk menambah kesan spesial.

Fitur seperti Apple Carplay sekarang menjadi standar, dengan tetap mempertahankan fitur unggulan CR-V seperti digital speedometer, panoramic sunroof, wireless charger, dan AC Dual Zone. 

Fitur Safety Tetap Diperhatikan

Honda CR-V Black Edition Tawarkan Eksterior dan Interior serba Hitam, Akan Muncul Juga di Indonesia? 06

Honda Lane Watch juga tetap hadir

Fitur keselamatan Honda Sensing juga tetap disematkan pada mobil ini. Sebut saja ada Honda LaneWatch, CMBS, Adaptive Cruise Control dengan Low Speed Follow, Lane Keep Assist, Road Departure Mitigation dan Lane Departure Alarm.

Varian Black Edition ini dijual di Thailand dengan harga 1.467.000 Baht atau sekitar Rp634 Juta. Harganya terpaut sekitar 100.000 Baht atau sekitar Rp43 Juta lebih mahal dari CR-V varian standar.

Bagaimana dengan Indonesia?

Hingga saat ini belum ada rencana dari PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai APM Honda di Indonesia. Namun tidak ada salahnya juga menunggu kemungkinan mobil ini tiba di Indonesia tahun depan.

Baca Juga : Banyak Fitur Canggih, Honda City 2021 Jadi Sedan Kompak 'Mewah'?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda CRV 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru