Honda Mobilio Cuma Laku 1 Unit BR-V Lawas Malah Masih Laris, Tanda SUV Kini Lebih Digemari daripada MPV?

Prasetyo · 14 Okt, 2021 14:04

Honda Mobilio Cuma Laku 1 Unit BR-V Lawas Malah Masih Laris, Tanda SUV Kini Lebih Digemari daripada MPV? 01

Honda Mobilio dan Honda BR-V sebenarnya merupakan satu mobil yang saling berbagi platform. Tetapi kedua mobil ini masuk kategori yang berbeda. Mobilio diklasifikasikan sebagai LMPV 7 penumpang, sementara BR-V digolongkan sebagai LSUV tujuh penumpang.

Dan sepertinya kehadiran Honda BR-V 2022 benar-benar mencampakkan model Mobilio. Low MPV ini seakan kian hari semakin ditinggalkan.

Honda Mobilio 2021 -1

Apakah Honda Mobilio mulai ditinggalkan?

Ini terlihat dari catatan penjualan yang dilaporkan pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO). Dari dokumen yang kami terima itu, wholesales penjualan dari pabrik ke dealer) untuk Honda Mobilio terus alami kemerosotan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Disatu sisi, penjualan Honda BR-V malah masih cukup stabil. Bahkan sejak muncul Honda N7X Concept yang sudah dipercaya sebagai BR-V generasi berikutnya, penjualan BR-V lawas masih saja laris.

Baca juga : Menanti Generasi Baru Honda Mobilio: Apa yang Harus Disempurnakan dari Mobil Ini?

Penjualan Honda Mobilio di September 2021 Cuma Satu Unit

Honda Mobilio 2021 -2

Mobilio bulan lalu hanya terjual satu unit

Sungguh tragis nasib Honda Mobilio sepanjang tahun ini. Bagaimana tidak, sempat mencatatkan penjualan yang cukup signifikan di awal-awal tahun, di September 2021 Mobilio hanya terdistribusi satu unit.

Padahal pada empat bulan pertama tahun ini, penjualan Mobilio sanggup mencapai 1.609 unit. Kemudian di Juli lalu penjualannya juga tercatat 329 unit serta di Agustus 215 unit.

Penjualan Honda BR-V Lama Masih Tetap Stabil Walau Ada Model Barunya

Honda BR-V 2021 -1

BR-V 2021 masih banyak peminatnya

Kondisi yang berbeda malah terjadi pada Honda BR-V. Pesanan LSUV 7 seater ini ternyata masih terlihat stabil sejak awal tahun. Misalnya di September 2021, BR-V masih sanggup terdistribusi 236 unit. Sementara total penjualan BR-V periode Januari - September 2021 sudah mencapai 1.826 unit.

Semua unit ini merupakan BR-V 2021 bukan All New BR-V. Sebab untuk Honda BR-V 2022 baru akan didistribusikan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai Januari tahun depan.

Baca juga : Ingat Beli Honda BR-V 2022 Sekarang, Tak Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

Pesanan Honda BR-V 2022 Sudah 1.000 Unit

All New Honda BR-V 2022

BR-V terbaru baru tersedia tahun depan

Meskipun belum didistribusikan namun ternyata Honda BR-V 2022 sudah menggaet banyak peminat. Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM menuturkan, jumlah pemesanan All New BR-V ini sudah hampir menyentuh 1.000 unit.

"Sejak diluncurkan 21 September 2021, sudah lebih dari 900 booking yang masuk," kata dia. Catatan ini bahkan baru sampai 6 Oktober 2021, sehingga bisa saja saat ini jumlah pemesanannya terus bertambah. Padahal HPM belum mengumumkan harga resmi dari All New Honda BR-V.

Spesifikasi dan Varian Tipe All New Honda BR-V

Honda BR-V 2022 Interior

BR-V sudah dibekali Honda Sensing

Honda BR-V 2022 mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Untuk tipe tertinggi yakni Prestige with Honda Sensing, All New BR-V sudah dibekali juga dengan Honda Sensing.

Karenanya, mobil ini juga sudah dibekali fitur Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto-High Beam.

Varian tipe Honda BR-V 2022:

  • Tipe S M/T
  • Tipe E M/T
  • Tipe E CVT
  • Tipe Prestige CVT
  • Tipe Prestige with Honda Sensing

Baca juga: Pilih Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing Apa Toyota Rush GR Sport yang Lebih Bandel?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Mobilio S MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru