HPM Luncurkan Honda CR-V 2021 Facelift, Harga Naik Rp20 Jutaan plus Honda SENSING

Enda · 18 Feb 2021 18:15

Honda CR-V 2021 facelift diperkenalkan di Indonesia (18/2)

Versi teranyar SUV jenama Jepang, Honda CR-V 2021 pada akhirnya resmi diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek mobil Honda di Tanah Air pada Kamis (18/2). Sempat menjadi buah bibir beberapa hari terakhir, Honda CR-V 2021 facelift ini hadir dengan tampilan yang terlihat lebih sporty dan atraktif.

“Honda CR-V merupakan salah satu model SUV dengan penjualan tertinggi dan terlama di Indonesia, kini semakin memberikan nilai lebih dengan berbagai teknologi canggih yang membuatnya semakin aman dan nyaman untuk dikendarai. Ditambah dengan tampilan yang semakin premium, dan mengsung tagline “Advancing Greatness” kami percaya bahwa New Honda CR-V akan memenuhi kebutuhan konsumen SUV sesuai dengan gaya hidup modern yang semakin aktif dan dinamis.” ujar Yusak Billy, selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Perubahan Eksterior Honda CR-V 2021 Facelift

Seperti yang bisa dilihat, New Honda CR-V 2021 mendapat ubahan yang terbilang minor chance. New Front Bumper Design dengan tambahan list krom memanjang serta New Black Front Grille. Tampilan depan New Honda CR-V juga ditandai dengan New Sequential LED Turning Signal.

New bumper Honda CR-V 2021 facelift

Sementara dibelakangnya, New Honda CR-V 2021 mendapat New Rear Bumper lebih berotot, New Rear Smoked Tail Light, Dual Chrome Exhaust Pipe with New Finisher Design serta velg berukuran 18 inci dengan desain baru yang terlihat kekar.

Honda CR-V 2021 kini dengan Honda SENSING

Honda SENSING di Honda CR-V 2021 facelift

Sama seperti Honda CR-V 2021 facelift yang lebih dulu meluncur dibeberapa negara tetangga, Honda CR-V 2021 di Indonesia sudah menganut teknologi Honda SENSING.

Fitur yang tergabung di Honda SENSING ini antara lain Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

“Perlu diketahui, fitur Honda SENSING ini hanya terdapat pada varian teratas CR-V, yaitu New Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo. Untuk tipe seperti 1.5L Turbo biasa, sama CR-V 2.0L belum menganut teknologi ini,” tambahnya.

Selain Honda SENSING, New Honda CR-V juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan berstandar tertinggi, seperti 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal.

Hand-Free Access Power Tailgate di New Honda CR-V 2021

Sebagai informasi, New Honda CR-V 2021 ini juga mendapatkan beberapa fitur unggulan. Dengan adanya Hand-Free Access Power Tailgate, pengguna bisa dengan mudah membuka pintu bagasi hanya dengan menggoyangkan kaki pada sensor akses di bawah bumper belakang dan menutupnya hanya dengan menekan tombol di bagian bawah pintu.

Selain itu, Honda CR-V facelift juga berhasil disematkan Rain Sensing Windshield Wiper yang dapat menyeka kaca secara otomatis ketika turun hujan. SUV terbaru buatan Honda ini juga dilengkapi dengan New Remote Engine Start yang dapat memudahkan pengguna untuk menyalakan mesin dan AC, hanya dengan menekan tombol pintar pada remote kunci sebelum masuk ke dalam mobil.

Soal informasi keselamatan, Honda juga menanamkan Driver Attention Monitor yang bisa memberikan peringatan terhadap pengemudi jika konsentrasi berkendara menurun. Apabila roda kemudi cenderung miring ke kiri atau ke kanan secara terus menerus, yang menandakan faktor kelelahan mengemudi maka peringatan di monitor akan muncul untuk meminta pengemudi segera menepikan kendaraannya.

New 7” Touchscreen Display Audio Honda CR-V 2021 facelift

Bicara fitur hiburan, SUV flagship Honda ini berhasil disematkan dengan New 7” Touchscreen Display Audio yang telah dilengkapi berbagai fungsi seperti AM/FM radio, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI port, Smartphone connectivity, AUX input dan USB port termasuk Smartphone Connection. Selain itu, sistem audionya telah didukung fitur Hans Free Telephone, sehingga dapat melakukan panggilan telepon melalui layar audio.

Honda CR-V facelift ini juga mendapatkan layar TFT Meter baru berkuruan 5 inci yang dapat memberikan informasi mengenai tingkat kecepatan, jarak, waktu tempuh dan lainnya.

Mesin Honda CR-V 2021 facelift tetap dipertahankan

Mesin 1.5L Turbo Honda CR-V 2021 facelift

Diketahui, New Honda CR-V 2021 dihadirkan dalam dua varian mesin, 1.5L turbo dan 2.0L Naturally Aspirated. Secara data di atas kertas, mesin 1.5L turbo memiliki spesifikasi 1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW Direct Injection berkubikasi 1498 cc yang dapat merilis tenaga 190PS @5.600 Rpm serta torsi 240Nm @2.000 - 5.000 Rpm.

Sedangkan varian 2.0L mempunyai jantung pacu 2.0L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW PGM-FI berkapasitas 1997 cc dengan tenaga 155PS @6.500 Rpm di angka torsi 189Nm @4.300 Rpm.

Diketahui kedua jantung mekanik yang digunakan pada New Honda CR-V 2021 ini masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya.

Harga Honda CR-V 2021 facelift lebih mahal Rp20 Jutaan 

Sebagaimana yang diinformasikan, Honda CR-V 2021 facelift ini dibandrol dengan harga lebih mahal sekitar Rp20 jutaan dari sebelumnya. Hal ini wajar, mengingat Honda CR-V terbaru ini hadir dengan tampilan lebih segar dan mendapatkan fitur unggulan yang lebih lengkap.

Harga New Honda CR-V 2021 OTR Jakarta
Tipe Harga
New Honda CR-V 2.0L Rp489,000,000
New Honda CR-V 1.5L Turbo Rp522,500,000
New Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige Rp577,000,000

Di pasar medium SUV ini, Honda CR-V 2021 Facelift masih akan berhadapan dengan Nissan X-Trail, Mazda CX-5, dan SUV jenama asal China, Wuling Almaz RS 2021 yang akan meluncur dengan fitur unggulannya WISE.

Komentar