Menerka Honda N7X Concept Calon All New BR-V, Siapa Saja Lawannya?

Prasetyo · 3 Mei, 2021 21:00

Menerka Honda N7X Concept Calon All New BR-V, Siapa Saja Lawannya? 01

PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah melakukan World Premiere untuk Honda N7X Concept. Takehiro Watanabe, President Director HPM menegaskan, jika mobil ini merupakan hasil riset dan pengembangan untuk memfasilitas kebutuhan serta kemauan konsumen Honda di Indonesia.

"N7X adalah konsep kami tentang bagaimana seharusnya sebuah mobil 7-seater, yang tidak hanya menawarkan performa berkendara yang menyenangkan tetapi juga ketenangan dan kenyaman sebuah mobil premium untuk seluruh penumpangnya," ucap Takehiro, Senin (03/05/2021).

Dirinya juga mengungkpkan alasan mengapa Honda N7X Concept mendebut di Indonesia. "Kenapa dari Indonesia? Karena mobil konsep yang kami tunjukkan ini memang diciptakan untuk Anda konsumen di Indonesia," jelas dia.

Honda N7X Concept Menjawab Kebutuhan Konsumen di Indonesia

Honda N7X Concept

Takehiro Watanabe, Presdir HPM

Baca juga: Tanpa Mesin Turbo, Honda HR-V 2022 Mulai Dijual di Jepang, Harganya Lebih Murah Dari Perkiraan!

Lebih lanjut, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing HPM menjelaskan, konsep N7X dirancang dan dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., berdasarkan studi ekstensif dari konsumen di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

"N7X artinya New 7 Seater eXcitement, sebuah mobil 7 penumpang dengan pengalaman berkendara luar biasa, yang memadukan antara kenyamanan premium dengan ketangguhan dan gaya SUV," ucap Yusak.

"Mobil ini sudah dilakukan riset yang panjang dan mendalam tentang apa yang masyarakat Indonesia harapkan dari sebuah mobil. Karena ternyata bagi sebagian besar orang Indonesia, mobil dianggap rumah kedua untuk berpergian dan meluangkan waktu bersama teman dan keluarga. Jadi mobil di kategori ini harus nyaman, fun to drive, dan membanggakan bagi pemiliknya," tambah Yusak.

Diriset Lebih dari 4 Tahun

Honda N7X Concept

N7X tampak belakang

Kemudian Yusak juga menjelaskan, mobil konsep ini mengadopsi berbagai keunggulan dari Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV). Bukan hanya menawarkan performa berkendara yang menyenangkan khas Honda, N7X Concept juga memadukan kenyamanan premium dan kelapangan khas dari MPV dengan ketangguhan dan gaya sebuah SUV.

Untuk menciptakan Honda N7X Concept, HPM berserta tim R&D Honda Asia Pasific melakukan riset yang cukup panjang juga kepada konsumen di Indonesia. "Kita dengar juga masukan dari berbagai pihak. Kita analisis, kita studi dan lakukan perbaikan untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dari model pendahulunya," kata dia.

Masukan-masukan yang diterima pihak Honda itu diambil antara lain dari para komunitas Low MPV dan Low SUV. Mereka antara lain ditanyakan seperti apa mobil yang dinginkan. "Sejak Mobilio 5 tahun lalu, dan BRV 4 tahun lalu, sejak itu juga kita sudah riset apa yang mereka inginkan untuk produk yang lebih baik. Jadi kalau ditanya studinya berapa tahun, ya sejak dua mobil itu keluar sekitar 4-5 tahun," sebut Yusak.

Baca juga: Jarang Dilirik, Ini Keistimewaan Honda BR-V yang Wajib Kalian Ketahui

Generasi Honda BR-V Berikutnya atau Jadi Honda HR-V 7 Seater?

Honda N7X Concept

Desainnya mirip rendering HR-V yang beredar tahun lalu

Sejak awal teaser yang disebar Honda, kami memang sudah memperkirakan jika mobil ini akan berjenis SUV. Mengingat karakter kedua fendernya cukup kekar. Dan meskipun Yusak tidak dengan tegas menyebut jika Honda N7X Concept adalah penerus BR-V, namun ia mengakui jika dimensi mobil ini lebih besar dari BR-V.

"Sebagai sebuah mobil konsep, bisa saya bilang saat ini N7X tidak mengacu pada model tertentu yang sudah ada. Tapi kalau kita bandingkan dengan Mobilio dan BR-V maka mobil ini lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tinggi," katanya.

Menariknya, jika Anda pernah mengingat akan sebuah rendering yang beredar sekitar Oktober 2020. Saat itu, rendering tersebut dipercaya sebagai generasi HR-V berikutnya. Namun coba perhatikan bagaimana facia depan gambar render itu begitu mirip dengan paras N7X. Begitu juga dengan desain bagian belakang yang punya kemiripan.

Tapi jika melihat garis desain bodi bagian samping serta lengkung atapnya, maka jelas sekali jika N7X identik dengan BR-V. Sehingga sangat besar kemungkinan kalau ini adalah calon All New BR-V.

Seperti Apa Teknologinya?

Honda N7X Concept

Mesin 1.5L i-VTEC sepertinya akan tetap digunakan

Kita asumsikan mobil ini benar-benar All New BR-V, maka akan seperti apa potensi dari N7X. Secara dimensi misalnya, jika BR-V saat ini punya panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm, maka berdasarkan keterangan Yusak jika N7X akan diposisikan di segmen Low SUV tapi lebih besar dari Mobilio dan BR-V, maka dimensi versi produksi N7X tidak akan jauh dari BR-V. Kemungkinan panjangnya sekitar 4.470 mm, lebarnya berkisar 1.750 mm, dan tinggi di kisaran 1.700 mm.

Kemudian untuk mesinnya, sangat mungkin Honda masih tetap mempertahankan mesin 1.5L i-VTEC DOHC dengan Drive By Wire. Mesin yang juga dipasang pada BR-V itu bahkan masih dipasang juga di HR-V terbaru. Jadi rasanya, N7X juga bakal jejalkan mesin yang serupa. Mesin ini lantas akan dikombinasikan transmisi 5 percepatan manual atau otomatis CVT.

Sedangkan untuk fitur keselamatannya, struktur rangka G-CON + ACE with Side Impact Beam, ABS + EBD, Vehicle Start Assist (VSA), dan Hill Start Assist (HSA), kami yakin akan menjadi fitur standar yang tersedia di seluruh varian N7X versi produksi nantinya.

Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7 Harus Waspada

Honda N7X Concept rival

Suzuki XL7 dan Xpander Cross

Sejak awal, Honda BR-V memang bersinggungan dengan kompetitor lain di kelas Low SUV, antara lain Mitsubishi Xpander Cross serta Suzuki XL7. Jadi dengan hadirnya N7X yang bakal menjadi generasi terbaru BR-V Xpander Cross dan XL7 harus waspada. Bahkan ada kemungkinan Mitsubishi dan Suzuki juga akan memoles Xpander Cross atau XL7.

Benarkah prediksi-prediksi ini? Kita tunggu saja pengumuman lebih detilnya dari Honda di GIIAS 2021 yang bakal berlangsung sekitar Agustus mendatang.

Baca juga: Jangan Bingung, Ini Perbedaan Crossover dan SUV yang Bisa Kita Pahami Dengan Mudah

Komentar

Mobil Terbaru