window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Konsumsi BBM Daihatsu Terios Lama dan Baru, Mana yang Lebih Irit?

Nussa · 17 Nov, 2023 15:03

Perbandingan Konsumsi BBM Daihatsu Terios Lama dan Baru, Mana yang Lebih Irit? 01

Konsumsi BBM Daihatsu Terios lama dianggap lebih boros daripada Terios baru lantaran teknologinya belum selengkap sekarang, benarkah?

Daihatsu Terios merupakan satu model Sport Utility Vehicle (SUV) yang banyak diminati konsumen di Indonesia.

Daihatsu memang memiliki sejarah yang cukup kuat dengan SUV hingga akhirnya produknya banyak dipercaya oleh para pencinta roda empat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebelum kehadiran Terios di pasaran, Daihatsu pernah mengeluarkan pendahulunya yang tak kalah laris, yakni Daihatsu Taft.

Mobil tersebut banyak dibilang sebagai versi mungil dari Toyota FJ40, namun Taft pun harus mengakhiri kiprahnya.

daihatsu taruna

Daihatsu Taruna sebelum kemunculan Terios

Setelah Taft disuntik mati, Daihatsu Taruna muncul ke pasaran dan juga meraup sukses menarik hati para konsumen.

Setelah Taruna juga dipensiunkan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya resmi meluncurkan Terios di Desember 2006.

Model ini jadi produk kolaborasi kedua antara Daihatsu dengan Toyota setelah Xenia dan Avaza.

Meluncur bersamaan dengan Toyota Rush, meski secara angka penjualan kalah, tapi Terios tetap tidak kalah pamor.

Kehadirannya memberikan pilihan baru bagi konsumen di Indonesia, meski platform yang digunakan bisa dibilang sama, harga yang ditawarkan pada Daihatsu Terios lebih terjangkau dari Toyota Rush.

Baca juga: Harga Bekas Daihatsu Terios Konde Cenderung Stabil, Apa Rahasianya?

Daihatsu Lakukan Banyak Perombakan di Terios Baru

daihatsu terios 2023

New Terios 2023

Sejak meluncur di Indonesia hingga saat ini, sudah banyak perubahan dan peningkatan yang dilakukan Daihatsu pada Terios.

Terbaru yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada Juni 2023 dengan membawa cukup banyak perubahan pada Terios tak hanya pada eksteriornya saja, tapi juga interior.

New Terios 2023 ini sendiri sebenarnya adalah versi facelift dari Terios generasi kedua yang sudah terjual sejak tahun 2018.

Pada sisi eksterior, Terios baru ini hadir dengan desain fascia depan yang lebih sporty dan adventure, meliputi bumper baru, grille baru, smoke headlamp, dan illuminating lamp. 

daihatsu terios 2023

Terios R Custom 2023

Dengan penyematan desain aero kit pada bagian bumper depan-belakang, ditambah side stone guard, serta side body molding pada bagian bodi samping yang terdapat khusus pada varian tertinggi (R Custom), membuat New Terios juga tampil lebih sporty.

New Terios juga dibekali New Design Alloy Wheel dengan roda berdiameter mulai dari 16–17 inch, membuat terlihat semakin gagah, dalam melewati berbagai kondisi jalan.

Baca juga : Bapaknya Terios, Ini 5 Kekurangan Daihatsu Taruna yang Bikin Gagal Dilirik

Interior Daihatsu Terios Baru Semakin Mewah dan Nyaman

daihatsu terios 2023

Interiornya kombinasi hitam dan silver

Untuk tampilan interior, hal baru memang terasa di beberapa bagian, seperti kabin didominasi tema hitam dipadukan aksen merah, sehingga terkesan lebih sporty. 

Selain itu, pada bagian jok dikombinasikan dengan balutan kulit (type R Custome), sehingga bagian dalam ini jadi semakin berbeda dengan model sebelumnya. 

Bagian interior mobil ini juga telah dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inch, yang terkoneksi dengan smartphone, serta Android Auto dan Apple Car Play. 

Mobil ini juga menyesuaikan kebutuhan konsumen yang kekinian, dengan hadirnya fitur wireless charger yang terdapat pada console box. 

daihatsu terios 2023

Fitur wireless charging yang ada di varian R Custom

Daihatsu Terios baru yang varian R Custom, juga sudah dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan lebih lengkap dari Terios lama.

Diantaranya dijejali 6 SRS Airbag pada sisi bagian depan dan samping, sehingga dapat melindungi seluruh penumpang dalam mobil pada varian tertingginya. 

Selain itu, mobil ini tetap mempertahankan beberapa fitur lainnya, seperti Around View Monitor yang dapat menampilkan visibilitas 360 sudut kendaraan, sehingga memudahkan pengendara ketika bermanuver mundur, melewati jalan sempit, serta kondisi berkendara lainnya.

daihatsu terios 2023

Terios 2023 kini punya 6 airbags

Ditambah fitur terkini Vehicle Stability Control (VSC) yang dapat mencegah over steer dan under steer saat menikung.

Ada pula Hill Start Assist (HSA) untuk mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan.

Tak lupa fitur ABS (Anti-Lock Brake System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk memaksimalkan performa pengereman agar lebih aman.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi Daihatsu Terios 2023 yang Membuat Toyota Rush Terasa Kemahalan

Daihatsu Terios 2023 Pakai Mesin Baru

daihatsu terios 2023

Mesin New Terios 2023

Di sektor mesin, Daihatsu Terios 2023 menggunakan mesin 2NR-VE Euro IV, DOHC, Dual VVT-i, berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder.

Dengan mesin tersebut tenaga yang disemburkan mencapai 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm yang kemudian diatur menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan atau manual 5 percepatan sebelum ditranslasi ke penggerak roda belakang (RWD). 

New Terios 2023 juga memiliki fitur Eco Idle yang sebenarnya sudah ada sejak model pendahulunya.

Fitur ini memungkinkan sistem mematikan kinerja mesin secara otomatis selama beberapa detik pada saat pedal rem diinjak dan tuas transmisi ada di posisi Netral (N).

Tujuannya adalah menekan konsumsi BBM pada mesin ketika kendaraan ini digunakan pada rute yang kerap diwarnai kemacetan.

Baca juga : Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah?

Konsumsi BBM Daihatsu Terios Lama Lebih Boros?

Perbandingan Konsumsi BBM Daihatsu Terios Lama dan Baru, Mana yang Lebih Irit? 08

Mesin Daihatsu Terios lama

Sementara itu mesin Daihatsu Terios lama berkode 3SZ-VE 1.495 cc DOHC 16 Valve VVT-i bertenaga 109 hp pada 5.500 rpm dan torsinya 145 Nm di 4.000 rpm.

Mesin New Terios 2023 memang memiliki tenaga yang lebih rendah dibandingkan dengan mesin Terios generasi pertama, selisih tenaganya bisa sampai 5 PS dan selisih torsinya lebih rendah 9 Nm.

Tapi, sisi positifnya adalah konsumsi BBM yang dihasilkan jadi lebih baik.

Daihatsu Indonesia mengklaim bahwa konsumsi BBM Daihatsu Terios 2023 20 persen lebih irit dibanding Terios generasi pertama, tapi dengan catatan kecepatan yang digunakan konstan sekitar 40-60 kilometer per jam.

Beberapa media nasional yang melakukan tes menyebutkan bahwa konsumsi BBM Daihatsu Terios lama tanpa fitur Eco Idle dapat mencapai kisaran 11 kilometer per liter hingga 12 kilometer per liter, dengan rute perjalanan di dalam kota dan gaya berkendara normal atau tanpa teknik eco driving.

Tentunya, ada banyak faktor yang dapat menentukan konsumsi BBM, mulai dari beban yang dibawa, tekanan udara pada ban, gaya berkendara, kondisi lalu lintas, bahan bakar yang digunakan, kondisi cuaca, dan lainnya.

Baca juga: Beda Gak Sampai Rp2 Juta, Mending Pilih Suzuki XL7 Hybrid Alpha Vs Daihatsu Terios R Custom?

daihatsu terios 2023

Tombol eco Idle (A) yang bisa diaktifkan dan non aktifkan

Sedangkan pada Daihatsu Terios terbaru yang sudah dilengkapi dengan fitur Eco Idle, konsumsi BBM-nya diklaim lebih efisien hingga 10 persen dari yang belum ada fitur ini.

Sehingga, jika Terios non ISS konsumsi BBM-nya mencapai 12 km per liter, konsumsi BBM Terios 2023 bisa mencapai 13,2 km per liter.

Secara konsumsi, Terios baru dengan fitur Eco Idle memang lebih irit, tapi, perlu diketahui bahwa aki yang digunakan pada mobil dengan teknologi tersebut berbeda dengan aki yang digunakan pada Terios tanpa ISS. Aki khusus fitur ISS lebih mahal harganya. Sehingga, perlu diperhitungkan juga untuk biaya perawatan atau perbaikan.

Berikut ini daftar harga Daihatsu Terios terbaru per November 2023 :

  • Terios X MT: Rp 236.050.000 (OTR Jakarta)
  • Terios X AT: Rp 246.450.000 (OTR Jakarta)
  • Terios X MT ADS: Rp 248.000.000 (OTR Jakarta)
  • Terios X AT ADS: Rp 258.400.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R MT: Rp 269.950.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R AT:  Rp 280.450.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R MT ADS: Rp 279.950.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R AT ADS: Rp 290.450.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R MT Custom: Rp 292.750.000 (OTR Jakarta)
  • Terios R AT Custom: Rp 303.250.000 (OTR Jakarta)

Baca juga : Konsumsi BBM Daihatsu Terios Setelah Pakai Fitur Idle Stop Benar Lebih Irit?

@autofun.indonesia Hal-hal yang bikin Terios laris terus! Pengen tau cicilan dan review generasi terbarunya? Cek di akun @SEVA aja! #reviewmobil #terios #cicilanmobil #jelasdariawal ♬ Bad saxophone instrumental music - OSAMU IRIE

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil