Perbandingan Konsumsi BBM, Honda Mobilio Kalahkan Mitsubishi Xpander

Yongki Sanjaya · 26 Okt, 2020 16:00

Konsumsi bahan bakar seringkali menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih mobil. Di Indonesia sudah banyak mobil keluarga yang diklaim irit bahan bakar, salah satunya Mobilio.

All New Mobilio pertama kali melakukan debutnya di Indonesia pada tahun 2014 lalu. Tersedia lima varian Honda Mobilio di Indonesia, yaitu mobil Honda Mobilio S M/T, Honda Mobilio E M/T, Honda Mobilio E CVT, Honda Mobilio RS M/T, Honda Mobilio RS CVT. Harga Honda Mobilio baru dibanderol dengan kisaran Rp203,4 jutaan hingga Rp259 jutaan.

Persaingan pasar LMPV makin seru dengan hadirnya Mitsubishi Xpander yang diperkenalkan pada 24 Juli 2017, dan langsung memberi dimensi lain pada segmen mobil sejuta umat ini. 

Bisa dibilang sebagai ‘Giant Killer’, kehadiran Mitsubishi Xpander langsung berdampak pada penjualan MPV kompak yang sebelumnya hanya dikuasai Toyota Avanza. Xpander bisa menempel ketat mobil keluarga terlaris setelah Avanza. 

Berbekal model yang sangat futuristik, Mitsubishi Xpander langsung diterima pasar dan laku keras. Bagaimana tidak, tercatat pada 2019, penjualan mobil ini sudah menyentuh angka 100.000 unit.

Lantas, bagaimana soal perbandingan konsumsi bahan bakar keduanya? Siapa yang lebih irit antara Mobilio dan Xpander? 

Konsumsi Bahan Bakar Honda Mobilio 

Baik Mitsubishi Xpander terbaru maupun Honda Mobilio, keduanya memiliki mesin dengan kapasitas 1,5 liter. Kedua mobil ini pun menggunakan mesin yang sama pada setiap variannya, tetapi menggunakan sistem transmisi yang berbeda-beda. 

Bicara dapur pacu, New Honda Mobilio terbaru didukung mesin 1.496 cc 4 silinder segaris dan 16 katup dengan teknologi mesin i-VTEC. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 118 PS pada putaran mesin 6,000 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada putaran mesin 4,600 rpm. 

New Honda Mobilio tersedia dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan CVT yang berteknologi Earth Dreams Technology yang menyuguhkan teknologi terbaik dari sisi performa yang bagus serta konsumsi bahan bakar yang baik. 

Berdasarkan tes pengujian yang dilakukan media di Indonesia, New Honda Mobilio 2020 bisa menghasilkan 22,8 km/liter dengan penggunaan di jalanan perkotaan. Adapun rekor kemampuan New Honda Mobilio 2020 bisa dicapai hingga 28 km/liter ketika pengetesan di jalanan tol. Impresif untuk mobil yang masuk ke dalam segmen low MPV ini.

Seberapa Irit Mitsubishi Xpander?

Mitsubishi Xpander menggunakan mesin inline-4 berkapasitas 1.499 cc dengan kode 4A91 dengan teknologi pengaturan katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control). Tenaga yang dihasilkan berkisar 103 HP yang didapat di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 141 Nm yang didapat di 4.000 rpm. 

Karakter tenaga Xpander cukup responsif sejak putaran bawah. Dengan perpindahan gigi yang terasa lembut, tidak ada yang namanya hentakan khas mobil otomatis terjadi di sini.

Dalam kondisi normal, Mitsubishi Xpander cuma bisa mencapai angka 12 km/liter di rute dalam kota. Sedangkan untuk rute luar kota, Xpander bisa mencapai angka 19,8 km/liter. Gaya mengemudi yang sangat mengutamakan prinsip eco driving tentunya membuat mesin tidak bekerja berat dan minum bensin lebih sedikit. 

Konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander juga termasuk efisien, kami mencoba di jalanan perkotaan dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, hasilnya 12 km/l tercatat di MID. Sedangkan untuk perjalanan luar kota dengan kecepatan konstan 80 km/jam, konsumsi bensin bahkan mampu menyentuh 20,2 km/l. Angka yang sangat impresif untuk sebuah LMPV.

Kesimpulan 

Melihat spesifikasi mesin, tenaga, dan konsumsi bahan bakar, maka Honda Mobilio terbukti paling irit. Mobilio juga memiliki tenaga lebih besar dari Mitsubishi Xpander sekalipun mesinnya sama-sama 1.5 liter.

Ternyata, klaim irit yang disematkan pada Mitsubishi Xpander masih bisa dikalahkan oleh merek lain. Memang, Honda adalah pabrikan spesialis mesin irit tapi bertenaga besar.

Sayangnya, mesin irit di Mobilio tidak membuatnya semakin laris. Bahkan, Mitsubishi Xpander yang notabene pendatang baru sukses menyalip banyak merek dan sempat menjadi mobil keluarga terlaris, sampai akhirnya direbut kembali oleh Toyota Avanza.

Masalah desain dan built quality menjadi isu utama pada Honda Mobilio. Secara umum, Honda Mobilio belum mengalami perubahan desain secara menyeluruh sejak 2014. Desainnya sudah ketinggalan zaman, karena berbentuk MPV yang ceper.

Sebaliknya, Mitsubishi Xpander dengan desain gagah dan tinggi berhasil memikat masyarakat. Konsumen masih memberikan toleransi konsumsi bahan bakar di mobil ini yang dianggap irit. Urusan desain pun tetap menjadi poin utama dalam membeli mobil. 

Komentar