window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru

Rezky Yusuf · 25 Des, 2019 14:59

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 01

Dalam hal keserbagunaan dan nilai uang, generasi pertama mendapatkan Suzuki Ertiga awal yang baik ketika diluncurkan pada tahun 2012. Namun, selama bertahun-tahun, penjualannya menurun karena perubahan preferensi pembeli terhadap segmen lain seperti sedan kompak, hatchback premium, dan SUV. 

Meskipun demikian, mobil tujuh kursi ini bertahan dengan penjualan yang stabil (kontributor utama adalah pasar taksi), dan bahkan menjelang akhir siklus hidupnya yang cukup baik. 

Tapi sekarang, ada Ertiga generasi baru, dan jika kesan pertama itu memang ada, yang ini jauh lebih bagus dan adalah paket yang jauh lebih baik daripada yang sebelumnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 01

Dibangun pada platform baru, Ertiga generasi kedua lebih besar di semua dimensi, sehingga lebih luas dari sebelumnya. Dilengkapi dengan satu mesin, Suzuki Ertiga juga mendapat halogen proyektor tetapi tidak ada lampu dengan LED atau DRl.

Harga Ertiga bensin sangat agresif pada Rp 201-246 juta untuk manual dan Rp 230-256 juta untuk autmatic. Dan pada harga ini di pasar MPV yang lumayan sepi, dia tidak memiliki pesaing langsung. Jadi ini adalah penawaran yang lumayan bagus, tapi apa yang berubah dari model generasi pertama? Kami melakukan uji coba untuk mencari tahu.

Eksterior Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 02

Ertiga generasi ini didasarkan pada arsitektur Heartect. Meski bobotnya lebih ringan, strukturnya lebih kuat dari sebelumnya untuk memenuhi norma tabrakan yang mulai berlaku Oktober ini. Mobil ini juga menawarkan rigiditas torsional yang lebih baik, yang memiliki dampak positif pada pemurnian dan dinamika. Dan meskipun mobil ini lebih besar dari pendahulunya (dengan panjang 130mm, lebar 40mm, dan tinggi 5mm), bobot secara keseluruhan telah turun 20kg pada seluruh varian. Dengan 2.740mm, wheelbase tetap identik dengan mobil lama, sementara track depan dan belakang telah bertambah 30mm.

Ertiga baru memiliki identitas tersendiri. Grille bertabur krom terlihat cantik dan memberikan kesan pertama yang baik, sementara kap mesin lebih rapi dan telah mendapatkan tambahan garis-garis yang lebih tajam. Profil samping juga menawarkan garis pinggang yang lebih menonjol tetapi lengkungan roda tidak menonjol seperti sebelumnya dan roda multi-spoke 15-inci terlihat agak biasa.

Profil sampingnya juga menampilkan elemen desain yang sekarang umum di perkotaan. Dimana garis jendela menyatu dengan kaca depan belakang, menghasilkan kesan seperti atap yang mengambang. Bagian belakang Ertiga agak menarik, dengan lampu ekor 'berbentuk L' yang mirip dengan para pesaingnya..

Interior Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 03

Interior Ertiga baru yang lama fungsional dan agak membosankan, tetapi yang baru melakukan lompatan besar dalam hal desain dan kualitas. Ada ventilasi udara mirip Audi di sepanjang dasbor, bersama dengan trim kayu buatan - keduanya terasa seperti imitasi - tetapi entah bagaimana tampaknya meningkatkan rasa kelas atas kabin ini. Bahkan layar sentuh yang berdiri bebas dan kemudi flat-bottom berpadu apik dengan elemen desain lainnya. Plastik di kabin keras tetapi kualitasnya secara keseluruhan adalah peningkatan besar. Kursi depan besar sangat nyaman. Bantalan kursi pas.

Ertiga baru yang baru sangat bersahabat dalam hal ingress-egress, dengan posisi tinggi dan pintu terbuka lebar, sehingga penumpang dapat dengan mudah masuk ke dalam mobil, tanpa perlu berjongkok atau memanjat masuk. Kursi depan luas, mendukung dan bantalan pas. Bahkan posisi duduknya sangat mirip mobil, meskipun mobilnya tinggi, sehingga pengemudi dapat melihat jalan di depan karena posisi duduk yang tinggi dan hamparan kaca yang luas di sekelilingnya.

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 04

Area penyimpanan sangat banyak, dan ventilasi udara di tempat gelas depan cukup unik - saluran ini mengalirkan udara dingin dari AC langsung ke minuman yang ditempatkan di sini. Namun, beberapa area seperti glovebox dan konsol sandaran tangan agak terlalu kecil.

Orang yang duduk di tengah dapat menikmati pemandangan di luar melalui jendela besar, yang juga memenuhi kabin dengan cahaya. Namun, sun-blind (seperti di Marazzo) akan menjadi tambahan yang bagus. Kursi sangat nyaman dan mendukung, dan ruang di sini sangat luas dengan kursi yang tergeser ke belakang. Ruang kepala juga tidak menjadi masalah dan kursi bersandar pada sudut yang sangat nyaman dengan rasio 40:60.

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 05

Penumpang ketiga akan cukup nyaman sekarang berkat lantai yang hampir datar dan ruang bahu yang sedikit lebih banyak, yang merupakan hasil dari dimensi mobil yang lebih luas. Agar penumpang yang duduk di sini tetap merasa sejuk, ada blower di atap; dan ada juga soket daya 12V di setiap baris, namun sebaiknya ada slot pengisian USB yang lebih modern.

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 06

Memasuki ke baris ketiga tidak semudah di dua baris lainnya, karena kursi baris tengah (sisi trotoar) bisa bergeser ke depan dengan tuas tetapi tidak bisa dilipat, sehingga hanya memberikan cukup ruang untuk masuk ke belakang. Yang mengejutkan adalah ruang di sini cukup, jauh lebih banyak daripada yang terlihat di dimensi eksterior mobil. Jendela-jendela besar dan krem di sekelilingnya semakin menonjolkan rasa luasnya. Dan kemudian, kursinya, meskipun agak rendah, terasa nyaman, dengan ruang kepala dan bahu yang cukup untuk dua orang dewasa. Ruang kaki juga memadai, dan kursi bersandar pada sudut yang nyaman; sehingga orang dewasa dapat duduk di sini selama perjalanan panjang tanpa kehilangan sirkulasi di kaki mereka. Namun, dalam posisi bersandar, kepala mereka akan mengenai atap. Fasilitas untuk baris terakhir termasuk sandaran tangan samping yang besar, tempat botol dan satu soket pengisian daya. Dengan volume 209 liter, sekarang boot lebih besar dan lebih praktis, dan juga memiliki area penyimpanan yang bagus di bawah lantai boot yang dapat menampung beberapa tas laptop. Dengan melipat baris terakhir anda mendapatkan 550 liter, dan melipat dua baris terakhir memberi Anda 803 liter volume kargo.

Performa Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 07

Mesin bensin baru ini sangat mirip dengan karakter unit 1.373cc lama yang digantikannya. Respons gas tajam, dan rasio roda gigi terasa sangat baik sehingga motor membangun kecepatan dengan bersih dari bawah. Mudahnya Ertiga baru bensin menarik tanjakan dengan 20 km per jam pada gigi tiga dengan muatan penumpang penuh cukup mengesankan. Selama Anda tidak terburu-buru, motor akan melakukan pekerjaannya dengan lancar dan tanpa suara. Dorong akselerator sebesar 10 atau 20 persen, atau bahkan dengan beban tinggi, animasi pada layar MID yang menampilkan baterai memberikan daya tambahan untuk mesin bensin - ini dilakukan untuk meningkatkan daya tanggapnya.

Dengan jarum yang terayun ke sisi jauh dari tachometer, mesinnya cukup vokal, yang kontras dengan karakternya yang diam dan halus. 13hp dan 8Nm torsi yang ditambahkan menghasilkan timing akselerasi yang unggul. 0-100kph didapatkan 1,46 dtk lebih cepat daripada bensin 1,4 liter yang lama, dan bahkan di dalam roda gigi, 1,5 liter yang baru lebih cepat dari 20-80kpj dan 40-100kpp di gigi ketiga dan keempat masing-masing dengan 1,14 dtk dan 1 dtk.

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 08

Bensin otomatis menggunakan konverter torsi 4-speed, dengan tiga gigi pertama adalah roda gigi penggerak dan yang keempat adalah gigi overdrive. Sangat halus, logika shiftnya cukup disortir dan, sebagian besar, berfungsi dengan baik. Dia juga akan bergeser ke gigi tertinggi sedini mungkin untuk membantu penghematan bahan bakar. Lembutlah pada akselerator dan dia tidak akan mudah turun gigi, dan akan berusaha dan membangun kecepatan pada gigi yang ada. Mintalah lebih banyak kekuatan, dan dia akan menurunkan satu gigi (atau dua) untuk bergerak, tetapi dengan peningkatan putaran (mulai dari 3.000 rpm), mesin menjadi lebih keras dan lebih keras saat Anda menambah revs. Saat mengemudi dengan tergesa-gesa, ada fungsi 'overdrive off' yang memastikan gearbox akan tetap hanya berada pada tiga gigi pertama, sehingga menjaga mesin tetap panas. 

Mengemudi dan Handling Suzuki Ertiga 2019 

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 09

Salah satu fitur menonjol dari Ertiga baru adalah kualitas mengemudinya. Terasa sangat bagus dan sopan, seperti melicinkan lubang dan jalan rusak seperti mobil yang jauh lebih mahal. Tidak ada gerakan goyang atau berdampingan mengenai tambalan yang rusak. Pada kecepatan tinggi, dia tetap mengemudi dengan rata dengan beberapa gerakan vertikal dari belakang, tetapi tidak pernah terasa berlebihan. Namun, dengan muatan penuh, ada pitching yang lebih terasa, dan suspensi belakang yang lebih lembut membutuhkan beberapa kali rebound sebelum kembali tenang saat melewati gundukan atau permukaan bergelombang.

Track Ertiga baru yang lebih luas dan sasis yang lebih kencang memberikan ketenangan lebih saat berbelok. Dorong dengan kuat dan meskipun ada body roll, tidak lebih dari hatchback yang tinggi. Dia berbelok dengan tajam dan walaupun tidak gesit seperti Swift dalam mengubah arah, mobil ini tetap masih percaya diri. Hal yang juga menambah kepercayaan pengemudi adalah setirnya, yang tidak seperti model apa pun yang didasarkan pada platform Heartect yang sama – mobil ini memiliki bobot yang bagus, rasanya seperti terhubung ke jalan dan kembali ke pusat tanpa bekerja keras. Setir Ertiga baru ini adalah yang terbaik pada model baru dan hal ini sangat berarti untuk mobil MPV!

Efisiensi Bensin Suzuki Ertiga 2019

Fitur auto start-stop manual Ertiga bensin bekerja dengan cepat dan mulus sehingga, pada hari-hari yang dingin, anda tidak akan keberatan memanfaatkan fitur ini (menghemat bahan bakar saat diam) dengan tetap menyalakannya. Di kota, motor ini hanya memberikan 9.5kpl, 0.7kpl lebih rendah dari unit 1.4 liter. Namun, di jalan raya, dia berhasil mendapatkan 16,8 kpl, peningkatan 4kpl, karena gigi kelima yang lebih tinggi.

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 10

Dengan efisiensi kota hanya 7kpl, bensin otomatis tidak cocok untuk orang yang mementingkan efisiensi bahan bakar. Tetapi dengan gigi keempat yang sangat tinggi cukup membantu saat mengemudi di jalan tol dimana dia menghasilkan 15kpl yang cukup baik; masih jauh dari 18.69kpl menurut klaimnya.

Sistem infotainment SmartPlay 7,0 inci dilengkapi dengan navigasi berbasis kartu SD, Mirrorlink, Android Auto dan Apple CarPlay. Sistem ini mudah digunakan, dan tampilannya tajam dengan kontras yang tajam. Perangkat lunak sistem ini terkadang lag dan responsnya yang lambat dapat mengganggu saat bepergian. Sementara tombol menu di samping juga dioperasikan dengan sentuhan, pengganti volume tidak begitu nyaman untuk digunakan. Perintah suara tersedia, dan sebagian besar cukup akurat. Kualitas suara dari pengaturan 6-speaker (empat speaker dan dua tweeter depan) cukup baik. Kamera bergerak dengan sedikit penundaan, ketika mobil sedang mundur.

Fitur Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 11

Suzuki mencakup semua hal yang penting dengan Ertiga baru. Dia memiliki ABS dengan EBD, airbag ganda, kunci pintu pendeteksi kecepatan, dudukan kursi anak (baris tengah), dan sensor parkir belakang langsung dari varian dasar, dan bahkan lampu depan proyektor, pembagian 50:50 miring baris ketiga dan pembagian 60: 40 baris tengah, power windows dan penguncian sentral adalah standar di seluruh varian.

Ertiga baru seharusnya bisa ditambah beberapa kit lagi seperti cruise control, LED DRL, roda yang lebih besar dan ban yang lebih lebar, wiper pendeteksi hujan dan pelindung matahari belakang, yang semuanya dimiliki oleh pesaing langsungnya, Marazzo. Namun, mempertimbangkan harga yang agresif dan Suzuki dapat diberikan kelonggaran.

Vonis

Review Suzuki Ertiga 2019 Baru 12

Suzuki melakukan pekerjaan yang baik dengan kemasan pintar Ertiga yang baru. Meskipun memiliki tujuh tempat duduk, mobil ini tetap kompak dalam dimensi, dan kontrol cahaya serta visibilitas yang bagus membuatnya sangat bersahabat dan mudah dikendarai. Interiornya lebih luas dan terasa lebih mewah, dan kursi yang empuk membuat kabin terasa lebih nyaman. Terlebih lagi kabin yang lebih besar dan fungsi sandaran membuat baris ketiga jauh lebih dapat digunakan sekarang. Mesin bensin baru mulus, halus dan kinerjanya memadai, dan dipasangkan dengan manual, ini adalah pilihan kami; otomatis boros bensin di kota. Suzuki Ertiga 2019 memang melewatkan beberapa fitur tetapi harganya sangat agresif, Anda tidak bisa membantah proposisi nilainya. Pada akhirnya, ini bukan mobil yang seru yang akan menarik hati Anda, tetapi ini adalah mobil yang sangat praktis dan memberikan semua yang diharapkan darinya dan cukup kompeten. Jadi dalam hal tujuan penggunaan, Ertiga baru ini mendapatkan nilai yang bagus, dan oleh karena itu mobil ini adalah Mobil Terbaik Tahun 2019 kami.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil