window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Baterai Lebih Besar, Ini Fitur-fitur di Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

Enda · 21 Feb, 2024 19:04

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise baru-baru ini diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Kehadiran Ertiga Hybrid Cruise menggantikan Ertiga Hybrid Suzuki Sport sebagai varian teratas.

Pada peluncurannya, Ertiga Hybrid Cruise dibandrol mulai dari Rp288 juta sampai dengan Rp301 juta OTR Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga Suzuki Ertiga Hybrid Cruise OTR Jakarta

  • All New Ertiga Hybrid Cruise (AT / Cool Black): Rp299.000.000
  • All New Ertiga Hybrid Cruise (AT / Two Tone Pearl Snow White): Rp301.000.000
  • All New Ertiga Hybrid Cruise (MT / Cool Black): Rp288.000.000
  • All New Ertiga Hybrid Cruise (MT / Two Tone Pearl Snow White): Rp290.000.000

Untuk mengetahui lebih dekat Ertiga Hybrid Cruise, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Kulik Perbedaan Tampilan dan Spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid Cruise 2024 vs Ertiga SS

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise Tampil Lebih Garang

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

Tampilan depan Ertiga Hybrid Cruise

Dibandingkan dengan Ertiga Hybrid Suzuki Sport, Ertiga Hybrid Cruise secara tampilan eksterior tampil lebih garang.

Ini terlihat pada bagian fascia dimana varian teratas Ertiga Hybrid ini memperoleh Front Garnish Bumper dan Front Under Spoiler dengan bentuk lebih sporty sekaligus add-on serta futuristik.

Ubahan lainnya pun terlihat pada sisi samping dengan disematkannya New Side Body Decal dan New Side Under Spoiler.

Pada Side Under Spoiler dan Side Body Decal nya kini mendapatkan aksen hitam yang juga membuatnya terlihat semakin dinamis.

Bukan cuma di bagian depan dan samping, untuk buritannya diberikan New Rear Upper Spoiler dan New Rear Garnish Design yang ergonomis.

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

Tampilan belakang Ertiga Hybrid Cruise

Sebagai informasi tambahan, untuk cover spion serta bagian atapnya mobil ini dilabut dengan warna hitam glossy yang semakin mempertegas kesan sporty.

Untuk lingkar rodanya mobil ini diaplikasikan velg 15 inci model palang two-tone yang dibungkus menggunakan ban berprofil 185/65.

Interior Didominasi dengan Warna Gelap dan Aksen Karbon

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

interior Ertiga Hybrid Cruise

Beranjak ke bagian dalam, terlihat bahwa Ertiga Hybrid Cruise didominasi dengan warna gelap mulai dari dashboard, door trim, jok dan console tengahnya.

Bicara tampilan dashboard, di bagian tengahnya terdapat aksen karbon fiber berkelir gelap yang dibuat hingga ke bagian door trim baris pertama.

Pada center cluster mobil ini berhasil disematkan sistem hiburan head unit layar sentuh 8 inci yang telah dilengkapi dengan smartphone connection.

Tepat dibawahnya terdapat tombol AC dengan pengaturan lengkap termasuk heater yang disajikan secara digital.

Di bawah tombol pengaturan AC terdapat lighter dengan tegangan 12v yang bisa dimanfaatkan untuk menambah daya pada gawai.

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

Kokpit Ertiga Hybrid Cruise

Tak ketinggalan di dekat lighternya terdapat sepasang cup holder dengan ventilasi udara yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh botol minum atau benda kecil lainnya.

Melihat bagian lainnya, untuk meter clusternya berlatarkan biru dan pada varian manual telah dilengkapi Gear Shift Indicator (GSI), sedangkan semua tipe dibekali MID (Multi Information Display) dengan tampilan anyar.

Bergeser ke jok tengah, mobil ini mendapat tambahan armrest di tengah, dan AC double blower sebagai fitur standar untuk memberikan kenyamanan selama berkendara.

Guna lebih menampilkan kesan sporty, Ertiga Hybrid Cruise menggunakan bahan pelapis jok dengan aksen Red Stitch sampai dengan baris ketiga.

Baca juga: Dianggap Masih Pas Buat Keluarga Indonesia, Suzuki Ertiga Belum Mau Berubah

Pakai Baterai Lebih Besar yang Bikin Bahan Bakar Jadi Lebih Irit

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

Baterai Ertiga Hybrid Cruise 12V 10Ah

Seperti Ertiga Hybrid sebelumnya, Ertiga Hybrid Cruise menggunakan teknologi mild hybrid yang dinamakan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Teknologi SHVS pada mobil ini mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery.

Seperti diketahui ISG merupakan pengembangan teknologi pertama yang dilakukan Suzuki dalam menciptakan kendaraan yang irit bahan bakar dengan harga terjangkau.

Teknologi yang tersematkan tersebut akan membuat mesin konvensional mati sesaat ketika mobil berhenti berkat adanya fitur idling stop.

Saat berhenti di lampu merah atau kemacetan dalam kondisi mesin mati, AC, radio, maupun sistem kelistrikan lainnya akan tetap berkerja berkat pasokan daya listrik dari baterai yang diletakkan di bawah jok penumpang depan.

Dengan penggunaan teknologi ini selain dapat memperingan kerja putraran mesin, tentunya membuat konsumsi BBM jadi lebih irit serta lebih ramah lingkungan.

Jika pada Ertiga Hybrid sebelumnya menggunakan baterai 12V dengan 6Ah, di Ertiga Hybrid Cruise ini baterainya memiliki kuat arus lebih besar 4Ah, menjadi 12V dengan 10Ah.

Spesifikasi baterai yang disematkan sama persis yang digunakan pada Suzuki XL7 Hybrid.

Penggunaan baterai dengan spesifikasi lebih besar, secara teknis Ertiga Hybrid Cruise akan semakin hemat pemakaian bahan bakar.

Fitur Unggulan, Keselamatan dan Keamanan Ertiga Hybrid Cruise

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

Fitur keselamatan dan keamanan Ertiga Hybrid Cruise

Bicara fitur unggulan, mobil ini sudah dilengkapi spion dengan pengaturan elektrik serta pelipatan otomatis.

Untuk semua kacanya dibekali power window, dimana pada bagian pengemudi dapat dinaikan serta diturunkan secara otomatis hanya dengan menarik atau menekannya sekali.

Setirnya didukung dengan Electronic Power Steering (ESP) serta tombol di bagian kiri maupun kanan yang terhubung langsung dengan head unit dan meter cluster guna memudahkan ketika melakukan pengaturan.

Mengenai keselamatan berkendara Ertiga Cruise dilengkapi sasis dengan teknologi Heartect, serta sistem pengereman ABS dan EBD yang mampu mencegah tergelincir serta terkuncinya roda mobil ketika pengemudi melakukan secara mendadak.

Sebagai fitur keselamatan standar, mobil ini dibekali dual SRS airbag, front seatbelt 3 point ELR with pretensioners & force limiters, child proof door lock, seatbelt reminder, 2 point parking sensor, rear camera, door open warning, ISOFIX, VSC (Vehicle Stability Control), Hill Start Assist (HSA), Hill Hold Control (HHC), cruise control serta ESP (Electronic Stability Program).

Sebagai informasi, ESP merupakan sebuah teknologi terkomputerisasi yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dari sisi pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalisir slip pada ban.

Dari segi kemanan, pabrikan melengkapinya dengan alarm serta keyless entry dengan immobilizer yang dapat meminimalisir dari tindak pencurian.

Keyless entry pada mobil ini berfungsi untuk memudahkan pengguna ketika ingin membuka atau mengunci mobil hanya dengan menekan tombol kecil pada handle pintu depan.

Dipadukan dengan start/stop engine, untuk menyalakan maupun mematikan mesin pun terasa mudah hanya dengan sekali menekan tombol.

Gunakan Mesin 1.500 Cc dengan Durabilitas Tinggi

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

Mesin K15B

Ertiga Hybrid Cruise dibenamkan bensin dengan K15B 4-silinder segaris DOHC 16 valve multipoint injection berkapasitas 1.462 cc.

Di atas kertas jantung pacu yang digunakan sanggup meletupkan tenaga 104,7 PS di 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm puncak pada putaran 4.400 rpm.

Mesin dengan durabilitas tinggi yang digunakan dikawinkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang selanjutnya diteruskan ke roda depan.

Tidak seperti para pesaing terdekatnya yang sudah menggunakan teknologi CVT, transmisi matic yang digunakan Ertiga Hybrid Cruise mengandalkan teknologi konvensional torque converter.

Transmisi jenis ini lebih tangguh serta secara perawatan lebih mudah dan murah.

Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Vs Ertiga Biasa, HEV Menang Irit Tapi Mahal Perawatan

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil