window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda?

Rezky Yusuf · 25 Des, 2019 16:13

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda? 01

Suzuki menghadapi tugas sulit beberapa tahun terakhir ini: mengganti ceruk pasarnya, Jimny yang sangat populer. Dengan dua dekade telah berlalu, generasi -nya telah menetapkan pijakan dan reputasinya - baik atau buruk - di pasar, terlebih lagi jika Anda melihat fakta bahwa mobil ini memiliki pengikut sejak iterasi pertama di tahun 70an. 

Memproduksi Suzuki Jimny generasi baru sama seperti menciptakan kembali mobil itu sendiri dan saya rasa ini tidak mudah.

Untungnya, Suzuki mengirim dan menciptakan Suzuki Jimny 2019 baru. Berbekal nostalgia, daya tarik imut dan berbentuk kotak, dan dengan kemampuan 4x4 off-road, ini benar-benar menerobos pasar yang sangat kompetitif - tidak hanya di Indonesia tetapi juga secara global. Bahkan, Suzuki Jepang masih mengalami kesulitan memenuhi permintaan global.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Eksterior Suzuki Jimny 2019

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda? 01

Sulit untuk menggambarkan gaya Jimny terbaru tanpa menyebutkan teman kontemporernya. Ada yang mengatakan dia terlihat seperti Mercedes G-Class mini; beberapa menyamakannya dengan Jeep Wrangler kecil. Ya, bisa dikatakan itu adalah buah cinta mereka. Apa pun pendapat Anda, satu hal yang pasti – ukuran Jimny terbaru ini masih kecil terlepas dari sedikit penambahan ukuran. Namun, yang tidak sedikit adalah penambahan lebar hampir 1 inci di setiap sisi. Dan juga tinggi, hampir sama tinggi dengan saya yaitu 5’6", jadi saya tidak akan menyalahkan Anda jika Anda mengatakan kami bukan pasangan serasi.

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda? 02

Namun, Jimny yang serba baru ini menggunakan perpaduan gaya klasik dan gaya modern. Lampu depan bundarnya proyektor LED, dilengkapi dengan pencuci headlamp dan leveling manual. Roda 15 inci, terlihat agak terlalu sempit menurut saya. Untungnya, pelek logam abu-abu metalik gelapnya enak dilihat. Meskipun saya cenderung menyukai warna cat Jungle Green untuk Jimny, Kinetic Yellow dengan atap hitam yang kontras juga cocok untuk mobil, membuatnya cukup menarik perhatian di jalan.

Interior Suzuki Jimny 2019

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda? 03

Campuran gaya kotak klasik juga memenuhi kabin Jimny. Kepala keling palsu, ventilasi udara melingkar, dan kluster gauge jingga terpisah, semuanya memberikan daya tarik retro. Sebaliknya, Jimny 2019 hadir dengan layar besar di tengah dasbor, tombol audio dan cruise control pada setir berlapis kulit, dan trip meter digital monokrom.

Yang saya sukai dari Jimny terbaru ini, seperti kendaraan Suzuki modern lainnya, adalah eksekusi plastik di kabin. Mereka memiliki sentuhan lembut dan tidak terlihat murah sama sekali. Bahkan tanpa padding, panel pintu dan housing shifter gear tidak akan melukai lutut Anda. Penguji media juga dilengkapi dengan aksesori kulit dengan jahitan kuning-hijau di depan penumpang, yang menambahkan sedikit aksen di kabin.

Ruang Suzuki Jimny 2019

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda? 04

Ruang, tentu saja, adalah kelemahan terbesar Jimny, tetapi ini dapat dimaklumi dengan ukuran dan konfigurasi dua pintunya. Akan tetapi, masih lebih baik daripada sebelumnya, karena siku Anda tidak akan mengenai jendela lagi ketika melakukan putaran penuh. Dalam posisi mengemudi, seseorang dengan tinggi badan seperti saya hanya akan memiliki cukup ruang untuk sedikit menggerak-gerakkan kaki, tetapi tidak untuk bergerak bebas. Kursi-kursinya agak datar dengan penopang minimal tetapi bantalannya yang empuk membuatnya nyaman bahkan selama perjalanan panjang. Namun insulasi NVH bisa lebih baik, sementara kualitas kendaranya standar untuk ladder-on-frame SUV - melenting dengan banyak pitching, diving, dan rolling. Tapi sekali lagi, ini tidak mengejutkan.

Ruang bagasi tetap minimal, yang ditambah adalah sandaran yang terlipat sampai ke lantai - hampir sebesar bagasi crossover kompak. Dengan kursi terlipat dan empat slot dasi, Anda bisa memasukkan papan selancar 5'3 ”di dalam Jimny dengan ruang ekstra untuk bagasi dan barang-barang lainnya. Penyimpanan lainnya antara lain dua cupholder dan satu cubbyhole di konsol tengah, sedangkan dua pintu memiliki kantong sempit yang bahkan tidak bisa menampung botol air kecil. Itu saja.

Teknologi Interior Suzuki Jimny 2019

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda? 05

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Suzuki menggabungkan gaya klasik dengan fitur-fitur modern Jimny yang serba baru, dan ini juga meluas ke fitur-fitur teknologi nyaman dalam mobil. Kali ini yang tersedia adalah kunci pintu sensor kecepatan, lampu LED otomatis, cruise control, AC otomatis dengan filter serbuk, dan sistem hiburan multimedia 9 inci yang berfungsi ganda sebagai tampilan untuk kamera belakang dan klinometer.

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda? 06

Sistem infotainment memiliki tampilan yang jelas dan jernih, sementara integrasi smartphone melalui konektivitas USB, Bluetooth, dan iPod dilakukan tanpa Apple CarPlay / Android Auto. Namun, ada beberapa kali head unit macet dan mematikan display-nya. Saya memutuskan untuk menepi dan menyalakan kembali untuk mengatasi masalah ini. Pengaturan pengeras suara tidak akan disukai oleh pecinta musik, namun panggilan handsfree tidak ada masalah.

Keamanan Suzuki Jimny 2019

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda? 07

Jimny terbaru bukan kendaraan paling aman yang bisa Anda beli dan Suzuki mengetahuinya. Bahkan Euro NCAP hanya memberi mobil ini tiga bintang, tetapi itu tidak berarti bahwa mini off-roader ini tidak memiliki apa-apa.

Generasi baru Jimny hadir dengan dual airbag depan, pengingat sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang, sabuk pengaman 3 titik untuk setiap penumpang, dua penambat ISOFIX, balok pintu samping, kontrol pijakan samping, kontrol turun bukit, ABS dengan fungsi bantu rem, stabilitas kontrol, dan sensor jarak mundur. Fitur-fitur ini sudah lumayan untuk merasa aman, ditambah rasa kaku karena sasis rangka tangga.

Mengemudi & Handling Suzuki Jimny 2019

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda? 08

Mesin 1.5L Jimny 2019 menghasilkan tenaga 100 hp dan torsi 130 Nm – kedengarannya lemah untuk sebuah SUV, tetapi ingat bahwa ini adalah mesin yang sama dengan yang ada MPV Ertiga yang lebih besar. Dalam kota, Jimny cocok digunakan dengan ukuran dan jarak sumbu roda yang pendek, meskipun, ada sedikit keluhan dengan rasa setir yang berat. Cukup berat - sesuatu yang bagus melaju tetapi sedikit membebani saat bermanuver di jalan sempit.

Namun, di jalan tol dan jalan provinsi, Jimny sudah lebih dari cukup. Laju di jalan tol stabil dan tenang, meskipun, Anda akan mendengar mesin menderu di sekitar 3.000 RPM saat Anda mencapai batas kecepatan. Menyalip terasa aman selama Anda menginjak gas penuh. Berkendara di jalan yang berliku tidak menakutkan tetapi juga tidak mudah. Ada saat-saat oversteer tetapi mudah untuk kembali ke jalur karena adanya kontrol stabilitas.

Selain itu, ada sedikit keterlambatan dalam downshifting Jimny tetapi untungnya, transmisi tidak ragu untuk naik sehingga memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Rem cukup tetapi dapat ditingkatkan untuk berhenti yang lebih aman.

Visibilitas mengemudi Jimny yang luas merupakan aset yang baik, apakah di dalam kota, di jalan tol, atau saat sedang off-road. Namun, jika Anda akan membawa Jimny terbaru ini ke jalan off-road yang lebih berat, saya sarankan untuk mengganti ke set ban yang lebih cocok dan pengaturan suspensi perjalanan jauh.

Ekonomi Bensin Suzuki Jimny 2019

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda? 09

Jimny generasi baru telah mencatatkan angka yang cukup baik untuk ekonomi bahan bakarnya. Di kota terbaca 8,6 km / L sementara kecepatan cepat pada hari Minggu pagi (rata-rata 60 km / jam) tercatat 12,5 km / L. Jalan tol yang datar dengan cruise control diatur pada kecepatan 90 km / jam tercatat 17,6 km / L. Angka efisiensi bahan bakar ini merupakan peningkatan besar dari sebelumnya, tetapi dengan tangki bahan bakar 40L berarti bahwa Anda harus sering pergi ke stasiun pengisian bahan bakar terutama saat mengemudi jarak jauh.

Kesimpulan

Review Suzuki Jimny 2019: Apakah Mini Off-roader ini Setara dengan Uang Anda? 10

Suzuki Jimny 2019 lebih dari sekedar fashion, tetapi memberikan penawaran khusus bagi mereka yang menginginkannya, bukan membutuhkannya. Anda mungkin tidak akan membeli kendaraan ini jika punya anak bayi. Ini adalah pilihan yang bagus bagi orang bujang, atau kendaraan hobi bagi para ayah dan profesional muda dengan gaya hidup aktif.

Saat ini, dengan Rp 348 juta untuk varian range-topping, apakah Suzuki Jimny 2019 layak dibeli? Jawabannya adalah ya melihat semua peningkatan dan peningkatan dari pendahulunya yang sudah tua. Jimny terbaru telah datang jauh dari masa lalu dan itu saja sudah sepadan dengan harganya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Jimny MT Single Tone 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil