Sempat Jadi Rival Kuat Toyota Avanza, Nasib Nissan Livina 2021 Kian Terlupakan

Yongki Sanjaya · 19 Jul, 2021 14:30

Sempat Jadi Rival Kuat Toyota Avanza, Nasib Nissan Livina 2021 Kian Terlupakan 01

Nama Nissan Livina dalam dua tahun ini seolah makin tenggelam oleh kesuksesan Mitsubishi Xpander dan nama besar Toyota Avanza facelift. Bahkan, MPV andalan Nissan ini ikut mengalami pengurangan tipe sebagaimana yang dilakukan oleh Mitsubishi Xpander beberapa waktu lalu. Nissan Livina 2021 tercantum hanya ada tiga tipe dari lima tipe yang dulu dijual. 

Pada laman resmi Nissan Indonesia, sekarang cuma ada tiga varian Livina yang tersedia berupa Livina EL M/T, VE A/T, dan VL A/T. Sebelumnya varian Nissan Livina memiliki lima varian, termasuk E M/T dan EL A/T yang menghilang dari daftar. Bila mengacu data produksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), varian E M/T dan EL A/T tak tercantum angka produksinya sepanjang 2021. 

Lantas, apakah memang Nissan benar-benar menghapus dua tipe ini? Sebenarnya Nissan masih memasarkan seluruh tipe yang mereka miliki termasuk E M/T dan EL A/T. Namun memang untuk saat ini kedua tipe tersebut unitnya belum kembali diproduksi. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

"Bukan dihapuskan, akan tetapi produksi kami yang VIN 2021 saat ini untuk E M/T dan EL A/T masih menunggu produksi selanjutnya," ucap Head of Marketing PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) Julian Olmon sebagaimana dikutip dari Kumparan. 

Debut global Nissan Livina dilakukan pada 16 Februari 2019 lalu saat agen pemegang merek masih dikendalikan Nissan Motor Indonesia. Distribusi unit dilakukan sebulan setelahnya, atau pada Maret 2019.

Sempat Jadi Rival Kuat Toyota Avanza, Nasib Nissan Livina 2021 Kian Terlupakan 01

Patut diakui nasib Nissan Livina kalah mujur dari Xpander yang menjadi saudara kembarnya. Penjualan Livina sejak Maret 2019 sampai Juni 2021 baru mencapai 17.952 unit. Penjualan Livina selama 15 bulan tersebut bahkan tak bisa melampaui penjualan Mitsubishi Xpander selama semester pertama tahun ini sebesar 22.170 unit.

Sepeninggal tutupnya pabrik Nissan, produksi Livina kini dilakukan di pabrik Mitsubishi. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) hanya memproduksi Nissan Livina EL M/T, VE A/T, dan VL A/T. Setelah sempat mandek selama kurang lebih tujuh bulan, produksi Livina kembali terjadi di bulan Mei dan Juni sebanyak 328 unit, dengan rincian pada Mei 82 unit dan Juni 246 unit.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru