Sering di Bully, Apakah Honda Civic FB Bekas Tidak Layak Dibeli?

Yongki Sanjaya · 29 Des 2020 21:00

Kalangan penggemar otomotif di Indonesia begitu ekspresif, kadang suka membully atau memuja suatu mobil secara berlebihan. Salah satu korbannya ialah Honda Civic FB, sedan yang jadi penerus Civic FD. Karena dianggap 'produk gagal', apakah Honda Civic FB bekas tidak layak dibeli?

Oh jangan keburu ambil sikap dulu kawan, karena Civic FB ini juga tidak seburuk yang kalian kira kok. Memang sih, pada generasi Civic FB ini seolah langsung kehilangan roh sporty. Desainnya begitu berbeda dari versi sebelumnya, dan Civic FB lebih menonjolkan kesan elegan dan premium khas sedan.

Honda Civic FB diperkenalkan di tahun 2011 dan diproduksi hingga 2016. Melihat Civic FD desainnya pure sporty, maka Civic FB menurut banyak orang justru kehilangan “soul” Civic-nya yang agresif. 

Generasi Civic FB lebih menonjolkan kesan energik, indah dan aerodinamis. Sayangnya, model ini justru kurang mendapat apresiasi di Tanah Air. 

Pasalnya banyak orang menilai desain dari Civic FB dianggap kurang oke. Meski dikatakan sebagai Civic paling gagal, namun harga jual bekas Civic FB ini masih cukup bertahan. 

Pasaran Honda Civic FB bekas ini mulai dari Rp 180 jutaan sampai dengan Rp 200 jutaan. Masih cukup mahal sekalipun bukan mobil terkenal seperti Civic FD. 

Karakter Sporty dan Futuristik di Sosok Honda Civic FB

Honda Civic FB sebenarnya masih mengambil DNA sama dari generasi ke-8. Perubahan terjadi pada desain eksterior dan interior. Nah, desain baru inilah yang membuat soul Civic seolah hilang. 

Di balik kesan glamor dari Civic FB ini, karakter sporty khas Civic masih begitu kuat pada kesan berkendaranya. Civic FB punya karakter mengemudi yang Fun to Drive, alias asyik dikemudikan. Setir Civic FB cukup tajam, presisi, dan memberikan feedback yang baik ke pengemudi.

Civic generasi kesembilan ini dibekali dengan banyak fitur baru sebagai peranti utama. Sebut saja rem ABS, Vehicle stability assist, dan electronic brake distribution jadi fitur andalannya. Duduk di kursi pengemudi, kita disuguhkan instrument cluster dua tingkat yang futuristik.

Honda Civic FB boleh dibilang kurang heboh di pasaran. Bahkan rentang waktu produksinya hanya sebentar, sehingga populasinya di Indonesia tak sebanyak Civic FD. Meski begitu, mobil ini tetap dibekali mesin 1.800 cc i-VTEC yang bertenaga dan asyik untuk dipacu. Bila kurang nampol, bisa pilih opsi mesin 2.000 cc. 

Di Honda Civic FD juga ada Mode Sport, jok kulit dengan penyetelan elektris, lampu HID, serta instrument digital yang bisa berubah tampilan warnanya sesuai mode berkendara. Keren kan?

Populasi Tidak Terlalu Banyak, Honda Civic FB Bekas Jadi Eksklusif?

Honda Civic generasi kesembilan ini nyaris terlupakan. Periode kemunculannya bertepatan dengan  segmen sedan yang mulai ditinggalkan konsumen dan beralih ke SUV. Desainnya juga lebih kalem ketimbang Civic generasi kedelapan. Nah, apakah Honda Civic FB bekas ini menarik untuk dimiliki?

Honda Civic FB memiliki banyak hal menarik yang membuatnya layak untuk dijadikan pilihan. Karena populasinya juga tidak terlalu banyak, otomatis Honda Civic FB mampu memberi nilai eksklusifitas bagi para pemiliknya.

Sebagai sebuah sedan, Civic FB justru memiliki tampilan yang lebih kalem dan tidak dipenuhi dengan garis-garis tajam seperti pada Civic FD. Nah, desainnya ini cukup menyembunyikan sisi agresif khas Civic. Jadi, buat kalian yang suka sedan bertampang kalem, dengan performa agresif, Civic FB patut dilirik.

Pada bagian eksteriornya, Honda Civic FB2 memiliki konsep elegant sporty, dan tampilan mobil ini sangat menarik untuk dilihat. Pada bagian depannya, Civic FB tampil dengan gagah karena memiliki desain headlamp yang menyipit dan fog lamp yang di tempatkan pada bumper yang sudah di lengkapi dengan body kit. 

Honda Civic FB dibekali dengan 2 tipe mesin. Untuk mesin pertama bertipe 1.8 liter R18A yang memiliki tenaga maksimal mencapai 140 Hp/6.300 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 177 Nm/4.200 rpm. Untuk mesin ke dua yaitu tipe 2.0 liter K20Z yang memiliki tenaga maksimal mencapai 155 Hp/6.000 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 192 Nm/4.200 rpm.

Kesimpulan

Sekalipun Honda Civic FB kurang populer, namun sedan medium ini tidak pantas untuk di bully. Sebab, desainnya bisa hadi alternatif bagi penggemar sedan elegan tapi mencari performa agresif. Harganya juga lebih terjangkau daripada beli sedan Eropa bekas.

Desainnya kalem, dengan siluet streamline khas Civic. Dari sisi performa juga cukup menggoda. Bila ingin sedikit terkesan sporty, cukup ganti velg dengan ukuran yang lebih besar dan pasang body kit.

Tergoda membeli sang 'sleeper' Honda Civic FB ini?  

Komentar

Mobil Terbaru