window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki Jimny 5 Pintu Sangat Potensial untuk Market Indonesia, Calon Bahan Gorengan?

Enda · 7 Jul, 2023 12:00

Suzuki Jimny 5 pintu

Maruti Suzuki India meluncurkan Suzuki Jimny (Spesifikasi | Berita) 5 pintu pada awal Juni 2023. Sebagai basis pambuatan Jimny untuk pasar Asia, Maruti Suzuki memiliki kapasitas produksi untuk Jimny 5 pintu mencapai 20 juta unit per tahun.

Dari total produksi, sebanyak 66 persen akan dialokasikan untuk penjualan di dalam negeri sementara sisanya akan ditujukan untuk pasar ekspor. 

Menjadi bagian dari DNA seperti versi 3 pintu, Jimny 5 pintu mempunyai kemampuan untuk menghadapi medan berat. Bahkan ketangguhan yang dimiliki juga membuat mobil ini sangat cocok apabila dikendarai di Indonesia, yang notebannya memiliki kontur jalan beragam.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

“Bicara Jimny 5 pintu, didoakan saja untuk bisa dapat masuk ke market Indonesia. Karena kami juga merasa bahwa market Jimny 5 pintu itu sangat potensial untuk market Indonesia,” ucap Harold Donnel Tampubolon, Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) disela-sela kegiatan Suzuki Media Test Drive XL7 Hybrid di Yogyakarta, Rabu 5 Juli 2023.

Dirinya menyebutkan apabila Jimny 5 pintu nantinya masuk Indonesia, Suzuki akan melakukan penyesuaian harga supaya dapat diterima dengan baik.

“Di berapapun price range yang nanti akan diset dia (Jimny 5 pintu, red) masih bisa menawarkan kompak berkendara dan juga fungsionalitas tersendiri buat market Indonesia,” imbuhnya.

Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Rilis di Indonesia Setelah XL7 Facelift?

Suzuki Jimny 5 Pintu dengan Versi 3 Pintu Bermain di Segmen Berbeda

Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Jimny 5 pintu digunakan off-road

Seperti versi 3 pintu, Jimny 5 pintu secara konfigurasi sama-sama sanggup memuat 4 orang sekaligus. Meski begitu keduanya bermain di segmen yang berbeda.

“Segmentasi daripada Jimny 3 pintu dan Jimny 5 pintu itu pasti akan sangat berbeda. Kalau kita ketahui Jimny 3 pintu pasti akan lebih banyak ke mobil hobi. Sedangkan untuk 5 pintu lebih ke arah kendaraan keluarga yang sangat menarik dikendarai untuk berpetualang. Di Indonesia kita masih finalisasi untuk mobil ini,” sambung Harold.

Perubahan terbesar Jimny 5 pintu dibandingkan 3 pintu yakni wheelbase yang lebih melar serta tambahan pintu di tengah, kemudian jendela belakang di setiap sisinya.

Dari segi dimensi mobil ini memiliki panjang mencapai 3.985 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm dengan jarak sumbu roda 2.590 mm serta Ground clearance 210 mm.

Untuk fitur, Jimny versi panjang mempunyai kesamaan dengan 3 pintu. Seperti yang bisa dijumpai didalamnya mobil ini berhasil disematkan head unit layar sentuh 9 inci yang mendukung konektivitas Android Auto nirkabel dan Apple CarPlay.

Guna memudahkan sekaligus memberikan kenyamanan kepada setiap penggunanya, mobil ini telah didukung cruise control, engine start button, serta idling stop system yang dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

Baca juga: Sah! Harga Suzuki Jimny 5 Pintu di India Setara Daihatsu Rocky

Suzuki Jimny 5 pintu

Interior Jimny 5 pintu

Mengenai fitur keselamatan, melihat spesifikasi di India mobil ini dibekali ABS, EBD, 6 airbags, Hill Hold Assist, Hill Descent Control, Brake Assist, rear view camera, ISOFIX, dan terakhir brake limited slip differential.

Sekedar informasi, di India mobil ini hadir dengan dua pilihan tipe, yakni Zeta dan Alpha. Setiap varian ditawarkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan, yang diarahkan ke keempat roda melalui sistem penggerak empat roda All Grip Pro.

Menyoal harga, di Negeri Hindustan mobil ini dibandrol mulai dari 12,74 lakh (Rp229,7 juta) hingga 15.05 lakh (Rp271,3 juta).

Baca juga: Suzuki Jimny Keluar Edisi Heritage, Disediakan Terbatas

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Jimny MT Single Tone 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil