window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Viral Pengendara Motor Mabuk Tabrak Ferrari, Duh! Ongkos Reparasinya Setara Daihatsu Ayla Baru

Ilham · 4 Jan, 2022 16:31

 

Viral Pengendara Motor Mabuk Tabrak Ferrari, Duh! Ongkos Reparasinya Setara Daihatsu Ayla Baru 01

Ferrari tabrakan dengan pengendara sepeda motor di Bogor
  • Ferrari California tabrakan dengan pengendara sepeda motor
  • Harga mobilnya mencapai Rp4 Miliar
  • Biaya perbaikan kerusakan Ferrari California ini setara harga Daihatsu Ayla

Entah mimpi apa yang sebelumnya dialami oleh Ben Ukraina (48), pemilik mobil super, Ferrari California asal Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pasalnya, pada Minggu (2/1/2022) malam, mobil kesayangannya tersebut ditabrak oleh pengendara sepeda motor Honda Vario di Bogor, Jawa Barat.

Sontak kejadian tersebut viral di kalangan penggemar otomotif Tanah Air. Maklum saja, mobil bernomor polisi F 1111 BEN yang digunakannya terbilang cukup langka dan tentu saja, mahal!

Ditabrak Orang Mabuk

Viral Pengendara Motor Mabuk Tabrak Ferrari, Duh! Ongkos Reparasinya Setara Daihatsu Ayla Baru 02

Kejadian Ferrari tabrakan dengan sepeda motor ini terjadi di Bogor

Kronologi kejadiannya sendiri dilaporkan pihak kepolisian, jika mobil berkelir merah tersebut tengah melaju dari arah Simpang Warung Jambu menuju Tol BORR (Bogor Outer Ring Road).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kemudian ada skuter matik berjenis Honda Vario dengan nomor polisi B 4575 KIT yang dibawa oleh pemuda berinisial MYI (21) dan HN (16). Menurut saksi mata, keduanya terlihat menerobos lampu lalu lintas dari arah Talang menuju Warung Jambu. Tak terelakkan kejadian Ferrari tabrakan dengan motor tersebut pun terjadi.

Viral Pengendara Motor Mabuk Tabrak Ferrari, Duh! Ongkos Reparasinya Setara Daihatsu Ayla Baru 01

Kondisi mobil Ferrari setelah tabrakan (Foto: Istimewa)

Pengendara motor diduga mabuk sehingga tidak hati-hati dalam melajukan motornya. Pengaruh alkohol itu memang berbahaya dan kerap berujung kecelakaan saat berkendara.

Dari gambar yang tersebar di media sosial, terlihat jika kondisi mobil sport asal Italia itu rusak di bagian depan. Di mana bumper dan headlamp sisi kirinya pecah. Pengemudinya tidak mengalami luka-luka. Sementara kedua pengendara motor mengalami luka-luka dengan kondisi badan tetap utuh.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Menarik Ferrari Portofino M, Penyegaran Supercar Harian Ferrari

Biaya Perbaikan Ferrari yang Rusak Setara Mobil Baru

Jika menilik kerusakannya, bagian paling parah ada pada pecahnya headlamp kiri dan bumper depan yang pecah. Hal ini membuat ongkos perbaikannya terbilang tinggi.

Seperti dilansir situs jual beli komponen Ferrari, yakni Scuderia Car Parts, panel bumper depan Ferrari California bisa ditebus dengan banderol 5.031 Euro atau setara Rp81 juta. Sedangkan headlamp sisi kirinya saja Rp30 jutaan.

Viral Pengendara Motor Mabuk Tabrak Ferrari, Duh! Ongkos Reparasinya Setara Daihatsu Ayla Baru 02

Bumper depan Ferrari California

Sehingga total komponen tersebut mencapai Rp111 juta, tapi itu diluar biaya kirim, pengecatan, jasa pasang dan baut-bautnya. Karena komponen bumper yang dijual belum termasuk catnya, alias masih berkelir hitam dasar plastiknya.

Jadi jika ditotal, estimasi perbaikannya bisa mencapai Rp130 jutaan. Ini artinya harga tersebut setara LCGC, Daihatsu Ayla 1.0 X MT yang kini dilepas Rp131 juta.

Baca Juga: Seberapa Cepat Ferrari 812 Superfast? Intip 7 Fakta Salah Satu Supercar Terkencang Ferrari Ini

Harga Ferrari California di Indonesia Capai Rp4 Miliar

Viral Pengendara Motor Mabuk Tabrak Ferrari, Duh! Ongkos Reparasinya Setara Daihatsu Ayla Baru 03

Dijual di Indonesia sejak 2009

Menilik mobil yang viral ini, meski mewah Ferrari California bukanlah mobil yang benar-benar baru di Indonesia. Bahkan bisa disebut cukup berumur.

Pertama dirilis resmi di Indonesia pada 2009 silam, mobil berlogo Kuda Jingkrak ini dibanderol dengan harga mencapai Rp 4 miliar. Mobil tersebut berjenis Grand Tourer dua pintu dengan konfigurasi bangku 2+2.

Kiprah Ferrari California di Indonesia berakhir di tahun 2018 setelah penerusnya, yakni Ferrari Portofino hadir di Indonesia. Menariknya saat ini, kondisi bekas Ferrari California pun masih terbilang tinggi, yakni berada di rentang harga Rp 2,5 miliar sampai Rp4 miliar.

Viral Pengendara Motor Mabuk Tabrak Ferrari, Duh! Ongkos Reparasinya Setara Daihatsu Ayla Baru 04

Mesin Ferrari California

Secara spesifikasi, Ferrari California dibekali mesin V8 berkapasitas 4.300 cc naturally aspirated dengan penggerak roda belakang. Tenaganya mencapai 460 PS di 7.750 rpm dan torsi 485 Nm di 5.000 rpm.

Teknologi transmisinya bertipe 7-kecepatan dual clutch. Hal ini memungkinkan penggunanya mengatur gigi layaknya mobil manual tanpa pedal kopling. Pengaturan perpindahan transmisi tidak lagi memakai tongkat persneling. Sebagai gantinya ada paddle shift pada setir, seperti mobil F1.

Baca juga : Lebih Keren dari Honda SENSING, Honda Global Kenalkan Fitur Deteksi Motor Ugal-Ugalan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Ferrari Portofino 3.9T V8

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil