window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

10 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Beneran Layak Dibeli?

Harry · 12 Jul, 2022 09:30

10 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Beneran Layak Dibeli? 01

Honda ADV 160 2022 banyak yang berubah.
  • Harga hanya naik tipis dari versi sebelumnya.
  • Banyak update fitur dan juga teknologi.
  • Mesin jadi lebih bertenaga, gak lemot lagi.

Sebagai motor matic bergaya adventure satu-satunya sejauh ini, PT Astra Honda Motor (AHM) telah menghadirkan model terbaru Honda ADV 160 2022, yang merupakan versi update dari Honda ADV 150 yang telah rilis sejak 2019 lalu.

AHM melepas motor ini dengan banderol Rp 36 juta untuk tipe Combi Brake System (CBS) dan Rp 39,250 juta untuk tipe Anti-lock Braking System (ABS). Tertarik meminangnya? Simak dulu 10 fakta menarik dari Honda ADV 160 2022 berikut ini.

1. Harga Cuma Naik Tipis

Seakan sadar harganya saat ini sudah jadi yang paling tinggi diantara matic premium kelas 150-160 cc, kenaikan harga Honda ADV 160 2022 tak begitu tinggi. Masih diangka ratusan ribu saja dibandingkan versi 150 cc.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Untuk Honda ADV 160 tipe CBS hanya naik Rp 300 ribuan, sedangkan Honda ADV 160 tipe ABS naik Rp 400 ribuan. Dengan demikian harganya masih belum menyentuh Rp 40 juta untuk wilayah jakarta.

Baca juga : Merasakan Mesin Baru Honda ADV 160 2022, Beneran Lebih Ngejambak?

2. Cuma 3 Pilihan Warna

Memang tak banyak opsi yang ditawarkan AHM, karena hanya ada merah, putih dan hitam. Bedanya untuk tipe ABS tampil dengan warna matte alias doff, sedangkan tipe CBS dilabur warna glossy yang mengkilap.

10 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Beneran Layak Dibeli? 01

Tipe CBS (kiri) dan tipe ABS (kanan).

Kemudian juga ada beda warna pada setang dan pelek, di mana tipe ABS dilabur kelir burn titanium. Sedangkan tipe CBS kelir hitamm biasa. Lainnya warna emblem ADV 160 di bodi belakang, antara emas untuk tipe ABS dan silver untuk tipe CBS.

3. Lampu Depan-Belakang Ga Berubah

Meski cover bodinya ikut dibentuk ulang, ternyata lampu depan dan belakang tetap dibiarkan pakai model lama. Tentunya sudah LED termasuk juga untuk lampu seinnya.

10 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Beneran Layak Dibeli? 02

Lampu depan dan belakang masih pakai yang lama.

Lampu depan model terpisah dengan LED DRL yang memanjang ke atas, yang memberikan kesan gahar. Sementara lampu belakang masih bertahan dengan siluet huruf X dengan lampu rem disetiap ujungnya.

Baca juga : First Ride Honda ADV 160 2022, Asli Beda Banget Dari Versi 150 Cc!

4. Windshield Lebih Tinggi

Touring pakai Honda ADV 160 2022 bakal lebih nyaman karena ada windshield yang bisa diatur tinggi rendahnya. Jarak mainnya sampai 75 mm, dan punya lekuk baru dengan lubang udara agar masih ada angin masuk saat dipasang posisi tinggi.

5. Info Spidometer Ada Yang Hilang

Spidometer Honda ADV 160 sudah bergaya ala Honda ADV 350 lho, dengan bentuk kotak, digital negatif display dan informasinya lengkap. Khusus tipe ABS, ada tambahan indikator HSTC (Honda Selectable Torque Control).

10 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Beneran Layak Dibeli? 03

Spidometer dengan controller baru.

Isinya pun lengkap, spidometer, takometer, suhu air radiator, trip A-B, waktu perjalanan A-B, konsumsi BBM rata-rata dan aktual, jam digital. Tapi kalender atau informasi tanggal, bulan dan tahun hilang ya!

6. Kontrol Spidometer Unik

Jika sebelumnya untuk mengganti-ganti informasi spidometer haru menekan tombol di samping layar spidometer, kini bisa pakai kontrol khusus yang letaknya dekat dengan setang. Ada switch atas-bawah dan kiri-kanan.

Baca juga : Kaki-Kaki Honda ADV 160 2022 Berubah Banyak dari ADV 150, Diset Ulang Sesuaikan Bobot dan Mesin?

7. Bagasi Lebih Luas

Akibat menggunakan rangka yang mirip dengan Honda PCX 160, kapasitas bagasinya ikut bertambah menjadi 30 liter dari sebelumnya 28 liter. Masih bisa menampung sebuah helm, tapi untuk membawa barang lainnya bisa lebih banyak.

10 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Beneran Layak Dibeli? 04

Bagasi Honda ADV 160 jadi lebih lega.

8. Rangka Mirip Honda PCX 160 2022

Rangka yang digunakan baru karena mirip dengan Honda PCX 160 2022. Perbedaan utama yakni pada dudukan bodi, dan juga engine mounting karena sebelumnya pakai mesin 150 cc eSP dengan posisi engine mounting di bawah.

Penggunaan rangka baru ini selain berpengaruh pada bobot, juga pada handling karena lebih kaku. Makanya saat melakukan test ride, motor ini terasa nurut dan mudah untuk bermanuver.

9. Mesin Lebih Bertenaga

Dengan kapasitas mesin yang bertambah menjadi 157 cc, 4 katup, pendingin cairan dan berteknologi eSP+, tentu saja performanya beda jauh dari saat masih menggunakan mesin 150 cc. Hal ini mengobati salah satu kelemahan model sebelumnya.

Baca juga : Kompresi Mesin Honda ADV 160 2022 Terhitung Tinggi, Cocok Minum Pertalite atau Pertamax?

10 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Beneran Layak Dibeli? 05

Mesin Honda ADV 160 lebih bertenaga dari sebelumnya.

Mesin baru tersebut mampu hasilkan tenaga maksimal hingga 16 PS di 8.500 rpm serta torsi maksimal mencapai 14,7 Nm di 6.500 rpm. Ada peningkatan tenaga 1,5 PS dan torsi 0,9 Nm pada putaran mesin yang sama dari versi 150 cc.

10. Posisi Duduk Lebih Nyaman

Kesan tinggi saat duduk di atas Honda ADV 150 sirna sudah, sekarang Honda ADV 160 sudah lebih nyaman, berkat tinggi jok yang terpangkas menjadi 780 mm saja. Kemudian diikuti perubahan setang yang juga lebih rendah.

Alhasil posisi duduk terasa lebih mendem. Untuk kaki menapak pun lebih mudah karena jok lebih tirus pada bagian ujungnya. Area kaki pun lebih leluasa karena pijakan lebih lebar dan panjang, serta bagian untuk selonjoran yang lebih landai.

10 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Beneran Layak Dibeli? 06

Tampangnya lebih gahar.

Kesimpulan

Melihat dari banyaknya perubahan yang dilakukan, rasanya Honda ADV 160 2022 ini layak dijadikan pilihan. Terlebih kenaikan harganya tak begitu jauh, sehingga memberikan nilai lebih untuk calon pembelinya.

Baca juga : Masih Inden Honda ADV 150? Bisa Langsung Ganti ke ADV 160 Lho!

Sejumlah kekurangan yang  banyak dikeluhkan pada versi 150 cc pun coba diperbaiki pada model terbaru ini. Yang jelas, motor ini akan sama nyamannya untuk dipakai harian atau pun perjalanan touring keluar kota.

Spesifikasi Honda ADV 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.950 x 763 x 1.196 mm
Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 780 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 133 kg (CBS & ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Harga
CBS Rp 36 juta
ABS Rp 39,250 juta

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });