window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Dipakai Naik-Turun Gunung, Mesin Honda ADV 160 2022 Kok Begini?

Harry · 24 Agu, 2022 15:30

Dipakai Naik-Turun Gunung, Mesin Honda ADV 160 2022 Kok Begini? 01

Honda ADV 160 2022 dipakai touring lintas pegunungan.
  • Karakter mesin linear.
  • Ada jeda usai tutup gas penuh.
  • Tenaga ngisi untuk menanjak

Pegunungan memang menjadi lokasi favorit untuk sekedar melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Mendapatkan udara sejuk nan segar, dengan keindahan alam pegunungan, bisa menghilangkan stres sejenak.

Menuju kawasan pegunungan bisa dengan banyak cara, salah satunya adalah mengendarai sepeda motor. Honda ADV 160 2022 sebagai motor matic bergaya petualang, jelas jadi salah satu motor yang pas untuk dikendarai.

Terlebih melintasi jalan pegunungan yang naik-turun dan berliku, rasanya asyik. Apalagi motor ini sudah mengusung dapur pacu teknologi terbaru eSP+ yang lebih bertenaga.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Spesifikasinya 157 cc, 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dan injeksi bahan bakar. Output yang mampu dihasilkan mencapai 16 PS di 8.500 rpm dengan torsi sebesar14,7 Nm di 6.500 rpm.

Baca juga : Merasakan Touring ke Pegunungan Pakai Honda ADV 160 2022, Beneran Gampang Mentok?

Dipakai Naik-Turun Gunung, Mesin Honda ADV 160 2022 Kok Begini? 01

Mesin eSP+ 157 cc lebih bertenaga.

Ada peningkatan tenaga 1,5 PS dan torsi 0,9 Nm pada putaran mesin yang sama dari data Honda ADV 150. Alhasil power to weight ratio pun menjadi lebih baik, yang tentu saja berimbas pada akselerasi keseluruhan.

Libas Tanjakan Dengan Mudah?

Sebagai pembuktian, Honda ADV 160 2022 ini dipakai touring melintasi jalur Puncak 2 via Cipamingkis beberapa waktu lalu. Touring ini gak sendirian, melainkan bersama jurnalis lainnya dengan mengendarai motor yang sama.

Berbeda dengan jalus biasanya, jalur Puncak 2 ini lebih sempit, kondisi jalan bervariasi dan banyak tanjakan terjal. Hasilnya ternyata mesin eSP+ ini memang enteng banget kok, tapi harus paham dulu karakter mesinnya ya.

Baca juga : Simak 5 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Harga Naik Tipis Layak Dibeli?

Dipakai Naik-Turun Gunung, Mesin Honda ADV 160 2022 Kok Begini? 02

Dipakai melibas jalur pegunungan dengan tanjakan terjal.

Dengan karakter mesin yang linear, torsi dan tenaganya gak begitu menghentak-hentak. Melibas tanjakan dengan menggendong rider berbobot 75 kg dan barang bawaan lain terasa mudah.

Mesin mampu merespon setiap bukaan gas dengan baik, dan aliran tenaga terus mengisi. Tapi ketika ada handicap saat posisi menanjak dan harus tutup gas, akan ada sedikit jeda ketika tuas gas diputar kembali.

Tenang, jedanya ini memang tak begitu lama sebelum akhirnya mesin kembali menyalurkan tenaganya. Kemudian saat dipanteng dalam kondisi menanjak, motor masih bisa bergerak walau rasanya memang seperti minta ditambah bukaan gasnya.

Dipakai Naik-Turun Gunung, Mesin Honda ADV 160 2022 Kok Begini? 03

Pegunungan kerap jadi lokasi healing menggunakan sepeda motor.

Tapi ada baiknya ketika melintasi jalan menanjak seperti ini, lakukan ancang-ancang terlebih dulu. Tentunya agar beban kerja mesin lebih ringan dan tanjakan bisa dilibas dengan mudah dan cepat.

Baca juga : Segini Konsumsi BBM Honda ADV 160 2022 Dipakai Touring Lewat Jalur Pegunungan, Irit?

Spesifikasi Honda ADV 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.950 x 763 x 1.196 mm
Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 780 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 133 kg (CBS & ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Harga
CBS Rp 36 juta
ABS Rp 39,250 juta

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });