window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda BeAT dan Skutik Lain kian Meraja, Sudah tahu Kekurangannya?

Ary · 27 Agu, 2021 12:30

Dominasi sepeda motor jenis matic memang tak dapat disangkal. Sebagai contoh pada 2020 lalu. Meski sedang dilanda pandemi COVID-19, segmen yang diisi oleh Honda BeAT dan motor matik lainnya itu masih tetap mendominasi. Bayangkan, dari 3.660.616 unit motor terjual di pasar domestik, 87,9% penjualan berasal dari motor-motor tersebut.

Tanda-tanda Honda BeAT dan motor sejenisnya kian meraja pun kembali terlihat pada tahun ini. Terpantau dari situs resmi AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia), sebanyak 2.826.728 unit sepeda motor terjual semenjak periode Januari-Juli 2021. Lagi-lagi, skuter matik alias skutik mendulang persentase 86,95% dari keseluruhan penjualan.

Penjualan Skutik 2021

Penjualan skutik hingga Juli 2021 tetap mendominasi.

Baca juga: Selain Murah, Ini Lima Hal Paling Menarik dari Honda Beat

Bukan tanpa alasan. Skutik dipilih lantaran menawarkan kepraktisan sebagai penunjang mobilitas. Yap, cukup puntir gas saja motor langsung bisa diajak berlari. Apalagi jika Anda memilih skutik berbadan ringkas seperti Honda BeAT, Yamaha Gear 125 atau Suzuki Nex II. Kendati pun berkendara di antara kemacetan, kondisi itu tak menjadi kendala berarti.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sebaliknya, motor berkopling manual seperti motor bebek atau motor sport justru dirasa kurang praktis untuk penggunaan di dalam kota. Meski begitu, Honda BeAT dan skutik lain itu bukannya tak punya kekurangan. Nah, berikut ini daftar kekekurangan motor matic.

1. Tidak seirit motor manual

Sekarang ini, masyarakat jelas sudah mengesampingkan pendapat bahwa motor matic itu boros. Toh, buktinya hal yang berkaitan dengan efisiensi inipun dijadikan salah satu nilai jual pihak pemegang merek. 

Konsumsi BBM Honda Beat 2022

Meski paling irit diantara skutik lain, konsumsi BBM Honda BeAT tetap masih kalah dari Honda Revo X.

Baca juga: Perbandingan Cicilan Honda Beat dan Yamaha Gear 125, Sama-sama Dipatok Mulai Rp 700 Ribuan

Pembuktian akan hal tersebut bisa dilihat dari Honda BeAT yang diklaim PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki konsumsi BBM 60,6 km/liter. Akan tetapi, tetap saja pencapaian itu tidak bisa seirit motor manual. Sebagai contoh ketika membandingkannya dengan Honda Revo X. Dengan kubikasi mesin nyaris sama, motor bebek Honda ini mampu menorehkan catatan sebesar 62,20 km/liter. 

2. Lemah di tanjakan dan turunan

Kemudahan lantaran hanya perlu puntir gas saja tadi, juga menjadi salah satu kelemahan skutik. Misalnya saja saat menemui jalanan menanjak dan curam, ditambah lagi bobot pengendara lumayan berat. Performa skutik pasti akan kedodoran. Bisa saja memaksakan memutar gas lebih dalam. Konsekuensinya, penggunaan BBM menjadi lebih banyak (boros). 

Kelemahan lain skutik juga terlihat saat menemui jalan menurun. Berbeda dengan motor kopling basah. Ketika menghadapi kondisi demikian, engine brake atau pengereman mesin bisa dilakukan dengan cara menurunkan perseneling ke gigi rendah. 

Kelemahan Motor Matic

Engine brake pada motor matic tidak seoptimal motor manual.

Baca juga: Biar gak Celaka, Pahami Cara Pakai Kopling di Tanjakan dan Turunan

Engine brake sendiri bukannya tidak ada pada skutik. Toh, skutik memiliki driven pulley yang akan melakukan buka-tutup saat adanya pengurangan kecepatan. Namun, untuk mendapatkan engine brake tersebut pengendara skutik mesti menurunkan tuas gas lalu memutarnya lagi (membuat gas menggantung). 

Akan tetapi, perlambatannya jelas tidak akan optimal ketika mendapati turunan yang curam. Walhasil, kedua tuas rem lah yang akan bekerja lebih banyak.   

3. Kurang nyaman di jalan tidak rata

Sebagaimana diketahui, ukuran roda skutik tidak seperti motor bebek maupun motor sport. Ukuran pelek dan roda yang dipakai umumnya berdiamater 12 inci, 13 inci dan 14 inci. Hal ini membuatnya kurang nyaman saat melewati kontur jalan tidak rata. Untuk mengurangi ketidaknyamanan itu, pemilik cenderung mengganti ban skutik mereka dengan desain kembangan lebih tebal.

Perawatan Skutik

Biaya perawatan skutik lebih mahal. 

Baca juga: Turunan Cangar Kerap Bikin Rem Skutik Blong, Ternyata Ini Sebabnya

4. Biaya perawatan mahal

Biaya perawatan yang mahal lantaran skutik memiliki komponen lebih banyak dari motor manual. Contoh paling mudah adalah perangkat yang ditugaskan untuk menyalurkan output mesin ke roda belakang. 

Pada motor manual hanya terdapat sproket (gir) dan rantai saja. Sementara kita ketahui, CVT skutik saja terdiri dari setidaknya 15 komponen. Pastinya pemilik skutik harus merogoh kantong lebih dalam ketika item penerus daya itu harus diganti. 

5. Rajin ke bengkel 

Berkaitan pula dengan CVT, kita tahu, setiap komponen di dalamnya memiliki usia pakai. Oleh karena itu, perawatannya pun harus dilakukan secara berkala di bengkel. Sebagian dari Anda mungkin bisa mengerti dan bisa membukanya lantaran dilengkapi dengan peralatan memadai. 

Servis Skutik Bengkel Resmi

Untuk Anda yang tidak memiliki peralatan memadai, pembongkaran CVT harus dilakukan di bengkel.

Namun, hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan oleh semua pemilik skutik. Satu-satunya cara adalah rajin-rajin datang ke bengkel untuk servis. Yang artinya, Anda harus mengeluarkan lagi uang setidaknya untuk jasa servis. 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });