window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pilihan Matic Kompak Bekas Dengan Bagasi Luas, Mulai Rp 4 Jutaan Nih!

Fariz · 15 Apr, 2023 14:30

Pilihan Matic Kompak Bekas Dengan Bagasi Luas, Mulai Rp 4 Jutaan Nih! 01

Ada 3 pilihan matic bekas dengan bagasi luas
  • Honda Spacy jadi yang paling terjangkau mulai Rp 4 jutaan
  • FreeGo punya bagasi 25 liter menyerupai NMax

Motor matic bisa dikatakan jadi motor paling praktis saat ini. Disamping pengendaranya yang tidak perlu melakukan perpindahan gigi, ruang penyimpanan pada motor ini juga lebih luas dibanding tipe bebek atau sport.

Salah satunya karena motor matic memiliki letak mesin yang berada di belakang, sehingga area tengah dan ruang di bawah jok bisa lebih luas. Namun kembali lagi, luasnya tempat penyimpanan juga berbanding dengan desain bodi besar.

Bagi kalian yang mencari motor matic dengan dimensi tidak terlalu besar namun memiliki ruang bagasi ekstra, ada beberapa pilihan yang bisa menjadi pertimbangan untuk dipinang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tidak melulu harus motor baru, karena yang bekas pun masih bisa diandalkan. Untuk itu berikut beberapa pilihan motor matic bekas dengan dimensi kompak namun dengan ruang bagasi lega yang bisa menjadi pertimbangan.

Honda Spacy

Matic satu ini memang bisa dikatakan memiliki desain yang kurang diminati dengan selera orang Indonesia. Sampai produksi terakhirnya di kisaran tahun 2018, Honda Spacy masih belum bisa mengalahkan pamor Honda BeAT.

Baca juga: Menggiurkan Buat Dipinang, Harga Honda ADV 150 Bekas Mulai Rp 25 Jutaan

Pilihan Matic Kompak Bekas Dengan Bagasi Luas, Mulai Rp 4 Jutaan Nih! 01

Bagasi Spacy berkapasitas 18 liter

Padahal motor ini menggunakan mesin dan kaki-kaki yang identik dengan BeAT. Baik untuk yang versi karburator di generasi pertamanya atau di generasi selanjutnya yang sudah injeksi.

Sehingga Spacy memiliki karakter tenaga yang cukup responsif di putaran rendah dan dengan kaki-kaki nyaman, hanya saja memang ground clearance lebih rendah sehingga rawan gasruk.

Dibalik desain bodi gambot yang minim lekukan tajamnya ini, Spacy memiliki ruang bagasi mencapai 18 liter dan sempat menjadi bagasi terluas di kelas matic 110 cc pada masanya.

Tentu saja muat satu buah helm dan bisa menyimpan barang kecil lainnya. Matic satu ini sudah bisa didapatkan di harga dari Rp 4 jutaan untuk tahun 2011 dengan kondisi yang beragam.

Suzuki Address

Kalau matic yang satu ini masih diproduksi dan dijual di Indonesia, yaitu Suzuki Address yang hadir di Indonesia sejak tahun 2014 dan masih terus diproduksi juga dipasarkan hingga sekarang.

Baca juga: Cek Harga Suzuki GSX-150 Bandit Bekas, Nafas Panjang Cocok Buat Touring!

Pilihan Matic Kompak Bekas Dengan Bagasi Luas, Mulai Rp 4 Jutaan Nih! 02

Bisa menampung helm fullface

Beda dengan Spacy, Address menawarkan desain yang sedikit lebih tajam. Tapi tetap saja dengan cover setang yang besar dan reflektor lampu utama yang juga besar membuat desainnya terasa sedikit mengganggu.

Kapasitas mesinnya 113 cc dengan karakter tenaga yang tidak terlalu responsif di putaran rendah, namun mulai terasa mendorong ketika sudah berada di atas kecepatan 50 km/jam.

Address yang lahir di tahun 2014 memiliki ruang bagasi 20,6 liter, di peragaannya bagasi ini bisa menampung sebuah helm full face, bahkan masih ada sedikit ruang di belakang untuk menyimpan barang lain.

Selebihnya motor ini memiliki fitur yang basic. Seperti seluruh lampu penerangan masih bohlam, tidak adanya side stand switch, dan fitur modern lainnya seperti keyless atau sistem starter menggunakan motor generator.

Suzuki Address yang dijual dalam kondisi baru kini harganya Rp 18 jutaan. Sedangkan untuk harga bekasnya mulai ada di angka Rp 8 jutaan untuk tahun 2014 dan harga tergantung dengan kondisi sepeda motor.

Yamaha FreeGo

Buat yang mau meminang motor matic bagasi luas tapi dengan tahun yang tidak terlalu tua, bisa tengok Yamaha FreeGo karena pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 2018.

Baca juga: Ada Imbauan Mudik Tanpa Sepeda Motor, Yamaha: Tidak Bisa Kami Larang

Pilihan Matic Kompak Bekas Dengan Bagasi Luas, Mulai Rp 4 Jutaan Nih! 03

Bagasi ekstra luas dari FreeGo

Dimensi motor ini makin terasa kompak karena menggunakan lingkar pelek 12 inci baik di depan maupun belakang. Namun dibalut dengan ban tebal 100/90-12 depan dan 110/90-12 belakang yang cukup tebal.

Tangki bensin yang berada di bawah pijakan kaki pengendara membuat ruang bagasi di bawah joknya cukup luas, bahkan menyamai ruang bagasi Yamaha NMax yang mencapai 25 liter.

Mesin juga jadi yang paling modern dibanding model-model sebelumnya. Menggunakan mesin Blue Core 125 cc, SOHC, 2 katup, pendingin udara, dan fuel injection.

Jika melihat di beberapa situs jual beli online, Yamaha FreeGo tahun 2019 sudah bisa dipinang dengan harga Rp 11 jutaan. Tinggal pilih dengan menyesuaikan budjet dan kebutuhan deh!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });