window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ternyata Bobot Honda ADV 160 2022 Naik 2 Kg dari Pendahulunya, Bagaimana Handling-nya?

Fariz · 15 Jul, 2022 16:30

Ternyata Bobot Honda ADV 160 2022 Naik 2 Kg dari Pendahulunya, Bagaimana Handling-nya? 01

Menguji handling Honda ADV 160 2022
  • Kedua suspensinya punya set up baru untuk mengakomodir bobot yang bertambah.
  • Menguji handling dan traksi ADV 160 di lintasan basah.

Penggunaan desain bodi baru yang lebih gambot membuat rangka pada Honda ADV 160 2022 mengalami perubahan. Utamanya tentu ada ubahan pada dudukan baut bodi barunya.

Yang membuat rangka berubah juga karena menggunakan mesin 160 cc eSP+ series, di mana mesin ini memiliki letak engine mounting di atas atau kerap disebut model gantung.

Dengan segala pembaharuan itu, disebutkan kalau Honda ADV 160 mengalami kenaikan berat sebanyak 2 kg. Tercatat kini berat totalnya menjadi 133 kg baik di varian CBS maupun ABS.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Set up suspensi depan dan suspensi belakang juga mengalami sedikit ubahan untuk menyesuaikan bobot barunya. Lantas bagaimana dengan suspensi dan handling Honda ADV 160? simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Windshield Honda ADV 160 2022 Bisa Dipasang ke ADV 150? Ini Penjelasannya

Ternyata Bobot Honda ADV 160 2022 Naik 2 Kg dari Pendahulunya, Bagaimana Handling-nya? 01

Suspensi depan berbeda pada racikan dalamnya

Karakter Suspensi Honda ADV 160 2022

Walau tetap mengandalkan suspensi depan teleskopik yang punya diameter as 31 mm dan travel 130 mm seperti ADV 150, ternyata ada ubahan pada bagian dalam suspensinya. Ubahan ini cukup mengubah karakter redamannya.

“Suspensi depan lebih empuk. Karena ada perbedaan pada lubang suling sok depan, diameternya sedikit lebih gede sehingga sirkulasi lebih cepat. Kapasitas oli juga berubah lebih sedikit, dari 127 ml menjadi 125 ml,” sebut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Perubahan pada suspensi depan langsung terasa ketika ADV 160 diajak melewati obstacle polisi tidur. Karakter redamannya terasa lembut, mirip seperti redaman suspensi depan motor tipe sport.

Rasanya akan lebih mantab ketika digunakan melewati jalur gravel maupun on road. Redaman yang lembut juga membuat Honda ADV 160 lebih stabil saat melakukan pengereman keras, rasanya lebih anteb!

Baca juga: Jadi Motor Matic Bergaya Petualang, Siapa Kompetitor Honda ADV 160 2022?

Ternyata Bobot Honda ADV 160 2022 Naik 2 Kg dari Pendahulunya, Bagaimana Handling-nya? 02

Per tipe progressive pada suspensi belakang ADV 160

Tidak hanya yang depan, suspensi belakang juga mendapatkan perubahan secara karakter. Tetap pakai sepasang suspensi dengan tabung berlabel Showa, tingginya tetap 395 mm dengan travel 120 mm.

Tapi terlihat di bagian bawah per belakang terdapat plastik yang cukup tebal, ternyata fungsinya untuk menekan per layaknya preload. Efeknya tentu akan membuat suspensi belakang sedikit lebih keras.

“Panjang suspensi sama, hanya saja dibuat lebih keras. Makanya ada plastik tambahan di bawah itu buat menekan per. Tujuannya biar imbang dengan kenaikan berat 2 kg pada Honda ADV 160.”

“Apalagi kan torsinya lebih besar, jadi traksi akan lebih baik ketika suspensi lebih keras, karena kalau empuk tentu jadi mengayun. Tapi gak perlu khawatir terasa keras, karena kan bobot motor naik 2 kg. Jadi rasanya gak beda jauh dengan generasi sebelumnya,” rinci Endro.

Baca juga: Sedikit Banget, Mesin Honda ADV 160 2022 Cuma butuh Oli 0,75 Liter Saja, Kok Bisa?

Ternyata Bobot Honda ADV 160 2022 Naik 2 Kg dari Pendahulunya, Bagaimana Handling-nya? 03

Suspensi depan lebih lembut sedangkan yang belakang sedikit lebih keras

Ketika kami cicipi rasanya memang benar kalau suspensi belakang Honda ADV 160 ini punya redaman yang sedikit lebih keras. Karakter redamannya masih terasa lembut di tekanan awal dan baru terasa keras saat tekanan semakin dalam.

Ini karena penggunaan per tipe progressive yang membuat suspensi belakang punya 2 karakter redaman. Bisa dilihat dari ulir pada per lebih rapat di sisi atas dan semakin ke bawah semakin renggang.

Handling Honda ADV 160 2022

Sesi first ride dilakukan di Safety Riding Park milik AHM, karakter lintasan sengaja dibuat dengan banyaknya tikungan. Baik tikungan melandai maupun tikungan putar balik.

Tentu saja ini untuk menguji handling yang disuguhkan Honda ADV 160. Setelah melakukan beberapa putaran, nyatanya kenaikan berat 2 kg tidak terlalu berpengaruh kepada handlingnya.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Beneran Layak Dibeli?

Ternyata Bobot Honda ADV 160 2022 Naik 2 Kg dari Pendahulunya, Bagaimana Handling-nya? 04

Traksi yang dihadirkan tetap optimal meski di jalur basah

Honda ADV 160 masih terasa lincah dan nurut ketika diajak melahap tikungan dengan cepat, bahkan tidak jarang standar tengah menyeret aspal. Padahal sesi first ride ini dilakukan saat kondisi aspal basah akibat hujan yang turun sebelumnya.

Ini sekaligus menguji traksi dari Honda ADV 160 yang menggunakan ban berdesain dual purpose, sama seperti yang digunakan Honda ADV 150, sehingga siap melintasi jalur light off road serta on road.

Racikan suspensi barunya juga ikut berperan terhadap handling. Karena lintasan pengetesan seluruhnya mulus, jadi tidak ada masalah berarti. Rasanya Honda ADV 160 tetap stabil saat di tikungan, entah jika dilakukan di kondisi jalan yang tidak mulus.

Spesifikasi Honda ADV 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.950 x 763 x 1.196 mm
Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 780 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 133 kg (CBS & ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Harga
CBS Rp 36 juta
ABS Rp 39,250 juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });