Daya tarik motor ini adalah posisi berkendara yang nyaman, serta bagasi yang luas mencapai 30 liter.
Tak heran jika Honda PCX 160 kerap menjadi andalan untuk berkendara dalam dan luar kota.
Kini motor tersebut ditawarkan dengan dua tipe yakni CBS (Combi Brake System), ABS (Anti-lock Braking System).
Walau sejatinya saat dirilis awal tahun 2021 lalu juga ada versi hybrid dalam tipe e:HEV.
Baca juga : Pakai Mesin Sama, Begini Perbandingan Performa Honda PCX 160 dan Honda Vario 160
Nyaman untuk harian dan touring.
Pada tipe CBS memadukan pengereman pada kedua roda, meski hanya menarik tuas rem belakang saja.
Mekanisme CBS akan langsung membagi porsi kekuatan pengereman, yakni depan sebesar 60% dan belakang sebesar 40%.
Sedangkan rem ABS, mengandalkan teknologi sensor yang mampu mencegah roda terkunci ketika melakukan pengereman dengan sangat kuat.
Cara kerja rem CBS.
Hanya saja Honda PCX 160 menerapkan ABS Single Channel, yang hanya ada di roda depan saja.
Harga dan Warna Honda PCX 160 2024
Saat dirilis tahun 2021 lalu, motor ini punya harga Rp 30,845 juta untuk tipe CBS dan Rp 34,445 juta untuk tipe ABS.
Namun seiring berjalannya waktu juga efek inflasi serta biaya produksi yang meningkat, PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan penyesuaian harga.
Baca juga : Simak Lagi Beda Honda PCX 160 2022 tipe CBS dan ABS, Selisihnya Rp 3,6 Juta Lho!
Kapasitas bagasi 30 liter.
Kini harga Honda PCX 160 untuk tahun 2024, tipe CBS berada diangka Rp 32,670 juta dan tipe ABS diangka Rp 36,085 juta.
Ada selisih Rp 3,415 juta diantara kedua tipe. Oiya, harga tersebut on the road Jakarta ya.
Menariknya AHM gak pelit soal pilihan warna, total ada 10 opsi yang ditawarkan.
Tipe CBS terdiri dari Marvelous Matte Silver, Magnificent Red, Royal Matte Blue, Wonderful White dan Brilliant Black.
Tipe ABS ada opsi Ultimate Matte Brown, Imperial Matte Blue, Wonderful White Majestic Matted Red dan Glorious Matte Black.
Mesin eSP+ jadi andalan.
Beda Honda PCX 160 CBS dan ABS
Dengan selisih harga mencapai Rp 3,415 juta tadi, ternyata tak hanya sistem pengereman saja yang berbeda.
Ada sejumlah fitur yang juga jadi pembeda antara tipe CBS dan ABS, yakni hadirnya Honda Selectable Torque Control (HSTC).
Jumpei Omori, Large Project Leader Honda Motor Co. Ltd., menjelaskan, HSTC diadopsi untuk memberikan rasa aman.
Utamanya pada saat Honda PCX 160 melaju di permukaan jalan yang licin atau basah.
Baca juga : Hasil Tes Topspeed dan Akselerasi Honda PCX 160 2022, Cuma Segini Doang?
Cara kerja HSTC.
"HSTC mengontrol torsi mesin dengan mengontrol jumlah injeksi bahan bakar sesuai dengan laju roda belakang dan bukaan katup throttle, sehingga menekan selip roda belakang," ujar Omori.
Secara sederhana, fitur HSTC akan membantu menyeimbangkan kerja putaran roda saat mendeteksi terjadinya roda belakang selip.
Indikator HSTC di panel meter memperingatkan pengendara tentang operasi sistem dengan lampu indikatornya yang menyala.
Indikator HSTC dapat diaktifkan atau dinonaktifkan menggunakan sakelar multifungsi pada panel meter, tergantung kebutuhan pengendaranya.
Panel meter sudah full digital.
Selain fitur HSTC, opsi warna tipe CBS dan ABS pun berbeda, seperti yang telah dijelaskan di atas.
Termasuk juga warna pelek, tipe CBS full hitam sedangkan ABS pakai kelir cokelat atau Burnt Titanium.
Baca juga : Alasan Honda PCX 160 Pakai Pelek Belang, Bukan Buat Gaya-Gayaan!
Mesin Honda PCX 160 2024
Dibandingkan generasi 150 cc, ubahan pada jantung pacu Honda PCX 160 jadi yang paling disorot.
Karena kini menggunakan teknologi mesin baru eSP+ dipadu kapasitas mesin yang membesar jadi 157 cc.
Mesin generasi baru.
Spesifikasinya pun berubah drastis dengan menggunakan format empat katup mesin.
Karakter mesinnya over bore, dengan diameter piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm.
Ini untuk memberi ruang untuk empat buah katup tadi, sehingga ukuran mesin bisa tetap ringkas.
Sistem tensioner rantai keteng juga sudah tipe hidrolis, dan pelumasan piston langsung yang disebut oil jet piston.
Performa mesin meningkat juga sumbangsih ukuran throttle body yang diperbesar jadi 28 mm, dan desain knalpot baru.
Tenaga dan torsi lumayan besar untuk kelasnya.
Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Karakter mesinnya pun sigap dan enteng berakselerasi, kuat pada putaran bawah sampai tengah.
Baca juga : Kredit Honda PCX 160 2023, Siapkan Uang Muka Minimal Rp 4 Jutaan
Namun tengah menuju putaran atas rasanya cenderung smooth, dengan nafas mesin yang naik linear menuju kecepatan tertingginya
Asyiknya Dipakai rider berbobot 76 kg dan karakter berkendara normal di jalanan kota menempuh 175,8 km terhitung irit.
Bisa sampai 39,3 km/liter dari layar MID, tapi saat diukur dengan metode full to full lebih irit lagi, hasilnya 42 km/liter.
Data Akselerasi Honda PCX 160 2022
0-60 km/jam
5,92 detik
0-80 km/jam
10,58 detik
0-100 km/jam
19,46 detik
60-100 km/jam
13,54 detik
0-100 m
8,15 detik
0-201 m
12,71 detik
0-402 m
20,34 detik
Topspeed Spidometer
115 km/jam
Topspeed Racebox
110,2 km/jam
Konsumsi BBM (MID)
39,3 km/liter
Konsumsi BBM (full to full)
42 km/liter
Kesimpulan
Pas untuk dipakai mudik.
Nyaman dikendarai baik sendiri atau berboncengan, jadi daya tarik motor ini.
Kemudian bagasi ekstra lega dengan kapasitas 30 liter membuatnya praktis digunakan.
Belum lagi terdapat konsol depan dengan power outlet. Kinerja mesinnya pun tak diragukan lagi.
Tak heran jika Honda PCX 160 kerap jadi favorit untuk kaum urban dan juga penghobi touring.
Baca juga : Test Ride Lengkap Honda PCX 160 2022, Ketahui Plus-Minusnya Sebelum Beli
Spesifikasi Honda PCX 160 2024
Dimensi
P x L x T
1.935 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda
1.313 mm
Jarak Terendah
134 mm
Tinggi Jok
764 mm
Kapasitas Tangki
8,1 liter
Berat Isi
129 kg (CBS) 131 kg (ABS)
Mesin
Tipe
4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas
156,9 cc
Diameter x Langkah
60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi
12 : 1
Suplai Bahan Bakar
Injeksi, PGM-FI
Transmisi
Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal
16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal
14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe
Duplex steel cradle
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi Belakang
Ganda
Ban Depan
110/70-14
Ban Belakang
130/70-13
Rem Depan
Cakram
Rem Belakang
Cakram