window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik Mitsubishi Xpander Cross 2023, Cocok Untuk Perjalanan Keluarga Jarak Jauh

Yongki Sanjaya · 20 Jul, 2023 13:30

5 Hal Menarik Mitsubishi Xpander Cross 2023, Cocok Untuk Perjalanan Keluarga Jarak Jauh 01

Xpander Cross menjadi produk yang cukup laris diterima masyarakat sebagai mobil keluarga. Berbekal penggerak roda depan dan beberapa pembaharuan saat facelift di tahun lalu, membuat Mitsubishi Xpander Cross 2023 jadi low SUV yang ideal digunakan untuk perjalanan jarak jauh. 

Mitsubishi Xpander Cross menjadi primadona Low SUV dengan penggerak roda depan. Desain yang maskulin, dengan fitur yang cukup lengkap jadi alasan mengapa Xpander Cross namanya melejit walau statusnya merupakan pendatang baru. 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Naik Rp9 Jutaan, Ini yang Baru di Mitsubishi Xpander Cross Facelift 2022 Dibanding Versi Lamanya

Operasi Plastik, Mitsubishi New Xpander Cross Kini Adopsi Banyak Komponen Pajero Sport

7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah

Dengan konsep mobil keluarga, tentu Xpander Cross harus memiliki fitur yang mendukung kenyamanan berkendara terutama jarak jauh. Berdasarkan pengalaman kami menguji Xpander Cross facelift hingga hampir 800 kilometer, inilah 3 hal menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2023 bila digunakan jarak jauh. 

1. Mitsubishi Xpander Cross 2023 Pakai Suspensi Baru yang Nyaman dan Minim Limbung 

5 Hal Menarik Mitsubishi Xpander Cross 2023, Cocok Untuk Perjalanan Keluarga Jarak Jauh 01

Mitsubishi Xpander Cross 2023 kini didukung dengan suspensi baru. Walau ground clearance mobil ini cukup tinggi, tapi pengendalian dan ayunan suspensinya tetap nyaman.

LSUV berlogo tiga berlian itu tahun lalu mendapatkan perbaikan pada suspensi belakang. Mitsubishi memasang shock absorber milik Pajero Sport yang diameternya lebih besar dibanding bawaan Xpander Cross sebelumnya. 

Pada bagian shock absorber juga ada perubahan valve, sehingga penyempurnaan suspensi tetap bisa memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang New Xpander Cross. 

5 Hal Menarik Mitsubishi Xpander Cross 2023, Cocok Untuk Perjalanan Keluarga Jarak Jauh 02

Upgrade suspensi ini juga turut membuat ground clearance Xpander Cross jadi lebih tinggi, bahkan dibanding LSUV 7 seater lain. Berdasarkan pengalaman kami menggunakannya di lintasan Tol Trans Jawa, bantingan suspensinya empuk tapi tetap stabil. 

Mobil masih tetap nyaman dipacu di kecepatan tinggi dan tidak limbung ketika bermanuver. Penumpang di kursi belakang pun masih tetap nyaman saat mobil dipacu di aspal keriting khas Tol Cipali. Makin nyaman lagi karena desain jok di Xpander Cross memakai lapisan busa yang tebal dan empuk. 

2. Peredaman Kabin Cukup Kedap Dari Kebisingan Luar 

5 Hal Menarik Mitsubishi Xpander Cross 2023, Cocok Untuk Perjalanan Keluarga Jarak Jauh 03

Hal berikutnya yang patut diapresiasi ketika menguji Xpander Cross dengan rute Jakarta - Kediri PP ialah soal kekedapan kabin. Kabinnya cukup kedap meredam kebisingan suara dari luar. 

Rahasianya ada pada insulator di bawah bonnet dan di belakang mesin pada body mobil. Kemudian, terdapat juga bullhead yang dipasang pada setiap sisi untuk mencegah kebisingan saat membuka pintu. 

Bukan cuma itu, Mitsubishi Xpander Cross 2023 juga mendapatkan peredam suara yang terpasang pada undercover di bawah mesin. Alhasil, mobil jadi begitu senyap saat melaju di jalan aspal. Kebisingan khas jalan beton pun tidak terlalu mengusik penumpang di dalam kabin. 

3. Punya Banyak Ruang Penyimpanan

5 Hal Menarik Mitsubishi Xpander Cross 2023, Cocok Untuk Perjalanan Keluarga Jarak Jauh 04

Keunggulan lain yang patut diperhitungkan dari Xpander Cross sebagai mobil keluarga ialah soal akomodasi penyimpanan yang melimpah ruah. Mulai dari kursi depan sampai baris paling belakang punya konsol penyimpanan serta cup holder. 

Pada sisi kursi penumpang depan, pada bagian kolong terdapat laci yang muat untuk membawa sepatu. Kemudian pada kolong kursi pengemudi dibiarkan kosong untuk tempat menyimpan perkakas. 

Selanjutnya pada sisi tengah antara kursi pengemudi dan penumpang depan terdapat konsol penyimpanan berukuran besar, yang bisa menyimpan beberapa botol minuman ukuran 600 ml. 

Berlanjut ke sisi bagian belakang, tak cuma ada bagasi tapi juga beberapa ruang penyimpanan tambahan di balik bagasi yang bisa dimanfaatkan untuk membawa perkakas kebutuhan darurat atau perlengkapan selama perjalanan. 

4. Mitsubishi Xpander Cross 2023 Punya Banyak Socket Lighter Untuk Charging Ponsel

5 Hal Menarik Mitsubishi Xpander Cross 2023, Cocok Untuk Perjalanan Keluarga Jarak Jauh 05

Dewasa ini hampir semua orang begitu bergantung dengan ponsel. Terlebih ketika melakukan perjalanan jauh, fungsi ponsel kian penting. Entah digunakan untuk memandu arah via GPS atau hanya sekedar alat hiburan selama perjalanan. 

Kondisi ini membuat kerja baterai ponsel makin berat karena intensitas penggunaan yang tinggi. Dalam situasi perjalanan jarak jauh, Xpander Cross telah memiliki socket lighter di setiap baris kursi, bahkan hingga baris ketiga. 

Dengan adanya socket lighter tersebut, kita bisa melakukan charging memakai adaptor yang punya dua atau tiga slot USB. dengan begini kita bisa mengisi beberapa ponsel dalam waktu bersamaan. Untuk kebutuhan pengemudi maupun penumpang depan, bahkan telah tersedia wireless charging untuk smartphone yang sudah mendukung fitur tersebut. 

5. Ruang Bagasi yang Cukup Besar Tanpa Mengorbankan Kursi Baris Ketiga

5 Hal Menarik Mitsubishi Xpander Cross 2023, Cocok Untuk Perjalanan Keluarga Jarak Jauh 06

Hal penting yang bisa kalian pertimbangkan saat mencari mobil keluarga ialah volume bagasi yang cukup besar. Berdasarkan pengalaman kami, bagasinya cukup besar untuk menampung sebuah karung beras, satu tas ukuran sedang, sekarung buah dan sayur, dan sebuah tas anak ukuran sedang. 

5 Hal Menarik Mitsubishi Xpander Cross 2023, Cocok Untuk Perjalanan Keluarga Jarak Jauh 07

Ruang segitu tak perlu mengorbankan kursi baris ketiga, sehingga kabin masih bisa membawa enam atau tujuh orang dengan proporsional. Bila hanya bepergian sejumlah lima orang, maka kursi belakang bisa dilipat rata bangku sehingga menambah ruang bagasi jadi makin luas lagi. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Xpander Cross MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil