window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Fitur Keselamatan 15 Mobil Berlabel 5 Bintang ASEAN NCAP (Part 1)

Herdi · 25 Mar, 2023 10:09

Adu Fitur Keselamatan 15 Mobil Berlabel 5 Bintang ASEAN NCAP  (Part 1) 01

Lembaga penguji keselamatan kendaraan Asia Tenggara New Car Assessment Program (ASEAN NCAP) mengumumkan, sejak 2020-2023, dari 16 mobil yang dipasarkan di Indonesia 15 diantaranya sudah berlabelkan lima bintang, yang artinya sudah memiliki nilai keselamatan tertinggi.

Hal ini disebutkan ASEAN NCAP Technical Committee Adrianto Sugiarto Wiyono saat ditemui di acara Vehicle Safety Rian saat ditemui di acara Vehicle Safety Course 2023/006 di Politeknik APP, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Indonesia Siap Punya Tes Uji Tabrak di Bekasi, Berstandar Global

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova

Kata Rian, dari 16 yang yang diuji coba sepanjang empat tahun, hanya satu yang mendapatkan rating 4 bintang. Itu Artinya, kata Rian, manufaktur atau pabrikan otomotif saat ini sudah menyadari dan fokus untuk meningkatkan keselamatan kendaraan yang akan dijual secara masal.  

"Meningkatkan fitur keselamatan demi melindungi customer, melindungi manusia, ini salah satu bentuk manufaktur peduli terhadap keselamatan," ungkap Rian.

Baca juga: Mobil Sudah Dapat 5 Bintang Saat Uji Tabrak, Tapi Kok Masih Terbakar di Jalan?

Toyota Kijang Innova Zenix

Toyota Kijang Innova Zenix

Nah, mobil-mobil yang sudah berlabel 5 bintang dari Asean NCAP sejak 2020-2023, yaitu Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, Toyota Corolla, Toyota Hilux, Toyota Veloz, Honda WR-V, Honda HR-V, Honda BR-V, Honda Civic, Honda Accord, Honda City, Isuzu DMax, Isuzu Mux, Mitsubishi Outlander, dan Hyundai Creta. Adapun yang 4 bintang adalah Hyundai Stargazer. 

Selain sudah di tes ASEAN NCAP, Autofun Akan membeberkan beberapa fitur keselamatan yang dimiliki mobil-mobil dengan peringkat 5 bintang sejak 2020-2023. Berikut ulasanya:

1. Toyota Kijang Innova

Toyota kijang Innova

Innova Reborn

Toyota Kijang Innova Zenix diluncurkan akhir tahun lalu, dan diketahui sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan aktif dan pasif yang pastinya sangat berguna. Namun sebelum diluncurkan versi Zenix, pada tahun 2020 Kijang Innova sudah di uji Asean NCAP dan mendapatkan peringkat 5 bintang dengan raihan nilai 82.69 poin. 

Kala itu, seluruh varian Kijang Innova dan Innova Venturer dilengkapi fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Khusus New Venturer terdapat tambahan fitur safety berupa Dual Knee Side, dan Curtain Shield Airbags.

Mobil ini juga dijejali Convenient Rear Camera for All Grades (G, V, Venturer (GAS & DSL), Vehicle Stability Control (VSC) for All Grades (G, V, Venturer (GAS & DSL), Hill Start Assist (HSA)for All Grades (G, V, Venturer (GAS & DSL), Dual, Knee, Side andCurtain Shield Airbags (Venturer GAS & DSL Grades).

Adu Fitur Keselamatan 15 Mobil Berlabel 5 Bintang ASEAN NCAP  (Part 1) 04

Innova Zenix hybrid

Adapun untuk Kijang Innova Zenix lebih canggih karena sudah memiliki teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Beberapa fitur keselamatan aktif Kijang Innova Zenix, yaitu Anti Lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake Distribution (EBD), Sensor Parking, dan Rearview Camera. selain itu, mobil ini juga dijejali VSC, HSA, Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTC), dan Automatic High Beam.

Oia, untuk Kijang Innova Zenix juga sudah dilengkapi SRS Airbags baris depan belakang, Child Safety Lock Sabuk Pengaman dan juga ISOFIX. 

2. Toyota Fortuner

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner

Mobil yang dikenal dengan sosok tangguh, Toyota Fortuner juga sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan seperti ABS, EBD, BA, sensor parking, rearview camera, lalu ada juga dual SRS Airbag yang berjumlah tujuh yang terletak di bagian setir, dashboard depan, lutut pengemudi, pilar kanan dan kiri, serta bangku pengemudi dan penumpang.

Mobil ini juga dilengkapi Seat Belt Indicator, Warning, VSC, HSA, Emergency Brake Signal (EBS), hingga Automatic Traction Control (A-TRC).

3. Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross

Pada tahun 2020, Toyota Corolla Cross sudah pernah diuji keselamatan ASEAN NCAP dan mendapatkan rating 5 bintang. 

Bicara soal Corolla Cross sudah dilengkapi fitur keselamatan, seperti pengereman ABS, EBD lalu ada juga VSC, HSA, serta Emergency Brake Signal. Mobil ini juga dilengkapi tujuh airbag yang akan mengembang di depan, samping, serta lutut pengemudi untuk mengurangi resiko cedera dari benturan, kemudian 3-point seat belt with pretensioner and force limiter.

Nah, untuk Toyota Corolla Cross Hybrid GRS Sport sendiri sejatinya sudah ada Toyota Safety Sense 3.0 merupakan sekumpulan sistem keselamatan aktif milik Toyota yang menawarkan berbagai fitur bantuan mengemudi, termasuk PCS, DRCC, dan LDA.

4. Toyota Hilux

Toyota Hilux

Toyota Hilux

Pada tahun 2020, Toyota Hilux juga sudah dijajal ASEAN NCAP dan memperoleh predikat 5 bintang. Nah, beberapa fitur keselamatan Toyota Hilux seperti di tiga titik yaitu Dual Airbags dan Knee Bag yang mampu melindungi cedera parah saat terjadi kecelakaan.

Ada juga sistem pengereman dilengkapi BA, ABS, EBD, kemudian ada juga fitur VSC dan Trailer Sway Control (TSC) untuk menjaga stabilitas kendaraan.

5. Toyota Veloz

Toyota Veloz

Toyota Veloz

Pada tahun 2022, Toyota Veloz juga sudah dilakukan pengujian ASEAN NCAP dan hasilnya mendapatkan nilai total 79,99 poin atau rating 5 bintang. Selain berkat berbagai ubahan yang telah dilakukan, mobil ini juga sudah dilengkapi teknologi TSS. 

Adapun beberapa fitur yang ada pada Toyota Veloz diantaranya Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, serta ada juga Front Departure Alert. 

6. Isuzu D-Max

Isuzu D-Max

Isuzu D-Max

Isuzu D-Max juga pernah diuji tes tabrak oleh ASEAN NCAP pada tahun 2020 dan meraih skor 83,16 poin atau 5 bintang. Isuzu D-Max sendiri  sudah dilengkapi dual airbag depan, sistem pengereman ABS dan EBD, serta ada juga Electronic Stability Control.

Selain itu, Isuzu D-Max baru juga dibekali dengan teknologi Blind Spot Assist yang membantu pengemudi melihat kendaraan atau pengguna jalan lain.  

7. Isuzu MUX

Isuzu MUX

Isuzu MUX

Desember 2020, Isuzu MU-X juga mendapat 5 bintang karena setelah diuji tabrak ASEAN NCAP memiliki skor cukup tinggi yaitu 86.81 poin.

Nah, jika melihat poin yang cukup tinggi, fitur keselamatan yang dibenamkan pada mobil tersebut cukup banyak, seperti halnya ABS, BA, EBD, sensor Parking, Rearview Camera, Uphill & Downhill Assist Control serta Vehicle Stability Control System. 

Tak sampai disitu, mobil double cabin ini juga sudah dilengkapi dual airbags untuk bagian depan, child safety lock, serta sabuk pengaman depan 3 poin.

 

Artikel Selanjutnya >>>

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil