window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model

Adit · 20 Sep, 2021 19:00

Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model 01

Pamor Honda BR-V sejak kemunculannya malah meredup.

Pemberitaan media otomotif nasional tengah berpaku pada mobil baru Honda BR-V 2022. Ya, model ini sejatinya telah dinantikan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya sejak dikenalkan 2015 lalu, Honda belum merilis generasi terbaru mobil tersebut. 

Akhirnya berdasarkan undangan resmi dari Honda Prospect Motor (HPM) yang masuk ke redaksi AutoFun Indonesia, mobil yang digadang-gadang akan tampil sebagai all new Honda BR-V 2022 siap melakoni debut perdananya di dunia pada 21 September 2021. 

Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model 02

Peluncuran Honda BR-V 2022 21 September 2021.

Baca Juga: Bocoran Honda BR-V 2022 Berbasis Honda N7X Concept: Daftar Varian dan Prediksi Harga!

Ubahannya akan radikal. Sosok Honda BR-V 2022 bakal menjadi sosok SUV yang 'naik kelas'. Selain karena tampilannya yang lebih gagah, mobil anyar ini juga akan bertabur fitur baru yang lebih modern dan tak dimiliki para kompetitor. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Realisasi wujudnya bakal berdasarkan model konsep Honda N7X yang beberapa waktu dikenalkan pabrikan. Namun HPM masih malu-malu menyatakan bahwa purwarupa tersebut menjadi cikal bakal BR-V versi terbaru. 

Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model 01

Honda N7X sebagai cikal bakal all new Honda BR-V.

Besar harapannya lewat ubahan ini menjadikan Honda BR-V 2022 lebih bisa diterima pasar. Sebab bila ingat, pamor Honda BR-V generasi awal hanya moncer di tahun pertamanya. Selebihnya dari tahun ke tahun, taji Low SUV tersebut kian menurun. 

Makanya jangan heran bila sejak 2018, media nasional sering mengangkat topik mengenai: kapan mobil tersebut akan disegarkan, bagaimana strategi Honda menyikapi tren penjualan BR-V yang terus menurun, dan bagaimana prospek mobil tersebut ke depannya. 

Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model 02

Honda BR-V punya interior yang tak jauh berbeda dari Honda Mobilio.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy kala itu menuturkan, pembaruan model termasuk Honda BR-V 2022 masuk dalam pertimbangan, hanya saja Billy tak bersedia menjelaskan lebih jauh. 

"Tentunya harus melihat kondisi pasar dan kebutuhan konsumen. Waktunya kapan kita selalu melihat, jadi sabar saja," terangnya. 

Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model 03

Honda coba luncurkan BR-V facelift, tapi gagal diserap pasar.

Model Penyegaran Honda BR-V Tak Mampu Dongkrak Penjualan

Honda pun coba melancarkan strategi lewat model baru BR-V berupa update fitur pada 2018, serta peluncuran facelift setahun kemudian. Namun sayangnya tak mampu mendongkrak penjualan jagoan Honda di segmen Low SUV. 

Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model 04

Honda BR-V facelift 2019.

Popularitasnya malah cenderung terus meredup. Padahal setahun diluncurkan, pabrikan bisa menjual hampir 40 ribu unit. Sepanjang 2016, HPM bisa mendistribusikan 39.482 unit Honda BR-V ke diler. Tapi menurun pada 2017 sebanyak 35.430 unit. 

Baca Juga: Sejarah Honda BR-V, Lahir Dari Basis Honda Mobilio hingga Munculnya Sosok N7X Concept

Trennya terulang lagi pada 2018 dan 2019, masing-masing cuma tersuplai ke jaringan penjualan sebesar 24.373 dan 15.318 unit. Puncaknya pada 2020, bersamaan kondisi pandemi, distribusinya mengalami koreksi yang cukup dalam hanya sekitar 5.668. 

Lalu sepanjang Januari hingga Juli 2021, baru ada 1.352 Honda BR-V yang dikirimkan ke diler. Oleh karena itu trennya sejak meluncur selalu melandai. 

Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model 05

Data penjualan Honda BR-V dari data Gaikindo.

Dua Kekurangan Honda BR-V

Keunggulan Honda BR-V dibanding kompetitor karena pakai matic CVT yang terkenal irit bahan bakar dan halus pengeoperasiannya, sampai pilihan transmisi manual 6 percepatan, rupanya tak mampu menjadikannya seling point. 

Semua itu boleh dibilang tertutupi oleh kekurangan Honda BR-V, yang kemungkinan menjadi penyebab performa penjualannya terus anjlok. Pertama, soal desain dan tampilannya yang tak ada bedanya dengan Mobilio. Maklum, ini karena BR-V memang dibuat dari platform yang sama. 

Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model 06

Honda BR-V dan Honda Mobilio dibangun dari platform yang sama.

Sederhananya adalah Honda Mobilio yang di-SUV-kan, sehingga cuma penampilannya yang dirombak lebih elegan, kuat unsur petualangnya, serta lebih gagah. Sedangkan desain interior, dibuat mirip, jadinya tak begitu istimewa. Tak lebih keren dari Brio bahkan, karena pakai rancang bangun yang sama. 

Soal banderol harga yang ditawarkan terlalu tinggi, juga menjadi poin kedua yang jadi pertimbangan. Lewat penampilan tadi, Honda BR-V harus ditebus paling mahal Rp279 jutaan, lebih mahal dari rival terkuatnya, Toyota Rush yang berada di kisaran Rp266 jutaan.  

Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model 07

Interior Honda BR-V.

Oleh karena itu kecenderungannya jika budget kurang akan lebih realistis pilih Honda Mobilio, sedangkan bila punya dana lebih dan mau fitur maupun, desain yang lebih menarik, maka Honda HR-V pilihannya. Bahkan, karena banderol sang rival Toyota Rush atau Daihatsu Terios lebih murah, banyak konsumen yang lebih memilih mobil bermodel SUV tersebut.

Andai perawakan Honda BR-V dibuat berkarakter SUV lebih kuat, tak sebatas Low MPV yang dipoles mukanya, pakai suspensi yang mendongkrak ketinggiannya, desain dashboard berbeda dari Mobilio atau Brio, serta harga jual yang tak terpaut jauh dari kompetitor, rasa-rasanya BR-V sangat berpeluang merebut tahkta puncak segmen Low SUV di Indonesia.

Baca Juga: Tambah Honda Sensing, Harga Honda BR-V 2022 yang Meluncur Besok Tembus Rp350 Jutaan?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil