window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ertiga Tandai Produksi ke-3 Juta Unit Pabrik Mobil Suzuki di Indonesia

Prasetyo · 18 Jan, 2023 11:08

Ertiga Tandai Produksi ke-3 Juta Unit Pabrik Mobil Suzuki di Indonesia 01

Pabrik mobil Suzuki di Indonesia baru saja merayakan pencapaian 3 juta unit di Desember 2022 lalu. Angka ini diraih sejak Suzuki memproduksi mobil perdananya di Tanah Air pada tahun 1976.

Seremoni pencapaian 3 juta unit produksi ini dilakukan di fasilitas pabrik mobil Suzuki di Indonesia yang lokasinya ada di Cikarang, Jawa Barat, Senin (16/01/2023). Pada kesempatan ini hadir seluruh jajaran direksi, manajemen, hingga mitra bisnis Suzuki.

Ertiga Tandai Produksi ke-3 Juta Unit Pabrik Mobil Suzuki di Indonesia 02

Shingo Sezaki, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor

"Dengan pesatnya perkembangan bisnis Suzuki ini yang tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, kami tentu sangat mengapresiasi dan berterima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh karyawan, mitra bisnis, diler, konsumen dan Pemerintah Indonesia atas segala dukungan dan kepercayaannya terhadap Suzuki hingga kami sekarang bisa sampai di titik ini," kata Shingo Sezaki, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) melalui keterangan tertulisnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Tidak Hanya Ertiga, Semua Produk Suzuki Akan Pakai Teknologi Smart Hybrid

Pabrik mobil Suzuki di Indonesia Pertama Kali Produksi Carry ST20

Suzuki memulai kiprah produksinya di Indonesia melalui model Carry ST20. Saat itu, mobil tersebut menjadi primadona di kelas kendaraan niaga ringan pada tahun 1970-an. Durabilitas dan efisiensi mobil ini diandalkan para pelaku usaha dan bisnis di berbagai wilayah di Indonesia.

Ertiga Tandai Produksi ke-3 Juta Unit Pabrik Mobil Suzuki di Indonesia 01

Suzuki Carry ST20

Bahkan hingga saat ini, Suzuki Carry pickup generasi terbaru masih diproduksi di dalam negeri sekaligus memegang market share tertinggi di kendaraan niaga ringan. Sehingga mempertegas statusnya sebagai Rajanya Pick-up di Indonesia.

Baca juga: Suzuki Bakal Hadirkan Banyak Mobil SUV di 2023, Mulai dari Jimny 5 Seater Hingga Grand Vitara

Suzuki Banyak Ekspor Mobil ke Negara Lain

Ertiga Tandai Produksi ke-3 Juta Unit Pabrik Mobil Suzuki di Indonesia 02

Suzuki APV dari Indonesia juga diekpor ke banyak negara

Selain memproduksi kendaraan niaga, pabrik mobil Suzuki di Indonesia juga berkembang untuk memproduksi beragam model dan varian. Bahkan bukan cuma untuk pasar domestik namun juga memenuhi kebutuhan global di segmentasi kendaraan penumpang.

Produk-produk Suzuki made in Indonesia seperti XL7, Ertiga, Carry, APV, dan Karimun Wagon R dihasilkan oleh keterampilan sumber daya manusia terbaik di SIM. Mobil-mobil ini pun diterima dengan baik di pasar manca negara.

Baca juga: 5 Hal Menarik Suzuki Swift Bekas, Walau Tua Harganya Masih Jumawa

Mobil Suzuki ke 3 Juta adalah Ertiga

Ertiga Tandai Produksi ke-3 Juta Unit Pabrik Mobil Suzuki di Indonesia 03

Suzuki Ertiga Smart Hybrid

Suzuki All New Ertiga Hybrid terlahir sebagai unit produksi ke-3 juta. Ini juga sekaligus menandai titik sejarah baru bagi Suzuki selama 52 tahun berkiprah di Indonesia. 

Kehadiran All New Ertiga Hybrid juga menjadi wujud komitmen Suzuki dalam menghadirkan mobil untuk memenuhi beragam kebutuhan di Indonesia, sebagai kendaraan keluarga yang nyaman, lebih ramah lingkungan, efisien dan bernilai tinggi.

Ertiga Tandai Produksi ke-3 Juta Unit Pabrik Mobil Suzuki di Indonesia 04

Pabrik Suzuki sudah produksi sejak 1976

SIM memiliki fasilitas produksi dan perakitan di Tambun serta Cikarang yang didukung oleh para tenaga kerja profesional yang saat ini sudah mencapai lebih dari 5.000 karyawan. Kedua fasilitas Tambun dan Cikarang ini berperan penting bagi Suzuki dalam menciptakan mobil dan motor serta komponen untuk pasar domestik maupun global hingga dapat diekspor ke-80 negara di seluruh dunia.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil