window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

FAQ Honda WR-V 2023: Performa Lebih Besar Bikin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Ketar-Ketir

Enda · 5 Jan, 2023 13:04

Honda WR-V

Hadapi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, PT Honda Prospect Motor (HPM) luncurkan Honda WR-V pada November 2022. Menjadi model pertama HPM di segmen Small SUV Tanah Air, WR-V memadukan karakter khas SUV Honda yang memiliki performa dan teknologi terdepan dengan desain lebih compact dan gaya lebih sporty.

Tak hanya itu, menempati kelas A-SUV, WR-V hadir dengan fitur lengkap serta gaya berkendara yang nyaman sehingga cocok digunakan di dalam kota maupun luar kota.

Menyasar segmen anak muda dan keluarga muda, per Januari 2023 WR-V dibandrol mulai dari Rp271,9 juta hingga Rp309,9 juta. Apabila memiliki rencana membeli Honda WR-V dalam waktu dekat, ada baiknya ketahui beberapa informasi terkait mobil ini melalui ulasan berikut. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Test Drive Honda WR-V 2023: Lebih Menarik daripada Raize?

1. Honda WR-V Buatan Mana?

Honda WR-V

Diproduksi di pabrik Honda Karawang

WR-V merupakan Small SUV yang di-develop, dikembangkan serta dikerjakan di Indonesia. Tepatnya di pabrik PT Honda Prospect Motor yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Pihaknya telah mengembangkan mobil ini kurang lebih lima tahun supaya dapat diterima pasar dengan menyesuaikan karakter konsumen Tanah Air.

2. Ada Berapa Varian Honda WR-V?

Honda WR-V

Tipe tertinggi pakai Honda Sensing

Dikembangkan dari Honda SUV RS Concept, untuk pasar Tanah Air WR-V ditawarkan dalam tiga varian, yakni; E, RS dan RS with Honda SENSING. Sebagai varian teratas, WR-V RS with Honda SENSING bukan cuma tampil sporty dan juga atraktif berkat tampilan yang disuguhkan, mobil ini memiliki teknologi terkini serta fitur paling lengkap sehingga dapat memberikan kenyamanan terhadap setiap penggunannya.

3. Apa Keunggulan WR-V?

Honda WR-V

Tampilannya memukau

Sebagai bagian dari lini SUV Honda, WR-V memiliki ground clearance tinggi mencapai 220 mm atau lebih tinggi 20 mm dari Raize dan Rocky. Punya ground clearance lebih tinggi tentu memberikan rasa aman terhadap penggunanya disaat melewati berbagai kondisi jalan.

Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki 12V Power Outlet untuk kemudahan penyambungan dan pengisian daya dengan dua USB port yang dapat dihubungkan ke berbagai perangkat. Mengenai proporsi kabin, WR-V juga terasa ramping, namun dapat memberikan ruang yang lebih nyaman dan lapang dengan suguhkan ruang lutut dibuat lebar, ruang jarak kepala serta ruang kaki dibuat lebih luas yang merupakan terbesar di kelasnya.

Bicara kapasitas daya muat barang di bagasinya, mobil ini dapat menampung 380 liter dengan ruang kargo yang lebih luas untuk membawa ragam barang untuk berbagai kegiatan.

Khusus tipe RS dan RS with Honda SENSING mempunyai kompartemen penyimpanan seat back pocket di belakang kursi penumpang depan dan dapat ditemukan juga di kursi pengemudi, juga mempunyai total 6 tempat botol air dan kursi baris kedua yang dapat dilipat hingga 40:60. Adapun didalamnya juga berhasil tersematkan Rear Seat Reminder yaitu suara dan peringatan tampilan multi-informasi untuk mengingatkan pengemudi untuk memeriksa kursi belakang jika ada yang tertinggal sebelum meninggalkan kendaraan.

Baca juga: KIA Siapkan SUV Kecil Baru Bermesin Turbo, Buat Lawan Honda WR-V?

4. Fitur Apa yang Dimiliki WR-V?

Honda WR-V

Interior WRV RS

Mengenai fitur unggulan yang ada di Honda WR-V, pada bagian fasadnya dibekali dengan lampu depan LED tipis, tajam dan panjang. Adapaun mobil ini juga dilengkapi lampu sein Sequential yang terlihat modern dan membuat tampilan depannya terlihat menarik.

Pada buritannya, sistem pencahayaannya menggunakan teknologi LED bars. Sisi sampingnya, varian RS menggunakan velg two-tone berukuran 17 inci, sedangkan tipe E disebatkan velg 16 inci yang dilabur warna silver.

Menilik sisi dalam Honda WR-V, mobil ini didukung layar 4.2" Thin-Film Transistor (TFT) display pada dashboard untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara. Dari segi hiburan, pabrikan melengkapinya dengan head unit layar sentuh 7 inci dengan fitur Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone.

5. Fitur Keselamatan dan Keamanan WR-V Apa Saja?

Honda WR-V

Mobil Honda dengan Honda Sensing termurah

Di kelasnya WR-V punya fitur keselamatan dan keamanan yang terbilang lengkap. Seperti yang bisa dilihat, mobil ini sudah mendapatkan ABS, EBD, BA, 4 Airbags (Dual Front SRS & Side), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal, Brake Override System, ISOFIX & Tether, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt dan Parking Sensor di bagian belakang mobil.

Bukan cuma itu, mobil ini turut dibekali Smart Key, Remote Engine Start, Keyless Entry, Auto Lock System by Speed, Immobilizer, Alarm System, serta kamera belakang yang dapat menunjukkan tampilan atas, tampilan normal 130 derajat, atau tampilan belakang lebar 180 derajat saat tuas transmisi dalam posisi mundur.

Varian teratasnya, Honda WR-V RS with Honda Sensing mendapat tambahan fitur berupa 6 Airbags (Dual Front SRS, Side & Side Curtain), Honda LaneWatch, TFT Meter dengan informasi Honda SENSING.

Menyoal fitur keselamatan Honda SENSING yang terdapat di varian teratas WR-V meliputi; Collision Mitigation Brake System, Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), dan terakhir Adaptive Cruise Control (ACC).

6. Mesin WR-V Terbesar di Kelasnya?

Honda WR-V

WR-V memiliki performa paling besar di kelasnya. Berbekal mesin bensin L15ZF 1.5L i-VTEC DOHC 4 silinder segaris, di atas kertas mobil ini sanggup memeras tenaga hingga 121 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm. Guna membuatnya berjalan, semua varian yang dijajakan dikawinkan dengan transmisi CVT yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan.

Kesimpulan

Pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Honda WR-V punya gorund clearance lebih tinggi, fitur lengkap serta performa besar. Sebagai Small SUV, WR-V juga terasa fun to drive ketika digunakan berkendara di dalam kota maupun luar kota.

Baca juga: Intip Rahasia Kabin Honda WR-V 2023 Bisa Tetap Lapang Walau Wheelbase Lebih Pendek dari Raize

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda WR-V 1.5L E 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil