Ganteng Juga Ya Toyota Camry Wagon, Berapa Harganya?

Prasetyo · 20 Nov, 2021 09:08

Toyota Camry Wagon

Toyota Camry selama ini jadi sedan mewah yang punya banyak peminat. Tapi apa jadinya kalau Camry berubah jadi wagon? Wah kalau ini sih pasti langsung jadi incaran para kolektor mobil atap panjang.

Nah kalau mau sedikit berimajinasi bagaimana jika ada sebuah Toyota Camry Wagon, satu desainer digital ini mencoba mewujudkannya dalam sebuah gambar rekaan alias render.

Basisnya menggunakan Toyota Camry Hybrid 2021 berkode bodi XV70 yang saat ini memang masih dijajakan secara global, termasuk di Indonesia.

Baca juga : Kalau Honda Civic 2022 Ada Versi Wagon, Bisa Lebih Menarik Saat Masuk Indonesia

Toyota Camry Wagon dengan Baju Agresif

Toyota Camry Wagon

Bodi belakang dibuat lebih panjang

Hasil render dari Toyota Camry veris Wagon ini benar-benar menarik. Bagian depan sampai pilar B sama sekali tidak diubah. Sehingga wajah Camry yang agresif masih tetap dipertahankan. Barulah sang seniman menggeser pilar C menjadi lebih panjang untuk ruang bagasi.

Toyota Camry Wagon

Lampu belakang juga tak berubah

Kemudian karena bodi juga jadi makin panjang, kaca pun ditambah yang model one piece dengan ukuran tidak terlalu besar. Kemudian pada bagian atap juga ditambah roof rail, yang memang sering disematkan pada mobil-mobil Wagon. Gunanya tentu sebagai lokasi penyematan roof box untuk membawa barang tambahan saat melakukan perjalanan jauh.

Apakah Istilah Wagon Berbeda dengan Shooting Brake?

 

Toyota Camry Wagon

Wagon masih punya 4 pintu

Beberapa orang menyebut mobil berbodi Station Wagon (wagon) dengan nama lain Shooting Brake. Biasanya istilah kedua ini dipakai pada produsen mobil premium yang menyediakan versi wagon-nya. Tapi sebenarnya apakah Wagon itu berbeda dengan Shooting Brake?

Ternyata prinsip dasarnya bisa dilihat dari dua hal. Pertama diferensiasi keberadaan pintu di mobil itu. Pada Wagon, kebanyakan mobil masih memiliki 4 pintu. Sementara istilah Shooting Brake sering mengacu pada mobil 2 pintu. Namun keduanya sama-sama memiliki bodi lebih panjang ketimbang sedan atau coupe.

Baca juga : Toyota GR 86 Berubah Jadi Shooting Brake Keren Juga, Tapi...

Mercedes Shooting Brake

Ada juga shooting brake yang 4 pintu, tapi lihat bentuk atap belakangnya

Perbedaan kedua bisa ditelaah dari desain atap yang dibuat. Pada Wagon, atap memanjang dari depan sampai ke belakang. Meskipun melandai tapi tidak terlalu jauh pergerakan derajat kemiringannya dari posisi atap bagian depan. Sedangkan di Shooting Brake, atapnya cenderung lebih melandai pada bagian belakang misip sebuah coupe.

Camry Wagon Apakah Akan Diproduksi Toyota?

Toyota Camry Wagon

Kalau diproduksi pasti jadi incaran kolektor

Sayangnya Toyota Camry Wagon ini hanya sekedar tampilan desain digital. Padahal kalau benar-benar Toyota memproduksinya, bisa dipastikan bakal membuat sebuah kehebohan.

Lihat saja bagaimana BMW yang pernah menawarkan Seri 3 Station Wagon yang langsung diserbu para pecintanya. Bahkan kuota terbatas dari mobil ini pun tak sanggup memenuhi tingginya permintaan pasar.

Jadi, berniatkah Toyota memasarkan model Wagon kembali?

Baca juga : Pilihan Mobil Station Wagon yang Hadir di GIIAS 2021, Dari EV Paling Murah Sampai Estate Monster Termahal

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Camry 2.5 G

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru