window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Nissan Livina EL MT Baru Lebih Murah dari Toyota Veloz MT, Tertarik Pilih yang Mana?

Enda · 31 Des, 2023 12:01

Nissan Livina Vs Toyota Veloz

Per Desember 2023 harga Nissan Livina EL MT kondisi baru Rp288,7 juta atau lebih murah Rp3,2 juta dari harga Toyota Veloz MT yang diniagakan Rp288,7 juta OTR Jakarta.  

Sebagai informasi, Liniva EL dan Veloz MT merupakan trim terendah dari masing-masing model.

Menempati segmen Low MPV 7-seater, keduanya sama-sama menawarkan kenyamanan berkendara ala mobil keluarga masa kini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Memiliki selisih harga yang terbilang sedikit, dari keduanya kalian mending pilih Livina EL MT atau Veloz MT?

Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil Baru di Harga Rp 300 Jutaan, Bisa Dapat Veloz Sampai HR-V

Dimensi Nissan Livina EL MT Vs Toyota Veloz MT

Nissan Livina

Tampilan samping Livina tipe EL

Bicara mengenai dimensi, Livina EL MT mempunyai panjang 4.510 mm, lebar 1.740 mm, tinggi 1.695 mm dan wheelbase 2.775 mm.

Menggunakan platform baru TNGA yang berfokus pada ruang kabin luas dan ringan guna menghasilkan efisiensi bahan bakar, Veloz MT secara panjang keseluruhan mencapai 4.575 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm serta wheelbase 2.750 mm.

Sedikit menarik kesimpulan untuk panjang, lebar dan tinggi Veloz lebih besar dibandingkan Livina.

Namun untuk wheelbase atau jarak sumbu rodanya rebadge Mitsubishi Xpander tersebut memiliki dimensi yang lebih panjang.

Dimensi
Keterangan Toyota Veloz MT Nissan Livina EL MT
Panjang 4.575 mm 4.510 mm
Lebar 1.750 mm 1.740 mm
Tinggi 1.700 mm 1.695 mm
Wheelbase 2.750 mm 2.775 mm

Adu Fitur Nissan Livina EL MT dan Toyota Veloz MT, Siapa yang Paling Canggih?

Nissan Livina EL

Nissan Livina

Eksterior Nissan Livina EL

Menggunakan gaya bahasa desain V-Motion pada grill sebagai ikoniknya yang terlihat begitu dinamis, modern dan juga stylish, untuk sistem pecahayaannya Livina EL memadukan lampu utama halogen yang dilengkapi Auto-off Headlight.

Terdapat pula Dual Line LED dengan Positioning Lamp & Daytime Running Light serta foglamp di bumper.

Oh iya, untuk headlampnya mobi ini pun diaplikasikan fitur Courtesy Light Before and After Driving yang secara otomatis akan menyalakan lampu ketika menekan tombol pada remote.

Pada bagian samping, mobil ini sudah menggunakan spion elektrik dan lingkar rodanya dipadukan velg alloy multi-spoke berukuran 15 inci yang dilabur warna silver.

Beranjak ke bagian belakang, di bagian atas terdapat high mount stoplamp serta wiper di kaca belakang yang memudahkan penggunanya ketika hendak melihat kendaraan lain dari spion tengah.

Nissan Livina

Interior Livina EL

Melihat bagian dalamnya, mobil ini belum menggunakan material soft touch baik itu di area door trim maupun dashboard.

Pada center clusternya, mobil ini disematkan head unit 2din yang hanya mendukung konektivitas radio, USB, CD dan MP3.

Menampilkan beragam informasi berkendara secara informatif, mobil ini dilengkapi layar MID dengan tampilan monocrome. 

Adapun lainnya telah diaplikasikan tilt & telescopic yang dapat diatur menyesuaikan kebutuhan berkendara.

Selain itu ada pula AC double blower yang dapat menyalurkan udara sejuk secara merata hingga baris ketiga, kemudian Laci penyimpanan di kolong kursi yang bisa digunakan untuk meletakan barang seperti sepatu atau benda lainnya.

Baca juga: Perbedaan Nissan Livina VE dan VL, Selisih Rp10 Jutaan Mending Pilih Mana?

Toyota Veloz MT

Toyota Veloz

Eksterior Veloz MT

Bicara Toyota Veloz MT, tepat di bawah bonnetnya yang berotot mobil ini disematkan lampu utama dengan mengadopsi teknologi LED yang mana didalamnya juga terdapat DRL plus tambahan lampu sein LED.

Guna memberikan kemudahan pandangan mengemudi saat berkendara di malam hari, mobil ini mendapatkan foglamp halogen.

Melihat bagian samping, untuk spion mobil ini mendapatkan fitur Electric Mirror dan Auto Folding dengan Turn Signal Lamp serta kamera 360 derajat.

Pada lingkar rodanya, diaplikasikan velg dual-tone 16 inci kepunyaan Toyota Avanza.

Sedangkan di sisi buritan, stoplamp sudah menggunakan teknologi LED dan terhubung di kedua sisinya berkat adanya garnish merah memanjang.

Kaca belakangnya juga terdapat rear defogger dan rear wiper yang memudahkan pengemudi ketika ingin melihat kendaraan lain dibelakang melalui spion tengah.

Lalu untuk di bagian dalam, Veloz MT tampil lebih mewah dengan dashboard dan door trim yang dikombinasikan warna beige dan hitam, terlebih di beberapa bagiannnya sudah menggunakan material soft touch.

Toyota Veloz

Interior Veloz MT

Mengenai fitur unggulan yang ada di dalam, mobil ini mendapatkan Drive Mode Switch, tilt & telescopic steering, tombol audio & MID Switch pada setir yang berguna untuk memudahkan menjalankan atau mengatur fitur audio serta MID.

Sedangkan pada pusat informasi berkendara mendapatkan layar 7 inci TFT MID full digital dengan menampilkan segala informasi penting mengenai status kendaraan yang disajikan secara virtual.

Pada sistem hiburannya mobil ini disematkan head unit layar senuth 9 inci serta Rear Seat Entertainment (RSE).

Guna memberikan rasa nyaman disaat melakukan perjanalan jauh, Veloz MT Wireless Charger di console tengah serta Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

Tak ketinggalan Push Start Button yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur New Auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, double blower dan window jam protection.

Selain itu ada juga Leisure Soft Pad Door Armrest with Full Grip, yang dikombinasikan dengan Vibrant Illumination Light.

Oh iya, untuk joknya Veloz MT mengusung konsep sofa mode yang dapat direbahkan secara maksimal sehingga sangat nyaman saat digunakan istrirahat atau camping bersama keluarga.

Fitur Keselamatan Nissan Livina EL MT Kalah Komplit dari Toyota Veloz MT

Toyota Veloz

Tampilan belakang Veloz MT

Nissan Livina EL untuk keselamatan berkendara telah dilengkapi dual SRS airbag, rem dengan ABS, EBD dan BA.

Tak hanya itu, ada pula seatbelt dengan pretensioner & force limiter, alarm serta immobilizer guna menghindari dari tindak pencurian.

Lantas bagaimana dengan Toyota Veloz MT? Menurut data, mobil ini menggunakan rem cakram di semua roda yang mengadopsi fitur ABS, EBD dan BA.

Sebagai fitur keselamatan standar lainnya terdapat Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), rear parking sensor, dual airbag, dan alarm + immobilzer untuk keamanan berkendara.

Sama-sama 1.500 Cc, Siapa yang Punya Performa Paling Besar?

Nissan Livina

Mesin 4A91 MIVEC

Seperti Xpander, Livina EL MT dibekali mesin 4A91 MIVEC 4-silinder segaris DOHC 16 Valve berkapasitas 1.499 cc. 

Mengusung teknologi ECCS (Electronic Concentrate-engine Control System) menurut spesifikasi jantung pacunya dapat memuntahkan tenaga 105 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 141 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Bicara Veloz MT, mobil ini dibenamkan jantung pacu berkodekan 2NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc.

Yang mana di atas kertas mesinnya sanggup memeras tenaga hingga maksimal 106 PS di 6.000 rpm serta torsi 137 Nm di angka 4.200 rpm.

Untuk kedua mesin diletakan secara melintang yang selanjutnya dipadukan menggunakan transmisi manual 5-percepatan,yang kemudian diteruskan ke roda depan guna menggerakan mobil.

Kesimpulan

Setelah melakukan perbandingan antara Nissan Livina EL MT dengan Toyota Veloz MT, secara konklusi Veloz mempunyai dimensi lebih besar dibandingkan Livina meski untuk wheelbase sedikit lebih pendek.

Dijual lebih mahal Rp3,2 juta, Veloz MT pun memiliki fitur unggulan serta keselamatan lebih lengkap ketimbang Livina EL MT.

Sama-sama dibekali mesin 1.500 cc, Veloz mampu menghasilkan tenaga lebih besar. Namun untuk urusan torsi, Livina berada diatasnya.

Nah, bagi kalian yang menginginkan paket hemat, menjatuhkan pilihan Livina EL MT adalah pilihan tepat.

Terlebih untuk urusan spare part mobil ini sama dengan Mitsubishi Xpander yang banyak dijumpai di pasaran.

Namun jika menginginkan fitur yang lebih komplit, resale value stabil, spare part terjangkau, serta fitur komplit, memilih Veloz MT merupakan pilihan yang bijak.

Baca juga: Bukan Hanya Transmisi, Toyota Veloz 2022 MT dan Q CVT Ternyata Punya Sejumlah Perbedaan

@garasi.autofun Under Rp200 juta, Nissan Livina seken gini sip atau skip? #tipsmobil #tipsmobilbekas #bekasberkualitas #reviewmobilbekas #reviewmobil #carsome ♬ Fashionable piano jazz fun food etc (solo) - RYOpianoforte

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil