window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Berharap Xpander dan Xforce Hybrid Bisa Produksi di Indonesia

Prasetyo · 16 Nov, 2023 17:01

mitsubishi xpander hybrid

Kehadiran Mitsubishi Xpander hybrid sudah dipastikan bakal terjadi dalam waktu dekat, namun bukan Indonesia yang menerima pertama kali model baru ini.

Adalah Thailand yang dipercaya buat melakukan debut Xpander bermesin hybrid tersebut, karena ada beberapa alasan yang ternyata tidak ditemukan di Indonesia.

Atsushi Kurita, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyebutkan, negara tetangga itu dipilih lantaran pemerintah disana begitu mendukung produsen otomotif yang menghadirkan kendaraan hybrid serta full electric.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

mitsubishi xpander hybrid

Bukan di Indonesia, Xpander hybrid akan diproduksi di Thailand

"Seperti yang dilihat dari pengumuman Mitsubishi sebelumnya, di Thailand akan ada Xpander hybrid karena di sana ada kebijakan insentif pajak yang sangat menguntunngkan bagi kendaraan hybrid dan produsen yang memproduksi mobil hybrid, " kata Kurita di pabrik MMKSI, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023). 

Dengan adanya insentif tersebut, maka harga mobil-mobil hybrid bisa lebih murah dari pada kendaraan bermesin ICE (Internal Combustion Engine).

Xpander hybrid diharapkan dapat menyumbangkan 10 persen dari total penjualan domestik di Thailand.

Rencananya, Xpander Hybrid ini tidak hanya sekadar di produksi untuk pasar Thailand, tapi juga ekspor., dan ini akan menjadi yang pertama kali Mitsubishi memproduksi mobil hybrid di luar Jepang.

Baca juga: Ini Alasan Mitsubishi Xpander Hybrid Tidak Akan Lahir Pertama Kali di Indonesia

Indonesia Masih Tunggu Mitsubishi Xpander Hybrid

mitsubishi xpander hybrid

Insentif mobil hybrid di Thailand sangat tinggi

Walau ia memastikan jika LMPV hybrid berlogo tiga berlian itu akan hadir di Thailand, namun untuk pasar Indonesia rasanya belum akan terjadi dalam waktu dekat.

"Di Indonesia, sejujurnya kami melihat dulu kondisi pasar, kompetitor kami sudah mengenalkan hybrid tapi kami berupaya mempelajarinya sampai kami akan benar-benar siap untuk mengenalkan hybrid di masa depan untuk Indonesia," kata dia.

Ia pun berharap, pemerintah RI (Republik Indonesia) juga memberikan insentif terhadap kendaraan hybrid, sebagaimana yang telah dilakukan untuk mobil listrik murni.

"Thailand insentif untuk mobil hybrid sangat besar, sementara tidak dengan disini, jadi kita harus pikirkan hal itu juga," jelas Kurita.

Baca juga: Misubishi Xpander Hybrid Mulai Diproduksi 2024, Tapi Bukan di Indonesia

Mitsubishi Xforce Juga Akan Ada Hybrid

mitsubishi xforce hybrid

Mitsubishi Xforce diproduksi di Indonesia

Selain Xpander, Xforce juga terbuka kemungkinan hadir versi hybrid-nya, namun lagi-lagi Kurita belum bisa memastikan kapan mobil-mobil hybrid Mitsubishi ini bisa menyapa publik Tanah Air.

"Saat ini untuk Xpander hybrid atau bahkan Xforce hybrid saya rasa belum," katanya.

Ia menyebut, pihak MMKSI sendiri masih terus mempelajari lebih lanjut sambil menunggu bagaimana perkembangannya.

mitsubishi xforce

Xforce, Xpander, dan Xpander Cross memakai lini produksi yang sama

Menurutnya, Xforce dan Xpander hybrid akan berbagi teknologi yang sama, jadi sangat pasti bisa dikembangkan bersamaan. 

Kurita juga menjelaskan, saat ini Xforce dan Xpander punya line produksi sama di pabrik MMKSI di Bekasi, Jawa Barat, jadi jika hendak memasarkan model hybri dari kedua produk ini, maka diharapkan unitnya juga diproduksi di Indonesia.

"Kita mau minta kepada prinsipal bagaimana Xpander dan Xforce hybrid juga diproduksi di Indonesia, karena tidak mungkin kita pasarkan model hybrid tapi impor, karena juga tidak diperkenankan oleh pemerintah," jelas Kurita.

Berada di Kawasan Land B, Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, saat ini kapasitas pabrik MMKSI mencapai 220.000 unit per tahun.

Sementara untuk kapasitas produksi Xforce ditargetkan 5.000 unit per bulan, ini termasuk untuk kepentingan pasar domestik dan juga ekspor ke beberapa negara ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika.

Baca juga: Mitsubishi Siapkan 16 Model Baru, Termasuk Xpander Hybrid dan XFC Concept

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia