window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Masing-masing Fitur Hyundai Stargazer Dari Empat Varian

Enda · 20 Jul, 2022 18:00

Perbedaan Fitur Hyundai Stargazer

Sebagai pendatang baru di segmen Low MPV 7-seater, Hyundai Stargazer hadir dengan bentuk yang terlihat lebih revolusioner bila dibandingkan dengan pesaing terdekatnya. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sendiri tawarkan Stargazer dalam enam varian, yakni; Active MT, Active IVT, Trend MT, Trend IVT, Style IVT dan Prime IVT.

Mengenai harga bandrolnya, Stargazer diniagakan mulai dari Rp243,3 juta sampai dengan 307,1 juta OTR Jakarta. Selain merilis harga jualnya, PT HMDI juga mengumumkan fitur unggulan yang ada pada lini up terbarunya tersebut.

Ingin tahu apa saja fitur unggulan yang ada pada setiap variannya? Simak ulasannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Pakai Mesin Creta, Tenaga Hyundai Stargazer Ternyata Lebih Buas Ketimbang Avanza-Xpander

Hyundai Stargazer Active

Perbedaan Fitur Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer Active

Sebagai tipe terendah, varian Active Stargazer terkesan begitu sederhana. Seperti yang terlihat pada penampilan luarnya, tipe ini masih menggunakan velg kaleng dengan diameter 15 inci. Pada sistem pencahayaannya, varian ini mengandalkan bohlamp halogen dan belum dilengkapi wiper di belakang.

Bicara fitur unggulan yang ada didalamnya, Stargazer Active berhasil tersematkan layar LCD TFT 3,5 inci pada panel instrumentnya, serta sistem infotaiment berupa head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung konektifitas bluetooth dan smartphone connectivity dengan 4 buah speaker split.

Selain itu, sistem hiburannya juga terkoneksi dengan bluetooth hand-free phone system with voice recognition, dan steering wheel audio and bluetooth remote control. Oh iya, guna memberikan kemudahan pengemudi mengatur tinggi rendahnya posisi lingkar kemudi, pada setirnya varian terendah Stargazer ini hanya dibekali dengan tilt steering.

Bicara fitur keselamatannya, pabrikan melengkapinya dengan Anti-lock Brake System, dua buah airbags di bagian depan, serta immobilzer dan alarm sebagai bentuk kemanannya.

Baca juga: Lebih Murah Nyaris Rp6 Juta, Fitur Hyundai Stargazer Tipe Style di Atas Toyota Rush GR Sport

Hyundai Stargazer Trend

Perbedaan Fitur Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer Trend

Varian satu tingkat di atas Active, Stargazer Trend di bagian luar sudah memakai velg alloy 16 inci dan rear wiper. Namun untuk pencahayaannya masih sama, yakni mengandalkan bohlamp halogen.

Menilik fitur yang ada di dalam kabin, tipe Trend sama seperti Active. Hanya saja mendapat tambahan berupa tilt & telescopic yang mana setirnya bukan cuma bisa diatur untuk tinggi dan rendahnya, tapi juga jarak dengan pengemudi.

Bukan cuma itu, varian ini juga dilengkapi dengan Hyundai Bluelink yang dapat memudahkan penggunanya untuk memeriksa informasi penting tentang kendaraan.

Bagi kalian yang belum tahu, fitur ini merupakan layanan yang mengintegrasikan komunikasi dengan mobil, keamanan, dan sistem layanan darurat dari otoritas terkait dengan pusat panggilan Hyundai 7 x 24 jam. Untuk menjalankannya, fitur Bluelink pada mobil wajib terhubung dengan aplikasi yang terinstal di smartphone.

Oh iya, varian ini juga dilengkapi dengan parking distance warning dan jok captain seat sebagai opsional. Untuk mendapatkan jok captain seat, kalian bisa menambah Rp1 juta.

Hyundai Stargazer Style

Perbedaan Fitur Hyundai Stargazer

Opsi jok captain seat di varian Style

Hyundai Stargazer Style sendiri dibandrol Rp296,3 juta. Hampir menyentuh angka Rp300 juta, untuk sistem pencahayaannya varian ini telah dilengkapi dengan LED. Berbeda dengan dua varian dibawahnya, di kabinnya mobil ini pada panel instrumentnya tersematkan layar TFT LCD 4,2 inci supervision.

Untuk sistem hiburannya sendiri dipadukan dengan 6 buah speaker yang dapat menghasilkan kualitas suara lebih baik. Selain itu juga fitur lainnya varian Style mendapatkan cruise control Tire Pressure Monitoring Systsem (TPMS), Electronic Stability Control (ESC), Hill-Start Assist (HSA), manual speed limit assist, rear view monitor, dan rear occupant alert.

Sebagai fitur keamanan modern, varian ini dilengkapi dengan smart keyless entry with key fob. Sama seperti tipe Trend, Stargazer Style mendapatkan opsi jok captain seat dengan menambahkan Rp1 juta.

Hyundai Stargazer Prime

Perbedaan Fitur Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer Prime dilengkapi dengan Hyundai SmartSense

Sebagai tipe teratas, Stargazer Prime memiliki fitur paling lengkap. Untuk joknya sendiri sudah dibungkus dengan bahan kulit kualitas premium serta penambahan ambient mood lightning yang dapat meningkatkan kesan prestisius serta menambah rasa nyaman. Oh iya, varian ini juga mendapatkan Wireless Smartphone Charger yang mana untuk menambahkan daya pada gawai kalian tidak perlu menghubungkan kabel terhadap port pengisian.

Mengenai fitur keselamatan, Stargazer Prime juga lebih lengkap dibandingkan dengan semua varian yang dijajakan. Seperti yang bisa dilihat, tipe ini telah dilengkapi 6 airbags dan high beam assist.

Bukan cuma itu saja, pada varian teratas Stargazer pabrikan juga menyematkan Hyundai SmartSense. Sebagai informasi, ini merupakan fitur keselamatan pintar yang cara kerjanya menggunakan kamera dan sensor sehingga perangkat keselamatan aktif bisa lebih optimal guna menjanjikan keselamatan lebih terhadap penggunanya.

Fitur keselamatan pintar berupa Hyundai SmartSense yang terkandung di Stargazer Prime dianataranya; Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Driver Attention Warning, Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind-spot Collision Warning (BCW), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA). 

Selain mendaptkan opsi jok captai seat dengan menambahkan biaya Rp1 juta, di Hyundai Stargazer Prime kalian juga ditawarkan pewarnaan dual tone yang mana seharga Rp1,5 juta.

Baca juga: 5 Fitur Hyundai Stargazer Ini Bisa Bikin Iri Pemilik Mitsubishi Xpander

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Stargazer Trend IVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil