window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki SX4 X-Over, Mobil yang Pernah Turun di Balap WRC

Yongki Sanjaya · 30 Sep, 2021 16:30

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki SX4 X-Over, Mobil yang Pernah Turun di Balap WRC 01

Nama Suzuki SX4 kini semakin tenggelam karena dominasi dari Honda HR-V. Namun sekitar satu dekade lalu, Suzuki SX4 X-Over ini merupakan salah satu crossover terlaris. Secara global, Suzuki dulu sempat menjadikan SX4 ini sebagai andalan di balap reli WRC.

Melihat sejarahnya, Suzuki SX4 X-Over ini diciptakan dengan platform yang sama seperti Neo Baleno. SX4 X-Over saling berbagi sasis, mesin dan parts sehingga mudah mendapatkan sparepart. Postur yang cukup besar dengan ground clearance tinggi membuat SX4 X-Over tampil gagah.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampilannya Sih Biasa Aja, Tapi Modifikasi Suzuki SX4 S-Cross Ini Punya Tenaga 200 Hp

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren!

Membandingkan Performa Honda HR-V Dengan 5 Rivalnya

Sosoknya yang maskulin ala mobil Eropa tidak lain karena memang dirancang oleh studio Italdesign milik Giorgetto Giugiaro. SX4 Crossover dijual di Indonesia sejak 2006-2007. Mulanya SX4 didatangkan langsung dari Jepang, kemudian versi rakitan lokal diperkenalkan setahun kemudian karena permintaan pasar yang tinggi.

Pada versi rakitan lokal, SX4 X-Over dilengkapi beberapa fitur baru, seperti rem cakram empat roda dan aspek hiburan yang didukung tampilan multi-informasi. Menariknya lagi, SX-4 produksi Indonesia yang dirakit di Bekasi juga diekspor ke Thailand.

Lantas, apa kehebatan sosok Suzuki SX4 X-Over ini? Mari kita ulas lebih mendalam.

Desain Suzuki SX4 X-Over, Maskulin Ala Mobil Reli

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki SX4 X-Over, Mobil yang Pernah Turun di Balap WRC 01

Konsep mobil crossover yang disandang oleh Suzuki SX4 X-Over ini membuatnya punya penampilan yang maskulin. Tidak cuma itu, velg roda berukuran besar dan aksen hitam sebagai ornamen over fender membuat SX4 ini punya kesan sebagai mobil tangguh yang bisa digunakan pada jalan gravel atau jalan aspal.

Ground clearance setinggi 175 mm berpadu over fender minimalis terpasang menghiasi velg 16 inch dengan balutan ban Bridgestone Turanza 205/60 R16, membuatnya semakin sporty. Sebagai mobil yang memiliki kemampuan off road ringan, Suzuki tak lupa memasang underguard berkelir silver pada bumper depan dan aksen hitam di bumper belakang. 

Penerangan cukup oke karena menggunakan lampu halogen untuk versi prefacelift dan HID untuk versi facelift dilengkapi dengan fog lamp di bagian bumper bawah. Secara overall, desain Suzuki SX4 X-Over seperti hasil kawin silang dari Grand Vitara generasi ketiga dan Swift generasi kedua. Padahal, basis yang digunakan yaitu dari Neo Baleno. 

Kabin Tinggi di Suzuki SX4 X-Over, Jadikan Nilai Keunggulan Pada Headroom

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki SX4 X-Over, Mobil yang Pernah Turun di Balap WRC 02

Kalau pada Suzuki Neo Baleno, atap yang tinggi membuatnya terlihat aneh. Namun tidak dengan Suzuki SX4 X-Over ini, karena jadi proporsional didukung velg besar dan ban tebal. Desain ini sebenarnya berdampak positif pada headroom yang luas. 

Desain interiornya cukup kalem, sedikit kontras dengan penampilan luar yang maskulin. Untuk mobil 5-seater, ruang kaki cukup lega untuk penumpang depan, begitu juga penumpang belakang. Hanya saja jok penumpang belakang terlalu tegak. Fiturnya tergolong oke untuk sebuah mobil kelas menengah yang meluncur di akhir dekade 2000-an. 

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki SX4 X-Over, Mobil yang Pernah Turun di Balap WRC 03

Dashboard warna hitam memperkuat kesan elegan dilengkapi dengan Head Unit integrated yang terkoneksi Audio Steer Control. Fitur ini memudahkan pengemudi dalam memanfaatkan fitur multimedia seperti atur volume, menjawab telepon via Bluetooth, atau gonta ganti lagu di head unit. 

Kemudian pada panel instrumen terdapat layar MID yang memberikan informasi suhu, konsumsi bbm, dan jam di tengah untuk versi prefacelift dan di panel speedometer untuk versi facelift. Sayangnya Head Unit belum disupport dengan USB sehingga kita hanya bisa menyambung dengan kabel aux. 

Mesin 1.5 Liter di Suzuki SX4 X-Over, Jadi Titik Kelemahan

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki SX4 X-Over, Mobil yang Pernah Turun di Balap WRC 04

Suzuki SX4 dibekali mesin M15A 1.5 L vvt DOHC 16 valve yang sama dengan yang digunakan pada Suzuki Swift dan Neo Baleno. Pilihan transmisi ada tipe manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Mesin SX4 X-Over mampu memproduksi tenaga 100 ps pada 6000 rpm dan torsi 133 Nm pada 4000 rpm. 

Agak disayangkan karena versi Indonesia ini settingannya didowngrade dari versi Jepang. Untuk SX4 versi JDM, mesinnya yang mampu menyemburkan tenaga 110 ps pada 6000 rpm dan torsi 143 Nm pada 4000 rpm. Tujuan downgrade ini tak lain untuk menyesuaikan dengan BBM di Indonesia, sehingga mampu menenggak premium.

Konsekuensinya, mesin tadi agak sulit untuk menghasilkan torsi cukup saat mulai menjalankan mobil. Bobot SX4 seberat 1.2 ton yang serupa Toyota Rush dipadu dengan mesin bertenaga 100 ps tentu akan menghasilkan power-to-weight ratio yang kurang ideal sehingga membutuhkan tenaga lebih untuk menggerakkan mobil.

Hal inilah yang kadang dikeluhkan oleh pengguna SX4 yang tarikan bawahnya kurang menghentak. Mau tidak mau sedikit modifikasi perlu dilakukan, seperti setting ECU, bisa juga menggunakan open air filter dan upgrade header 4-2-1 atau 4-1.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki SX4 S-Cross MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil