window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kenapa Kamu Harus Membeli Honda Brio Daripada Daihatsu Ayla?

Mark Jacob · 28 Okt, 2020 16:00

Kenapa Kamu Harus Membeli Honda Brio Daripada Daihatsu Ayla? 01

Mobil berukuran kecil memang menjadi salah satu yang paling disukai di Indonesia. Salah satu mobil yang paling laris adalah Honda Brio dan Daihatsu Ayla. Keduanya bisa dibilang jadi mobil kecil yang cukup laris di Tanah Air hingga saat ini.

Mungkin sebagian orang bertanya, lebih baik mana antara Honda Brio dan Daihatsu Ayla ini? Pertanyaan seperti ini selalu terlontar bagi mereka yang mau membeli mobil. Lantas, mana yang terbaik? Kami akan mencoba membeberkan kedua mobil ini agar kamu lebih leluasa memilih.

Honda Brio sedikit lebih mahal dari Daihatsu Ayla

Jelas faktor pertama adalah faktor yang sangat penting dan menentukan bagi masyarakat Indonesia. Mereka lebih menyukai mobil dengan harga murah, irit bahan bakar, dan biaya perawatan yang murah. Daihatsu Ayla dijual dengan harga Rp102 jutaan sampai Rp159 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kenapa Kamu Harus Membeli Honda Brio Daripada Daihatsu Ayla? 01

Sedangkan Honda Brio dijual mulai dari Rp146 jutaan sampai Rp199 jutaan. Dari positioning harga, jelas Honda Brio punya harga yang jauh lebih mahal dibanding Ayla. Tipe termurah Brio hampir setara dengan tipe tertinggi dari Ayla. Inilah yang membuat Daihatsu Ayla cukup laris bak kacang goreng.

Dimensi,Honda Brio lebih lega

Bagaimana dengan dimensi? Daihatsu Ayla punya dimensi panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm. Sedangkan Honda Brio punya panjang 3.800 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm. Di atas kertas, Honda Brio punya ukuran yang lebih besar dibanding Ayla.

Hal ini membuat kabin Honda Brio jelas menjadi lebih lega dibanding Ayla yang menjadi kompetitornya. Namun, Daihatsu Ayla punya tinggi yang lebih baik dibanding Honda Brio.

Kenapa Kamu Harus Membeli Honda Brio Daripada Daihatsu Ayla? 02

Sehingga cukup aman untuk melibas kontur jalan rusak yang ada di Indonesia. Berdasarkan spesifikasi di atas, mana yang jadi pilihan kamu?

Performa Mesin,Honda Brio lebih baik

Daihatsu Ayla ditawarkan dalam 2 pilihan mesin yakni mesin 1.000 cc dan 1.200 cc. Mesin 1.000 cc hanya ada pada tipe D dan X saja. Mesin ini punya kapasitas 998 cc, 3 silinder bertenaga 65 ps @6.000 rpm dengan torsi 71 Nm @3.600 rpm.

Lalu mesin kedua berkapasitas 1.197 cc, 4 silinder, bertenaga 88 ps @6.000 rpm dengan torsi 108 Nm @4.200 rpm. Keduanya ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

Sedangkan Honda Brio hadir dalam varian mesin 1.200 cc saja. Mesin tersebut berkapasitas 1.199 cc, 4 silinder, SOHC, VTEC, drive by wire. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga 90 ps @6.000 rpm dengan torsi maksimal 110 Nm @4.800 rpm.

Kenapa Kamu Harus Membeli Honda Brio Daripada Daihatsu Ayla? 03

Eksterior,Honda Brio lebih stylish

Jika melihat tampilan eksterior, Daihatsu Ayla memang punya tampilan yang lebih sederhana dan tidak neko-neko. Desainnya dibuat berdasarkan selera orang Indonesia. Sedangkan Honda Brio punya tampilan yang jauh lebih keren, elegan dan stylish.

Nggak heran kalau Honda Brio lebih disukai lantaran bentuknya lebih sedap dipandang dibanding Daihatsu Ayla. Perbedaan harga tentunya juga menjadi salah satu alasan mengapa desain Honda Brio terlihat lebih baik dibanding Ayla.

Interior,Honda Brio lebih maju

Bagian ini juga cukup krusial dalam menggaet konsumen. Sudah menjadi hal lumrah ditemui jika banyak orang lebih suka interior Honda Brio dibanding Ayla. Desain interior Brio terlihat mewah, elegan dan cukup memberikan kenyamanan luar biasa bagi penggunanya.

Kenapa Kamu Harus Membeli Honda Brio Daripada Daihatsu Ayla? 04

Sedangkan Daihatsu Ayla dibuat dengan apa adanya. Bisa dibilang cenderung jelek dan membosankan dari segi desain interiornya. Penggunaan material murah juga kurang memberikan kesan baik pada mobil kecil yang masuk kategori LCGC ini.

Kenyamanan,Honda Brio lebih nyaman

Bicara kenyamanan, Honda Brio boleh sedikit berbangga hati. Karena kenyamanan berkendara Brio bisa dikatakan lebih baik dibanding Ayla. Suspensi depan Brio menggunakan MacPherson strut dan belakang memakai H-Shape torsion beam.

Sedangkan Daihatsu Ayla memakai suspensi MacPherson struts di bagian depan dan semi independent torsion axle beam. Karakter suspensi Ayla lebih keras sedikit dan kurang nyaman saat melibas jalanan rusak. Kami akan lebih setuju jika Honda Brio menjadi pilihan utama.

Kenapa Kamu Harus Membeli Honda Brio Daripada Daihatsu Ayla? 05

Kesimpulan

Dari data di atas, Honda Brio jelas punya harga yang jauh lebih mahal dibanding Ayla. Tetapi, kualitas yang didapatkan juga lebih baik dibanding Ayla.

Lalu, performa mesin Honda Brio juga sedikit lebih baik dibanding Daihatsu Ayla. Walaupun sama-sama memakai 1.200 cc, tetapi performa dan torsinya sedikit lebih besar Honda Brio.

Kenapa Kamu Harus Membeli Honda Brio Daripada Daihatsu Ayla? 06

Tapi, Daihatsu Ayla juga hadir tanpa kelebihan. Kelebihan dari mobil ini adalah harganya yang jauh lebih terjangkau. Selain itu, biaya perawatan Daihatsu Ayla juga jauh lebih murah daripada Honda Brio.

Pajak tahunan Daihatsu Ayla juga lebih murah dibanding Brio. Bagi kamu yang mencari mobil dengan harga murah, biaya perawatan yang murah maka Daihatsu Ayla solusinya.

Sedangkan bagi mereka yang lebih mementingkan desain, kualitas dan kenyamanan lebih baik sudah sewajarnya mereka membeli Honda Brio.

Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi untuk kenyamanan, kami lebih setuju jika Honda Brio menjadi lebih unggul dibanding Ayla.

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil