Kepincut Honda Mobilio Bekas? Cek Bagian Ini Sebelum Beli

Enda · 23 Nov, 2022 09:00

Honda Mobilio

Honda Mobilio bekas jadi salah satu model yang cukup menarik untuk dimiliki. Mengetahui harga bekasnya, di situs Mobil123.com Mobilio lansiran 2014 kini berada di angka Rp130 jutaan.

Melihat adanya peluang cukup besar di segmen Low MPV 7-seater, lewat ajang IIMS 2013 PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan Honda Mobilio untuk pasar Tanah Air. Di Indonesia mobil ini baru di pasarkan pada Januari 2014.

Saat itu kemunculan Mobilio cukup diminati masyrakat Indonesia sehingga menambah daftar pesaing dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga. Kini nasib Mobilio tak seberuntung para kompetitornya. Seperti yang diketahui, saat ini Mobilio hanya ditawarkan satu varian saja, yakni S MT dengan menyasar segmen konsumen fleet.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Agar tidak salah pilih ketika membeli Honda Mobilio bekas, sebaiknya simak ulasan berikut.

Baca juga: Hanya Menjual Honda Mobilio S MT, HPM Ingin Fokus ke yang Lain

1. Honda Mobilio Bekas Lemah di Rack Steer, Lakukan Pengecekan Sebelum Beli

Honda Mobilio

Rack steer Honda Mobilio bermasalah

Sebagai mobil dengan penggerak roda depan, penyakit yang sering menimpa Honda Mobilio adalah rack steernya. Cirinya saat melewati jalan berkontur dengan posisi setir lurus, kalian bisa mendengar dengan jelas suara “dug-dug”.

Selain itu mengetahui rack steer yang bermasalah kalian bisa memutar setir dalam kondisi diam. Apabila ada jeda kosong serta muncul suara yang sama, bisa dipastikan rack steer mulai bermasalah.

2. Karet Link Stabilizer Mudah Sobek

Honda Mobilio

Selain rack steer, kelemahan lain dari Mobilio adalah karet link stabilizer yang mudah sobek. Untuk pengecekan link stabilizer kalian bisa membelokan setir guna melihat kondisi karet apakah sobek atau tidak.

Berikutnya adalah tie rod. Pada tie rodnya, kalian bisa memutar batang tie rod. Jika batang tie rod diputar terasa enteng, maka kondisinya sudah melemah.

3. Seal Crank Shaft Belakang Sering Rembes

Honda Mobilio

Seal crank shaft belakang Honda Mobilio rembes 

Kelemahan berikutnya yang kerap ditemui di Honda Mobilio adalah seal cranck shaft belakang yang sering rembes. Untuk mengetahui seal crank shaft rembes atau tidak, kalian bisa melihatnya dari bagian bawah mesin.

Apabila sambungan antara mesin dan transmisi terdapat sisa oli yang diselimuti debu, bisa dipastikan seal cranck shaft rusak. Untuk seal cranck shaft sendiri murah, yang mahal adalah biaya penggantiannya karena diharuskan menurunkan transmisi.

4. Pintu Belakang Sering Penyok

Honda Mobilio

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya sebelum memutuskan membeli Honda Mobilio adalah cek bagian pintu belakang. Tak sedikit ditemui pintu bagasi mobil ini penyok sehingga mengalami perbaikan.

Penyoknya pintu bagasi sendiri diakibatkan karena bentuknya yang menjorok keluar sehingga mudah penyok ketika terbentur atau bersenggolan secara langsung dengan objek di belakang.

Baca juga: Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul?

Alasan Honda Mobilio Bekas Dipilih Sebagai Mobil Keluarga

Muat 7 Orang

Honda Mobilio

Alasan pertama kenapa Honda Mobilio dipilih sebagai mobil keluarga karena mempunyai kapasitas daya tampung yang besar. Memiliki konfigurasi tempat duduk 2+3+2, mobil ini sanggup diisi hingga 7 orang sekaligus dalam sekali jalan.  

Punya Tenaga Besar

Di kelasnya Honda Mobilio jadi salah satu mobil dengan tenaga besar. Menggunakan mesin L15Z1 berkapasitas 1.496 cc SOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup i-VTEC +DBW, Mobilio sanggup melecutkan tenaga sebesar 118 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Untuk kecepatannya sendiri diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan CVT.

Irit BBM

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Honda Mobilio untuk konsumsi BBM nya terbilang irit. Seperti yang disebutkan untuk pemakaian dalam kotanya mampu menempuh jarak rata-rata 14-15 km/liter. Beda halnya jika digunakan keluar kota, untuk BBM nya berada di angka 18-19 km/liter.

Fitur Keselamatan Terbilang Lengkap

Honda Mobilio

Bicara keselamatan berkendara, pada struktur rangkanya Honda Mobilio menggunakan G-CON + ACE yang berfungsi untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan. Sebagai fitur keselamatan standar, mobil ini berhasil dibekali dual SRS airbags untuk perlindungan lebih lengkap.

Pada sistem pengeremannya, mobil ini sudah dilengkapi dengan ABS + EBD guna menghindari terkuncinya roda ketika menginjak rem secara mendadak.

Disisi lain, kalian juga akan menemukan Seatbelt Reminder untuk pengemudi dan penumpang depan, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Isofix & Tether, Parking Sensor serta Alat Pmadam Api Ringan (APAR).

Mengenai fitur keamanannya, mobil ini telah dilengkapi Immobilizer, dan Auto Door Lock by Speed, Keyless Entry serta Alarm System.

Baca juga: Kerusakan yang Sering Muncul di Honda Mobilio, Seberapa Mahal Biaya Perbaikannya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru